Cara Mendapatkan Uang dengan Menulis Cerita dan Novel

Pernahkah kamu bertanya bagaimana cara mendapatkan uang dengan menulis cerita dan novel? Pertanyaan ini memang sangat umum dan banyak yang berpikir hal tersebut mustahil terjadi. Padahal, sekarang ada banyak cara yang dapat memungkinkanmu untuk mendapatkan penghasilan dengan menulis cerita.

Apabila kamu memiliki hobi membaca dan menulis, kamu dapat menulis cerita dari sekarang dengan memanfaatkan platform novel online yang dapat menerima setiap karya yang kamu hasilkan. Banyak aplikasi novel online yang bisa kamu gunakan seperti Wattpad, Storial, Noveltoon, Kwikku, GoodNovel, Cabaca, dan beberapa situs webnovel lainnya.

Bahkan dari beberapa platform tersebut ada yang bersedia memberikan royalti bagi para penulis yang mempublish karya di dalamnya. Namun demikian, bila kamu tidak berminat untuk menulis novel, kamu masih bisa menulis cerpen, puisi, atau karya tulis lainnya.

Cara Mendapatkan Uang dengan Menulis Cerita

Dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang, kamu berkesempatan mendapatkan penghasilan mulai dari nominal yang sedikit hingga yang bernilai fantastis. Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dengan menulis cerita?

1. Mengikuti perlombaan menulis cerita

Saat ini banyak yang memanfaatkan media sosial seperti instagram dan facebook sebagai wadah untuk berbagi berita, termasuk dengan berbagi informasi perlombaan menulis dengan hadiah dan juga tema yang cukup beragam. Para penyelenggara tidak hanya dari penerbitan-penerbitan buku saja, bahkan ada yang berasal dari pemerintahan, komunitas-komunitas, atau perusahaan ternama.

Biasanya mereka mengadakan perlombaan menulis dengan tujuan tertentu. Oleh karenanya kamu harus mengambil kesempatan ini untuk menuangkan ide yang dimiliki sehingga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah yang sudah ditentukan.

Kamu bisa mengambil beberapa perlombaan yang memang diminati. Memanfaatkan kesempatan dengan baik akan mendekatkanmu dengan hadiah yang ditawarkan. Biasanya para penyelenggara akan menyiapkan uang tunai sebagai hadiah utama, bahkan mereka rela menggelontorkan dana dengan nominal hingga jutaan rupiah. Mulai sekarang kamu bisa mencari informasi-informasi ini di beberapa media sosial yang kamu miliki agar bisa menghasilkan uang dari menulis.

2. Mengirimkan tulisan ke surat kabar

Biasanya, koran atau surat kabar memiliki rubrik pembaca yaitu cerpen atau cerita pendek yang dikirimkan oleh penulis kepada redaksi. Sebelum tayang pada rubrik tersebut cerita yang dikirimkan oleh beberapa penulis akan dikurasi terlebih dahulu.

Mereka akan membaca dan memahami mulai dari isi, alur, gaya bahasa, hingga cara penulisannya. Apabila beruntung, cerita yang kamu tulis bisa segera tayang di surat kabar tersebut. Nantinya kamu akan diberikan bayaran mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah atas cerpen yang dimuat.

Akan tetapi perlu diingat bahwa tidak semua surat kabar memberikan bayaran dengan jumlah yang sama. Jadi kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu jika ingin mendapatkan bayaran yang tinggi.

3. Menulis cerita di platform berbayar

Jika kamu ingin menulis cerita dibayar, maka kamu harus lebih gesit dan rajin untuk menjelajahi platfrom menulis online yang sudah tersebar di internet. Banyak tempat menulis yang memang menawarkan untuk memberikan bayaran dengan beberapa syarat dan kriteria.

Apabila kamu berbakat dalam kategori cerita pendek, platform seperti IDN Times juga menyediakan kolom artikel fiksi untuk menayangkan tulisanmu yang dianggap layak untuk terbit. Mereka juga akan memberikan bayaran yang sepadan dengan hasil kerja kerasmu sehingga tulisan yang kamu hasilkan benar-benar dapat menjadi salah satu sumber pendapatan.

Beberapa media berbayar yang menyediakan tempat untuk menulis cerita akan memberikan bayaran dengan jumlah yang beragam. Dalam hal ini, setiap media memiliki kebijakan masing-masing dalam memberikan royalti. Mulai dari ribuan hingga puluhan ribu. Oleh karenanya penting bagimu untuk mengenali media tersebut sebelum mengirimkan tulisan untuk ditayangkan di sana.

Artikel terkait : Pengalaman jadi content writer

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Novel

Mungkin kamu tidak asing dengan sebutan webnovel. Ya, webnovel bisa diartikan sebagai suatu novel yang berbasis web yang memungkinkan penulis untuk menulis dan menerbitkan karyanya di dalam suatu website atau situs online. Biasanya cerita yang di-publish dalam webnovel ditulis dalam bentuk per chapter atau per episode.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan uang dengan menulis novel.

