4 Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan yang Anti Gagal

Menabung menjadi hal yang perlu diperhatikan sekaligus dilakukan. Meskipun pada awalnya terasa sulit, tapi dengan menabung akan membantu meringankan beban yang Anda miliki karena uang yang telah lama Anda simpan dapat berguna sebagai dana darurat. Namun, mungkinkah ada cara menabung 10 juta dalam 3 bulan ?

Tentu Anda perlu menargetkan jumlah uang yang hendak ditabung setinggi-tingginya. Meskipun terlihat berat, tetapi jumlah tersebut akan membuat Anda semakin termotivasi untuk menyimpan uang. Terlepas apakah nantinya Anda dapat benar-benar memenuhinya atau tidak, yang terpenting buatlah targetnya terlebih dahulu.

Loading...

Oleh sebab itulah Anda perlu menyisihkan uang untuk ditabung walaupun penghasilan Anda kecil. Sebagai contoh, Anda ingin membeli motor seharga Sepuluh Juta Rupiah. Dan Anda harus segera mendapatkannya dalam jangka waktu 3 bulan. Dengan demikian, maka Anda harus menemukan cara untuk bisa memenuhi target tersebut. Anda juga dapat melakukan beberapa langkah menabung berikut ini.

Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan Paling Mudah

1. Tanamkan Niat Bahwa Anda Benar-benar Ingin Menabung

Menabung akan sulit dilakukan bila Anda sendiri masih merasa ragu. Oleh karena itulah Anda harus menanamkan niat serta pikiran yang positif pada diri sendiri bahwa kedepannya Anda bersungguh-sungguh akan menabung.

Dengan demikian, Anda perlu menyisihkan uang dari gaji mingguan ataupun bulanan yang lumayan banyak daripada biasanya. Sebab saat ini Anda telah menargetkan untuk dapat mengumpulkan uang sebesar 10 Juta Rupiah hanya dalam 3 bulan saja.

Target ini akan sangat mudah dilakukan bila kebetulan penghasilan yang diperoleh per bulan minimal mencapai lima juta Rupiah. Namun, hal tersebut perlu diimbangi dengan tidak adanya pengeluaran tambahan setiap bulannya, seperti membayar Wi-fi, tagihan listrik, kuota Internet, bensin, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, bila Anda mempunyai tagihan yang perlu dibayar secara rutin setiap bulannya, maka penghasilan minimalnya tentu telah berbeda. Karena jumlah pengeluaran yang cukup banyak, maka minimal Anda mempunyai penghasilan lebih dari lima juta Rupiah.

Dengan kata lain, kelebihan dari penghasilan pokok dapat digunakan untuk membayar berbagai kebutuhan lainnya. Karena itulah target menabung Sepuluh juta dalam waktu singkat ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan dengan kisaran 5 — 10 juta per bulannya.

2. Menentukan Tujuan Menabung

Apabila Anda sudah yakin untuk menjalankan program menabung, maka langkah selanjutnya untuk mengumpulkan uang tersebut yaitu menentukan tujuan menabung. Mengetahui tujuan menabung akan membantu Anda untuk lebih fokus dalam menyimpan uang.

Secara alamiah Anda pasti ingin melakukan berbagai cara agar bisa mencapai tujuan tersebut. Dengan begitulah Anda akan lebih bersungguh-sungguh dalam proses menabung.

Saat Anda ingin menabung sebanyak 10 juta Rupiah dalam waktu 3 bulan, ini artinya Anda perlu menyimpan uang sebesar Rp 111.111 setiap hari. Jika dibulatkan, Anda bisa menabung Rp 112.000 per hari. Apabila nominal tersebut dikalikan dengan total 90 hari (tiga bulan), maka uang Anda akan terkumpul sebanyak Rp 10.080.000.

Baca juga : Cara menabung di celengan agar cepat banyak

3. Menentukan Waktu Menabung

Saat ingin mengumpulkan uang sebanyak Sepuluh juta hanya dalam tiga bulan, maka Anda harus paham apakah kedepannya Anda akan menabung setiap bulan, setiap minggu, setiap hari, atau justru setiap kali memiliki uang (random).

