Cara Agar Blog Kita Banyak Pengunjung: Travik Organik

Vestoli.com – Mengetahui cara agar blog kita banyak pengunjung merupakan langkah penting apabila Anda ingin sukses di dunia bloging. Karena travik blog merupakan kunci utama apabila Anda ingin meraih penghasilan dari menjadi publisher. Seperti media periklanan Google Adsense, Mgid dan lain sebagainya.

Namun, untuk bisa mendatangkan pengunjung ke blog kita bukanlah perkara yang mudah. Karena saat ini ada jutaan artikel yang tersedia di internet yang sudah siap disajikan oleh mesin pencari untuk para pembaca. Oleh sebab itu, Anda harus mampu membuat blog dan artikel yang mampu bersaing dengan mereka.

Cara agar blog kita banyak pengunjung

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara memperbanyak pengunjung blog sesuai dari pengalaman saya pribadi selama ini. Panduan singkat ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula karena tidak harus mengeluarkan banyak modal. Jadi, bisa dikatakan murah meriah namun telah teruji ampuh untuk meningkatkan travik blog.

Loading...

Riset keyword (kata kunci)

Bagi para praktisi SEO, tentu sudah tak asing lagi dengan kalimat riset keyword/kata kunci. Karena dengan pemilihan kata kunci yang tepat maka blog yang masih baru pun akan mempunyai kesempatan untuk mampu bersaing di mesin pencari. Sehingga artikel yang Anda buat bisa mendapatkan ranking terbaik yaitu berada di halaman 1 google (page one).

Hal ini sudah saya buktikan pada blog ini. Dengan usia blog yang terbilang masih baru dan niche bisnis yang bisa dibilang persaingannya sangat ketat. Tapi beberapa artikel yang ada di blog ini mampu berada di page one tanpa backlink.

Lalu apa rahasianya ?

Loading...

Pada artikel ini akan saya bongkar rahasianya secara gratis khusus buat Anda yang sudah membaca artikel ini. Jadi, semoga Anda dapat membacanya dengan baik tanpa melewatkan 1 paragrafpun. Baiklah, inilah alat yang saya gunakan untuk mencari kata kunci beserta panduannya.

Tools riset keyword gratis :

Ketiga tools di atas merupakan andalan saya selama ini untuk mencari kata kunci potensial. Mungkin sebelumnya Anda sudah pernah mendengarnya bukan ?

Loading...

Karena di luar sana tentu sudah banyak yang membahasnya. Tapi, apa yang akan saya bahas di artikel ini mungkin berbeda dengan yang lain. Karena setiap bloger pasti mempunyai trik rahasia masing-masing. Dan disini Anda bisa mendapatkannya secara cuma-cuma.

1. Cara riset keyword gratis menggunakan Google trends

Cara riset keyword gratis menggunakan Google trends
  • Klik google trends
  • lihatlah apa saja yang sedang trending disana atau ketik manual ide kata kunci apapun yang ingin Anda buat artikelnya
  • pada gambar di atas saya contohkan dengan pencarian manual dengan kata kunci seperti di gambar
  • Biasanya patokan saya sih asalkan ada pencariannya pada 30 hari terakhir maka sudah layak dijadikan sebagai ide kata kunci
  • Setelah itu, silahkan cek persaingan keyword tersebut di google. Jika di page one yang tampil adalah web/blog-blog besar, maka sebaiknya gunakan kata kunci turunan atau kata kunci lain dengan persaingan yang rendah, agar blog baru Anda mampu mendapat ranking.

2. Cara riset keyword gratis menggunakan Ahrefs versi free

Cara riset keyword gratis menggunakan Ahrefs versi free

Sebagai contoh, pada gambar di atas merupakan tools riset keyword ahrefs versi free. Namun karena sifatnya yang gratisan maka kata kunci yang bisa kita dapatkan tentu terbatas. Jika Anda ingin mencoba versi trial, maka Anda bisa membelinya dengan harga 7 dollar.

Namun, biasanya sih saya menggunakan ahrefs yang versi gratis hanya untuk mencari apakah ada keyword turunan yang bisa di jadikan tambahan keyword atau tidak.

Loading...

Setelah Anda mendapatkan kata kunci yang di inginkan, caranya sama seperti yang saya lakukan pada langkah pertama di atas (google trends). Silahkan letakan keyword tersebut di mesin pencari lalu lihat tingkat persaingan di halaman 1 google. Jika di sana web kompetitor masih mudah, berarti layak untuk di jadikan artikel.

3. Cara riset keyword gratis menggunakan Keyword Surfer

Cara riset keyword gratis menggunakan Keyword Surfer

Pada gambar di atas merupakan contoh beranda tool Keyword Surfer. Anda dapat menggunakannya secara gratis dengan terlebih dahulu memasang ekstensinya pada google chrome atau browser lainnya.

Anda dapat melihat ide kata kunci pada contoh gambar di atas. Sebaiknya pilihlah keyword long tail atau kata kunci dengan 4 sampai 5 kata yang memiliki volume pencarian di atas 1000. Karena biasanya, semakin pendek kata kunci yang Anda bidik maka akan semakin ketat persaingannya.

Loading...

Untuk memastikannya, cara nya pun sama seperti yang telah saya jelaskan di atas. Silahkan cek persaingan di page one untuk melihat siapa saja yang telah berada di sana.

Kesimpulan

Cara mengetahui kata kunci yang sering dicari di Google dengan menggunakan tools gratisan tentu hanyalah alternatif atau pilihan bagi kita yang masih pemula. Namun, hal itu cukup efektif apabila Anda mampu menganalisa seberapa besar potensi keyword yang Anda bidik agar blog ramai pengunjung.

Loading...

Karena itulah yang saya lakukan selama ini untuk menambah jumlah pengunjung di blog ini. Meskipun hasilnya bertahap, yang penting asal konsisten dan rutin update artikel, maka lama-lama akan membuat blog kita banyak pengunjung.



vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!