Loading...

1. Cara mendapatkan uang dari Noveltoon

Noveltoon merupakan salah satu platform menulis online yang telah digunakan oleh jutaan orang. Untuk mendapatkan uang dari platform ini kamu perlu mendaftar pada aplikasi ini. Kemudian tulislah cerita dan unggahlah secara berkala. Tentunya kamu harus mengunggah karya yang menarik sehingga pembaca berminat untuk melihat karyamu.

Bukan hanya itu, dengan menulis cerita di Noveltoon, kamu juga berkesempatan untuk mengikuti perlombaan menulis yang kerap kali diselenggarakan dengan hadiah yang bernilai jutaan. Bahkan hal tersebut juga memungkinkan karyamu untuk diterbitkan menjadi buku pada penerbit tertentu.

Salah satu cara mengajukan kontrak di Noveltoon yaitu bila karyamu berhasil menembus 20 ribu kata, kamu bisa langsung mengajukan kontrak yang dapat menjadikanmu sebagai penulis premium dan mendapatkan bayaran. Kamu juga berkesempatan untuk dekat dengan penulis favoritmu jika berhasil mencapai tahap ini.

Selain itu pendapatan penulis Noveltoon juga akan mendapat penghasilan tambahan melalui reward pembaca, iklan, serta bagi hasil dari pendapatan. Jumlah kata per bab yang harus kamu tayangkan berkisar antara 1000-2000 kata. Penghasilan ini akan ditambah dengan uang pokok yang diberikan Noveltoon dengan pencapaian yang kamu miliki.

Semakin banyak yang membaca karyamu, maka akan semakin bertambah pendapatan yang bisa kamu miliki. Apabila kamu berhasil menjadi penulis kontrak dan mencapai level 8/9/10 pada waktu tertentu, maka kamu bisa mendapatkan reward hingga bernilai jutaan rupiah.

Baca juga : cara menghasilkan uang dari internet

2. Menerbitkan Karya Menjadi Buku

Sekarang sudah tidak sulit untuk membukukan karya. Apabila kamu ingin mendapatkan penghasilan dari menulis novel, maka terbitkanlah karyamu menjadi sebuah buku. Apalagi sekarang banyak penerbitan yang memberikan kesempatan bagi penulis untuk membukukan karyanya secara gratis dengan beragam fasilitas yang tentunya berkualitas.

Berikut ini merupakan cara menerbitkan novel gratis :

  • mengikuti program terbit gratis melalui jalur seleksi atau undangan.
  • menyelesaikan karya yang sedang ditulis, atau setidaknya nyaris tamat.
  • mencari penerbitan buku yang sesuai dengan genre novel yang kamu miliki.
  • Pahami syarat dan ketentuan yang mereka gunakan sehingga kamu bisa memenuhinya sebelum mengajukan naskah untuk diterbitkan. Apabila kamu beruntung, mereka akan menerbitkan karyamu tersebut dan memberikan royalti dari novel yang berhasil terjual saat pre-order maupun setelahnya.

3. Storial

Storial juga termasuk situs menulis novel yang bisa menghasilkan uang bagi penulisnya. Kamu juga bisa menjadi pembaca novel online dengan dua metode, yaitu berbayar dan gratis. Bahkan bila memang ingin menulis, kamu juga bisa mencoba berkolaborasi dengan penulis lain dalam satu novel yang sedang kalian garap.

Selain itu, storial juga menyiapkan komunitas kepenulisan pada aplikasi WhatsApp dan telegram untuk membantumu lebih dekat dengan penulis lain. Hal tersebut memudahkanmu untuk berdiskusi atau bertukar pikiran terkait ide kepenulisan atau hal apa pun yang berkaitan dengan Storial.

Kamu juga akan dibayar jika berhasil menjadi penulis premium di aplikasi ini. Bukan hanya novel, di Storial kamu juga bisa mengunggah karya lain seperti cerpen, puisi, bahkan naskah non fiksi. Dengan menjadi penulis premium kamu akan lebih gampang mendapatkan uang dari storial. Semakin banyak pembaca yang berminat dengan karyamu, semakin banyak pula royalti yang akan kamu dapatkan.

Baca juga : Cara nonton TikTok dapat uang

Kesimpulan

Ternyata menulis memang tidak hanya digunakan untuk mengekspresikan diri dan pikiran, melainkan juga untuk menghasilkan uang tambahan. Selain itu dengan menulis cerita atau novel akan memudahkanmu untuk dikenali banyak orang.

Bagimu yang memang ingin mendapatkan uang dari menulis cerita atau novel sekaligus mengasah kemampuan menulis, kamu dapat mencoba memanfaatkan beberapa platform menulis online seperti yang telah saya sebutkan di atas. Karena saat ini platform online semakin banyak bermunculan, kamu dapat lebih mudah memanfaatkannya untuk menuangkan cerita kapan pun dan di mana pun.

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!