Berikut beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan :

Menabung satu bulan sekali: Rp 3.340.000 per bulan. Maka totalnya akan mencapai Rp10.020.000 selama 3 bulan.

Menabung satu minggu sekali: Rp 834.000 per mingggu. Maka total tabungan Anda akan mencapai Rp 10.008.000 selama 12 minggu atau 3 bulan.

Menabung satu minggu dua kali: Rp 417.000 setiap hari Rabu dan Sabtu. Maka dengan total 24 kali menabung Anda akan memiliki uang sebanyak Rp 10.008.000.

Menabung satu minggu tiga kali: Rp 278.000 setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, sehingga uang tabungan Anda berjumlah Rp10.008.000 selama tiga bulan atau 36 kali menabung.

Menabung satu minggu empat kali: Rp 208.500 setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Dengan demikian Anda akan memiliki tabungan sebesar Rp 10.008.000 dengan 48 kali menabung selama tiga bulan.

Menabung setiap hari: Rp 112.000, maka dalam 90 hari Anda akan berhasil mencapai Rp 10.080.000.

Menabung uang pecahan: Jika memilih opsi terakhir ini, Anda perlu menabung dengan pecahan yang berbeda selama tiga bulan. Di antaranya yaitu: Rp 50.000 sebanyak 20 kali; Rp 150.000 sebanyak 40 kali; Rp 100.000 sebanyak 30 kali. Jika ditotal maka Anda juga akan memiliki tabungan sebanyak Rp 10.000.000 selama sembilan puluh hari.

Anda bisa membuat tabel yang berisi keterangan nominal menabung, yaitu 50, 150, dan 100. Setiap kali menabung maka Anda harus memberikan tanda pada keterangan yang nominalnya sesuai. Simpanlah uang tabungan berdasarkan kategorinya, yang artinya Anda membutuhkan 3 wadah untuk menyimpan uang tabungan.

Baca juga : Cara menabung emas di pegadaian untuk pemula

4. Mengendalikan Budaya Belanja Konsumtif

Anda perlu menyadari bahwa budaya belanja konsumtif ini dapat menjadi penghambat kegiatan menabung Anda. Apalagi bila Anda termasuk orang yang senang membeli sesuatu mengikuti trend tanpa mempertimbangkan kegunaan serta dampak akhirnya nanti.

Pada umumnya bila Anda mengikuti budaya konsumtif, uang yang hendak ditabung justru akan habis dipakai untuk berbelanja. Anda perlu menahan diri agar tidak tergiur penawaran menarik dari suatu produk walaupun mereka memberikan diskon besar-besaran.

Jika ingin menabung dengan nominal besar dalam waktu singkat, sebaiknya Anda lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan pokok dan menyisihkan uang gaji untuk menabung. Jikalau kebutuhan serta target menabung telah terpenuhi, barulah Anda dapat melakukan belanja konsumtif. Dengan demikian, maka kegiatan menabung akan berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Uang tabungan tidak hanya bermanfaat sebagai dana darurat, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan di kehidupan mendatang. Misalnya, untuk membeli sepeda motor, membangun rumah, membangun bisnis, dan lain sebagainya. Bahkan uang hasil menabung juga dapat digunakan pada saat Anda tidak mempunyai penghasilan tetap lagi.

Beberapa cara menabung uang 10 juta dalam 3 bulan ini pasti akan berhasil bila Anda mampu melakukannya. Namun, jika penghasilan bulanan Anda di bawah 5 juta per bulan, tentu saja Anda tidak perlu memaksakan untuk menabung seperti ini. Anda masih bisa menabung sesuai dengan kemampuan, terlepas dari berapa pun hasilnya nanti. Yang terpenting Anda sudah terbiasa menabung secara rutin dan konsisten.

Loading...

Artikel terkait : Tips & trik menabung 1 juta per bulan untuk pelajar

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!