Cara Membuat Tampilan Blog Menarik di WordPress dan di Blogspot

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat tampilan blog menjadi menarik agar terlihat lebih profesional. Mulai dari penggunaan template blog, desain dan pengaturan menu yang yang tepat. Dengan begitu, maka blog Anda akan mendapat perhatian lebih dari pengunjung/pembaca atau bahkan dari mesin pencari.

Untuk membuatnya, tentu bukanlah perkara yang mudah bagi sebagian orang. Tapi tidak sesulit seperti apa yang di bayangkan. Oleh sebab itu, pada posting kali ini, saya akan berbagi tips mempercantik blog sesuai apa yang saya ketahui.

Cara Membuat Tampilan Blog Menarik di WordPress dan di Blogspot

1. Pemilihan tema/template blog

Jika Anda pengguna wordpress, cara pertama membuat tampilan blog menarik di wordpress sangatlah mudah. Ada ratusan pilihan tema atau template yang siap digunakan secara gratis. Sejauh yang saya ketahui, template blog wordpress yang paling terkenal saat ini yaitu, Twenty Twenty-One, Astra, Hello Elementor, Twenty Seventeen, GeneratePress, OceanWP, Twenty Nineteen, Neve, Hestia, Sydney, ColorMag dan masih banyak lagi yang lainnya.

Loading...

Dari yang telah saya sebutkan di atas, rata-rata telah di pasang atau digunakan lebih dari 100.000 penggguna wordpress di seluruh dunia. Bahkan beberapa template di antaranya telah di install lebih dari 1 juta pengguna aktif. Selain daripada versi free, tentu tersedia juga versi premium dengan banyak dukungan untuk kebutuhan SEO blog Anda.

Kalo saya sendiri sih masih setia memakai ColorMag untuk blog ini. Meskipun pake yang versi free, namun performanya cukup bisa di andalkan. Lain waktu saya buatkan review lengkapnya. Intinya, silahkan pilih sesui selera masing-masing ya sobat.

Jika Anda pengguna blogger, cara pertama membuat tampilan blog menarik di blogspot yaitu dengan menggunakan tema/template premium. Ada beberapa pilihan yang menurut saya dapat Anda pilih yaitu, linkmags buatan mas Sugeng, kompi fleksibel buatan mas Adi kompi ajaib, atau median ui. Setau saya, inilah yang paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh blogger Indonesia saat ini.

2. Pengaturan menu tata letak blog (layout)

Tips yang kedua yaitu dengan pengaturan menu layout. Anda dapat memulainya dari menambahkan atau menghapus widget sesuai yang di inginkan. Biasanya, yang paling umum digunakan yaitu widget popular post, label/kategori, feature post, recent post, related post dan lain sebagainya.

Namun sebelum memilih apa saja widget yang akan dipasang, pastikan itu tidak membebani loading blog. Karena semakin banyak widget terpasang, biasanya akan cukup berpengaruh pada kinerja blog Anda.

Jika Anda mempunyai keahlian koding untuk mengaturnya tetap stabil, tentu itu bukanlah suatu masalah berarti. Tapi jika seperti saya yang kurang begitu mahir dalam hal koding, maka lebih baik gunakan widget sesuai kebutuhan saja.

3. Melengkapi Navigasi blog

Tips yang selanjutnya untuk mempercantik blog yaitu dengan menu navigasi blog yang tepat. Seperti navigasi halaman, navigasi widget dan menu lainnya. Prinsip dasar adanya menu navigasi ini adalah untuk memudahkan pengunjung dan mesin pencari dalam memahami isi sebuah blog.

Loading...

Dengan begitu maka pengunjung akan lebih cepat ketika mencari sebuah artikel atau kategori tertentu di blog Anda. Apalagi jika struktur menu navigasi blog Anda sesuai kaidah SEO, maka mesin mencari akan lebih mudah merayapi dan mengindex artikel blog Anda.

Bukan hanya itu saja lho, kemungkinan lain yang akan sangat menguntungkan yaitu, blog Anda akan terlihat lebih profesional karena tertata dan di urus dengan baik. Sehingga kemungkinan pengunjung akan betah dan berlama-lama akan lebih besar.

4. Tampilan yang bersih dan rapih

Mengatur tampilan blog agar terlihat rapih dan bersih menurut saya adalah suatu kewajiban yang harus terpenuhi. Apakah Anda merasa nyaman jika tinggal atau bertamu di rumah yang kotor dan acak acakan?

Seperti itulah gambaran sebuah blog. Desain yang tepat seperti pemilihan warna beground dan huruf yang selaras akan mempercantik tampilan sehingga disukai pengunjung. Cobalah Anda berkunjung ke salah satu blog besar yang paling terkenal saat ini, lalu lihat desain tampilannya.

Jika memungkinkan, lihat desain apa saja yang Anda sukai disana, kemudian terapkan untuk blog Anda. Tidak harus sama, yang penting tetap pada passion Anda sendiri sehingga akan lebih mudah dikenal orang nantinya.

Kesimpulan

Akhirnya, sekarang Anda sudah mengetahui beberapa cara membuat tampilan blog menarik menurut versi saya sendiri. Selebihnya, silahkan terapkan di blog Anda sesuai passion masing-masing agar mempunyai ciri atau keunikan tersendiri. Jika ini bermanfaat, masih ada artikel menarik lainnya lho..

Artikel terkait :

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *