Tidak Mustahil! Ini 5 Cara Menabung dengan Gaji 500 Ribu

Beberapa orang mungkin menganggap cara menabung dengan gaji 500 ribu adalah hal yang tidak mungkin. Bayangkan saja, kebutuhan manusia yang terus meningkat seiring perkembangan zaman. Bahkan, harga setiap produk bahan pokok saja selalu mengalami peningkatan.

Itulah kenapa banyak orang saat ini merasa kesulitan untuk nabung. Karena mereka menghabiskan gajinya untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari.

Tidak heran jika banyak yang melakukan pinjaman online karena tidak mempunyai simpanan uang untuk kebutuhan mendesak. Padahal, seharusnya menabung bisa dilakukan dengan nominal kecil sekalipun.

Cara Menabung dengan Gaji 500 Ribu

Pastinya Anda berpikir jika mempunyai gaji 500 ribu tidak akan bisa memiliki tabungan, bukan? Nyatanya, tidak harus mempunyai gaji yang tinggi lebih dulu untuk nabung, lho. Meski gaji yang didapatkan setiap bulannya hanya 500 ribu saja, menabung bisa dilakukan dengan mudah. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Menetapkan Target Pribadi

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk menabung adalah dengan menetapkan target pribadi. Meski agak sulit, cobalah untuk menetapkan target berapa gaji yang harus dihabiskan dan berapa target gaji yang harus disisihkan.

Saat menentukannya, cobalah untuk menghitung berapa pengeluaran rata-rata dalam satu bulannya. Jika Anda masih tinggal bersama orang tua dan semuanya ditanggung, tentu pengeluaran bisa lebih dihemat.

Dengan begitu, gaji yang bisa disisihkan bisa lebih banyak dalam sebulannya. Selain itu, tentukan target tabungan dalam setahun ingin berapa. Jadi, menentukan target setiap bulan atau per harinya akan menjadi lebih mudah.

2. Mempunyai Dua Rekening

Cara menabung saat mempunyai gaji 500 ribu sebulan bisa dilakukan dengan memisahkan rekening. Maksudnya, Anda harus membuat dua rekening. Beberapa orang mungkin merasa kesulitan mengatur keuangan saat mempunyai banyak rekening. Namun, cara ini cukup efektif untuk membantu memisahkan antara kebutuhan dan tabungan.

Jadi, rekening satu bisa digunakan untuk membayar kebutuhan sehari-hari dan rekening lainnya digunakan untuk uang tabungan.

Saat membuka rekening untuk tabungan, pilihlah rekening yang mempunyai biaya admin kecil. Selain itu, tidak membuat kartu ATM bisa membantu Anda untuk mencegah mengambil uang atau mengganggu tabungan tersebut.

3. Melakukan Side-Hustle

Pernahkah Anda mendengar side-hustle? Side-hustle yang dimaksud di sini adalah pekerjaan sampingan. Jadi, jika gaji dari pendapatan utama hanya 500 ribu, carilah pekerjaan sampingan yang bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, gaji yang didapatkan dari pekerjaan sampingan juga bisa dijadikan sebagai upaya mengatur uang 500 ribu untuk sebulan. Di era sekarang, ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan hanya dengan online saja.

Salah satu contohnya adalah bisnis online. Tidak hanya itu saja, jika Anda mempunyai hobi, cobalah mengasahnya agar menghasilkan keuntungan.
Misalnya dari menulis, desain, fotografi, dan lain sebagainya. Cobalah untuk membangun side-hustle dari skala kecil agar bisa menyesuaikan dengan pekerjaan utama.

4. Mengenali Kebiasaan yang Bikin Boros

Cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan bisa dilakukan melalui pengenalan kebiasaan yang bikin boros. Pastinya Anda pernah merasakan bahwa tidak tahu apa saja yang dibeli sehingga uang di dompet habis, bukan? Hal ini disebabkan oleh kebiasaan yang membuat kita tanpa sadar menjadi boros.

Apalagi jika lingkungan Anda berisikan orang yang rela mengeluarkan uang hanya untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Oleh karena itu, dengan mengenali kebiasaan tersebut akan membantu mengurangi pemborosan. Sebelum memutuskan untuk mengeluarkan uang, pikirkan apakah itu memang dibutuhkan atau tidaknya.

5. Mengikuti Arisan

Jika Anda merasa kesulitan memegang uang lantaran suka menghabiskan uang, maka mengikuti arisan bisa menjadi salah satu solusi.

Mengikuti arisan juga membuat seseorang menjadi konsisten menabung setiap bulannya. Namun, sebelum mengikuti arisan, ada baiknya menentukan tujuan pada tabungan Anda.

Baca juga : 3 Cara mengatur uang belanja agar tidak boros.

Kesimpulan

Beberapa cara menabung dengan gaji 500 ribu di atas bisa Anda coba dari sekarang dengan langkah yang menurut Anda paling mudah dilakukan. Jangan jadikan pendapatan kecil sebagai alasan tidak bisa memiliki tabungan, ya. Karena pendapatan bisa didapatkan melalui beberapa sumber.

Artikel terkait :

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.