Apakah Blogspot Bisa Menghasilkan Uang? Cek Faktanya Disini

Apakah blogspot bisa menghasilkan uang? Itulah pertanyaan yang sering muncul di benak para bloger pemula maupun orang yang hanya sekedar penasaran. Namun yang perlu Anda ketahui, tentu jawabannya “sangat bisa” dan tergantung dari beberapa faktor.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini, saya akan berbagi tentang pengalaman telah menjadi bloger lebih dari 3 tahun dengan mengelola beberapa blog, termasuk blogspot. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan baru atau setidaknya dapat menjawab rasa penasaran Anda. Tanpa berlama-lama, kita langsung masuk ke topik utama.

Apakah Blogspot Bisa Menghasilkan Uang?

Jika Anda ingin mendapatkan uang dari blog dengan cara yang gratis, maka blogspot dapat mewujudkan impian Anda. Namun ada beberapa syarat yang harus terpenuhi, berikut penjelasannnya:

Loading...

#1. Syaratnya apa saja sih?

Dari pengalaman saya sejauh ini, harus saya katakan bahwa berhasil atau tidaknya blog untuk meraih pundi-pundi dolar, itu tergantung dari si pemilik atau pengelolanya. Contohnya, Anda harus konsisten membuat artikel secara rutin.

Jika bagi blog baru, sebaiknya publish artikel setiap hari. Kalau belum mampu ya minimal 2 hari sekali agar blog cepat berkembang. Karena, Jika Anda jarang update artikel maka akan sangat sulit untuk mendapat perhatian dari mesin pencari.

Apalagi, bagi blogspot baru saat ini cukup sulit untuk index artikel. Banyak para bloger yang mengeluhkan hal ini di grup atau komunitas di facebook. Tapi hal itu bisa di akali dengan cara rutin update artikel agar blog baru Anda bisa segera keluar dari sandbox.

Kemudian, setelah syarat artikel terpenuhi, maka ada syarat lain yang juga harus Anda perhatikan. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca di artikel saya sebelumnya.

Baca selengkapnya: Syarat utama blog dapat menghasilkan uang.

#2. Berapa lama Blog bisa menghasilkan uang?

Jika Anda masih baru membuat blog dan ingin serius, maka tips nomor satu di atas harus dilakukan. Jika tidak mampu, maka ada cara mudah yaitu dengan menyiapkan modal untuk membayar jasa penulis artikel.

Hal ini berlaku jika Anda mempunyai modal ya sobat. Untuk harga per 1 artikel saja, saat ini standarnya minimal 10.000 Rupiah per 300 – 500 kata. Itupun untuk artikel yang biasa. Jika artikel tersebut telah dilengkapi dengan optimasi (full SEO), harganya bisa mencapai 25 ribu sampai 50 ribu Rupiah per artikel.

Namun, meskipun harganya cukup mahal dan Anda membelinya dari jasa penulis yang sudah paham tentang artikel SEO, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan. Antara lain, mudah mendapatkan peringkat/ranking di halaman 1 google jika keyword yang di bidik tepat.

Selain itu, Anda juga dapat mempelajari struktur artikel, mulai dari intro, H1, H2, H3 dan peletakan kata kunci di dalam artikel. Dengan begitu, maka blog yang Anda kelola bisa lebih cepat untuk berkembang dan mendapatkan penghasilan.

Loading...

Jadi, perihal waktu ini, lama atau tidaknya blog bisa menghasilkan uang itu tergantung dari seberapa kuat artikel menembus page one. Dan yang lebih penting, artikel tersebut mempunyai volume pencarian dan nilai per klik atau CPC.

#3. Contoh Blogspot yang menghasilkan uang

Dari sekian banyak blog yang ada saat ini, ada 1 blog hebat Indonesia yang sangat terkenal dan masih menggunakan blogspot. Nama blognya yaitu ainamulyana.blogspot.com dan berikut gambaran singkatnya.

Contoh Blogspot yang menghasilkan uang
source:screenshot ainamulyana.blogspot.com

Blog ainamulyana ini membahas tentang dunia pendidikan. Dapat Anda lihat sendiri pada gambar di atas. Selain blog utama ini, beliau juga memiliki blog lain yang masih blogspot dan sudah diterima google adsense.

Untuk penghasilan pasti berapa perbulan yang bisa didapatkan dari blog tersebut, sampai saat ini saya belum mendapatkan info yang akurat. Namun, dapat kita perkirakan dari kualitas blog ainamulyana saat ini dari beberapa fakta berikut.

da pa blog ainamulyana
source:screenshot websiteseochecker.com

Dari da/pa saat ini yang sudah mencapai 36/45, tentu blog tersebut sangat mudah mendapatkan penghasilan selain dari adsense. Antara lain, dari content placement, guest post dan tawaran berbagai pihak yang ingin bekerjasama dengannya.

Setahu saya, jika da pa sudah mencapai angka di atas 30, rata-rata harga yang ditawarkan untuk content placement oleh para bloger di grup-grup fb yang saya ikuti, berkisar antara 50 Ribu sampai di atas 100 Ribu Rupiah. Dengan syarat harus di imbangi trafik blog di atas 2000 perhari.

Baca juga : Cara membuat blog menarik pengunjung.

Tentu setiap blog harganya berbeda-beda tergantung dari kualitas masing-masing blog. Semakin terkenal dan berkualitas blog tersebut, maka harganya akan semakin mahal.

Nah, itu baru penghasilan non adsense ya, kalo dari adsense sendiri, biasanya tergantung dari seberapa besar CPC dan pengunjung blog. Biasanya untuk blog indo dengan trafik blog 2 ribu sampai 5 ribu, rata-rata bisa mendapatkan 20 Ribu sampai 50 Ribu Rupiah sesuai CPC blog tersebut.

Penutup

Dari penjelasan yang sudah kita bahas di atas, semoga Anda telah mendapat gambaran, seperti apakah blogspot yang bisa menghasilkan uang. Sehingga Anda dapat memutuskan, apakah akan tetap menggunakan blog gratisan atau mempunyai domain berbayar sendiri. Demikian, semoga bermanfaat.

Artikel terkait : Bagaimana menciptakan sebuah blog untuk meningkatkan SEO?

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *