5 Cara Belajar Online Lewat WA untuk Siswa Paling Mudah

Pembelajaran berbasis Whatsapp saat ini sudah umum digunakan untuk mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar secara online. Namun, tidak semua orang tua mengetahui bagaimana cara belajar online lewat wa yang paling mudah dan bisa membuat anak-anaknya semangat belajar.

Karena, sering kali anak-anak melakukan belajar online tanpa didampingi orang tua atau wali mereka dengan berbagai alasan. Misalnya sibuk bekerja atau justru tidak terlalu memahami bagaimana menggunakan media sosial WhatsApp untuk belajar.

Begitu pun dengan para murid yang akan mengirimkan tugasnya. Namun, jika kamu masih bingung untuk menggunakan media tersebut agar lebih mudah, ikuti beberapa langkah berikut ini!

Cara Belajar Online Lewat WA yang Sangat Mudah

1. Siapkan Keperluan

Kamu harus mempersiapkan keperluan belajar seperti buku catatan, pulpen, dan beberapa peralatan lainnya minimal 10 menit sebelum kelas belajar dimulai. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mempunyai salinan pelajaran yang diberikan sehingga saat pesan di dalam grup WhatsApp terhapus, kamu tidak akan kebingungan.

2. Membuka aplikasi WhatsApp

Tentu saja kamu harus membuka aplikasi WhatsApp ketika jam pelajaran hampir dimulai. Jangan terlambat dalam hal ini agar kamu tidak ketinggalan informasi sebelum pelajaran dimulai. Apabila mempunyai Laptop maka akan lebih mudah dengan menggunakan Whatsapp Web.

3. Masuk ke Grup Belajar di WhatsApp

Setelah membuka aplikasi WA sebaiknya kamu langsung masuk ke grup kelas yang sudah dibuat oleh guru atau wali kelasmu. Jangan keluar dari aplikasi WhatsApp selama kelas berlangsung agar tidak tertinggal saat ada pengumuman penting.

4. Mengisi Presensi (Daftar Kehadiran)

Jika kamu sudah online dan membuka grup kelas, sebaiknya segera mengisi presensi bergilir. Kamu tinggal mengikuti instruksi dari guru yang mengajar, apakah harus dengan menuliskan namamu sendiri pada nomor yang sudah disediakan, atau tinggal memberikan tanda ceklis/centang di samping nama yang telah gurumu tuliskan.

Dalam hal ini setiap guru mata pelajaran mempunyai tekniknya masing-masing sehingga kamu hanya perlu mengikutinya saja tanpa merasa bingung.

Baca juga Artikel terkait : Cara melamar kerja via Whatsapp

5. Taati Aturan

Apabila kamu sudah mengisi presensi dan kelas sudah dimulai, sebaiknya jangan mengirim pesan sembarangan ke dalam grup. Biarkan gurumu menjelaskan materi yang diberikan olehnya.

Jangan panik jika ada pemberitahuan yang menuliskan “Hanya Admin yang Dapat Mengirim Pesan” karena itu artinya kamu hanya perlu menyimak tanpa mengirimkan pesan sebelum diizinkan.

Bagaimana Ketika Mendapat Tugas? Ini Cara Mengirim Tugas Lewat WhatsApp

Bukankah sangat mudah untuk belajar online melalui WhatsApp? Akan tetapi jika kamu mengabaikan salah satu sesi tersebut, mungkin saja kamu akan merasa bingung karena tidak bisa mengikuti ketertinggalan.

Kamu harus mengikuti kelas sejak awal hingga akhir untuk mengetahui apa yang dijelaskan oleh gurumu. Lantas bagaimana jika guru memberikan tugas kepadamu? Ini dia cara paling mudah yang bisa kamu lakukan.

Loading...
  • Mencatat Tugas yang Diberikan

Gunakan pulpen dan buku yang kamu persiapkan untuk menulis tugas yang diberikan. Hindari mengandalkan “meminjam” ke teman pada keesokan harinya, karena bisa jadi temanmu juga kurang teliti dalam mencatat tugas yang diberikan oleh guru.

  • Kerjakan Tugas dan Ikuti Syarat serta Ketentuannya

Sudah seharusnya kamu mengerjakan tugas dari guru sekolahmu. Perhatikan syarat dan ketentuan ataupun peraturan yang harus kamu patuhi.

Apabila guru meminta agar kamu mengirimkan tugas melalui foto, maka kamu harus mengerjakan tugas tersebut dengan menulisnya di kertas menggunakan tinta yang terang. Kemudian kamu harus langsung memotret sebelum warna tintanya semakin pudar.

Akan tetapi bila guru memintamu untuk mengumpulkan tugas menggunakan kertas bergaris, maka mintalah orang tuamu untuk mengantarkan kertas jawabanmu ke rumah guru yang bersangkutan.

Bagaimana pun metode pengumpulan tugas yang gurumu inginkan, kamu harus tetap menulisnya dengan baik dan benar. Pastikan pula agar tulisanmu mudah dibaca.

  • Kirim Tugas Online Menggunakan Fitur Media

Seperti apa fitur media yang sering dibicarakan oleh para guru? Kamu tidak perlu bingung akan hal ini. Buka aplikasi WhatsApp dan masuklah ke grup pembelajaran tepat pada waktu pengumpulan tugas. Kemudian klik atau sentuh ikon penjepit kertas di sebelah ikon seperti gambar kamera.

Setelah itu lanjutkan klik “Galeri” dan pilihlah foto yang akan kamu kirimkan. Kemudian kirimkan dengan menyentuh tanda panah di pojok kanan bawah. Dengan begitu otomatis foto-foto jawabanmu akan dikirim ke grup. Pastikan agar mengirimnya tepat waktu agar jawabanmu tidak tercampur dengan jawaban mata pelajaran lainnya.

Namun, bila gurumu meminta agar kamu mengirimkan tugas ke nomor pribadinya, itu artinya kamu tidak perlu mengirimkan foto tugasmu ke grup, melainkan langsung ke nomor WhatsApp gurumu.

Kesimpulan

WhatsApp memang menjadi media sosial yang cukup banyak digunakan untuk proses pembelajaran secara online. Selain mudah diakses, WA juga sangat mudah digunakan untuk memberikan materi pelajaran, ulangan, dan tugas dengan menggunakan file/foto hasil jepretannya ataupun screnshoot (tangkapan layar).

Mulai sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena panduan cara belajar online lewat WA ini sangat mudah di ikuti. Jika ada hal lain yang perlu di tanyakan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar ya..

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!