Cara Memilih Universitas dan Jurusan yang Tepat

Jika kamu sedang bingung mau kuliah dimana dan ambil jurusan apa, maka ketahui cara memilih universitas dan jurusan yang tepat. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai tahap awal agar kamu nggak salah pilih.

Caranya nggak sesulit seperti apa yang kamu bayangkan kok, karena saya dulu juga mengalaminya. Dan saya yakin pasti ini bukan kebetulan karena pasti banyak juga yang mengalami hal yang sama. Jadi pada artikel ini akan saya bagikan beberapa tips memilih jurusan kuliah dan kampus yang tepat.

Cara Memilih Universitas dan Jurusan yang Tepat

1. Memilih universitas sesuai kemampuan

Jika kamu mempunyai banyak uang untuk bayar biaya kuliah, tentu memilih kampus bukan perkara yang sulit. Hanya tinggal pilih dan disesuaikan dengan kemampuan akedemik masing-masing.

Loading...

Lalu pilihlah universitas bonavit yang lulusannya dicari banyak perusahaan atau mempunyai peluang diterima kerja cukup tinggi.

Tapi jika kebetulan latar belakang keluargamu bukan dari orang berada dan dari keluarga yang memang sangat sederhana, maka ini bukanlah perkara mudah. Kamu harus berjuang sangat keras untuk mendapatkan Universitas impian.

Namun jika kamu mempunyai prestasi bagus di bidang akademik maka peluangmu sangat terbuka lebar. Kamu bisa mengikuti program beasiswa bidik misi atau yang saat ini lebih dikenal dengan KIP kuliah. Dengan program tersebut kamu bisa memilih kampus terbaik yang di impikan.

Loading...

2. Menentukan jurusan kuliah sesuai kepribadian

Setelah kamu memilih Universitas yang tepat, langkah selanjutnya yaitu memilih jurusan kuliah yang tepat. Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menentukan jurusan kuliah sesuai kepribadian.

Apabila kamu mempunyai kepribadian yang lebih condong terhadap kemampuan agama dibanding pengetahuan umum, maka saran saya sebaiknya pilihlah jurusan kuliah yang mampu menopangnya.

Selain itu, pastikan bahwa kemampunmu akan berkembang baik. Hal ini juga tentu berlaku bagi kamu yang punya hobi tertentu, misal di bidang seni, olahraga dan lainnya.

Loading...

3. Menentukan jurusan kuliah berdasarkan karakter

Cara menentukan jurusan yang cocok untuk kita selanjutnya yaitu berdasarkan karakter. Proses terbentuknya karakter sangat erat kaitannya dengan unsur-unsur seperti sikap, emosi, kepercayaan, kebiasaan dan kemauan serta konsep diri.

Oleh sebab itu, kamu bisa memilih jurusan sesuai karakter pribadimu masing-masing. Apakah jurusan tersebut mampu membentuk dan mengasah karaktermu sehingga dapat berjalan dengan baik.

Jangan sampai jurusan yang kamu ambil bertolak belakang dengan karaktermu. Jika ingin mengetahui jawaban terbaik, kamu bisa bertanya kepada guru BK yang ada di sekolah atau seorang psikolog.

Loading...

4. Menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat

Cara mengetahui minat dan bakat untuk memilih jurusan kuliah yaitu dengan eksplorasi diri. Karena setiap orang pasti punya minat dan bakatnya masing-masing.

Untuk mengetahuinya, cobalah untuk membuat daftar apa saja hal-hal yang kamu sukai lalu tulislah pada selembar kertas. Buatlah minimal 10 tentang hobi dan kemampuan di bidang apa saja yang kamu kuasai.

Kemudian pilihlah 3 yang paling mampu kamu lakukan. Setelah itu, pastikan ada kampus dan jurusan kuliah yang dapat mengembangkan minat dan bakatmu.

Loading...

Sebaiknya pilihlah jurusan yang bisa menjadi wadah atau jembatan terbaik untuk menjadi seorang atlit atau profesi yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Cara memilih perguruan tinggi yang tepat dan benar merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan. Karena kuliah itu bukan waktu yang sebentar dan butuh banyak biaya. Jangan sampai sia-sia karena kamu salah pilih kampus.

Itulah beberapa tips cara memilih universitas dan jurusan yang tepat yang dapat saya bagikan pada artikel singkat ini. Semoga dapat menjadi referensi bagi kalian yang akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi impian. Semoga sukses..

Loading...

Artikel terkait : Motivasi kuliah sambil kerja

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!