4 Cara Menerbitkan Novel Gratis Paling Mudah

Saat ini menulis sudah menjadi kegiatan yang disukai oleh kebanyakan orang. Selain menyenangkan untuk dilakukan, menulis juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan. Tentu saja, menerbitkan karya berupa novel atas nama sendiri menjadi impian banyak penulis. Oleh karenanya tidak heran jika banyak para penulis yang mencari cara menerbitkan novel gratis.

Kabar baiknya, saat ini sudah tidak sulit lagi mewujudkan impian tersebut. Apabila kamu memang memiliki cerita untuk dibagikan kepada pembaca, maka jangan ragu untuk mempublikasikannya terlebih dahulu ke media online yang bersedia menerima karya seperti yang kamu tulis.

Loading...

Namun, apabila kamu tidak ingin mempublikasikannya, maka kamu harus rajin melakukan promosi di berbagai media sosial yang kamu miliki. Biasanya para penulis akan memberikan spoiler agar para pengikutnya bisa mengetahui lebih awal tentang karya yang sedang digarap. Pada saat promosi inilah kamu akan memiliki peminat yang kelak akan membeli novelmu ketika sudah diterbitkan.

Cara Menerbitkan Novel Gratis dan Paling Mudah

Menerbitkan novel bisa dibilang susah-susah gampang, tergantung bagaimana kamu memandangnya. Sebab saat ini sudah banyak media yang dapat menerima tulisanmu untuk diterbitkan, baik secara online atau pun dalam bentuk fisik (cetak). Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu kamu persiapkan:

1. Menyiapkan Naskah

Hal yang paling penting dalam menerbitkan novel adalah adanya naskah. Jika kamu tidak memiliki naskah, lantas apa yang akan kamu terbitkan? Tentunya kamu harus menyiapkan naskah yang penyampaiannya mudah dipahami, rapi, dan juga menarik. Oleh karenanya kamu perlu melakukan self editing terlebih dahulu sebelum mengajukan naskahmu untuk diterbitkan ke penerbit tertentu.

Dalam menyiapkan naskah ini kamu harus memiliki naskah utuh. Dengan arti lain yaitu cerita atau novel yang ingin kamu terbitkan sudah dalam status “tamat”. Kemudian, kamu perlu membaca kembali cerita tersebut dari awal hingga akhir.

Selama proses membaca ulang tersebutlah kamu wajib memeriksa kesalahan-kesalahan yang terdapat di dalam ceritamu. Pada tahapan ini kamu perlu melakukan pembenaran ejaan, tanda baca, mengedit peletakan kalimat yang kurang sesuai, atau berbagai hal lainnya yang dirasa perlu.

Artikel terkait : Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen, novel, storial, webnovel, noveltoon

2. Mencari Penerbitan yang Sesuai dengan Genre Ceritamu

Setelah memiliki naskah yang utuh, kamu harus mencari penerbitan buku yang menerima genre seperti cerita yang telah kamu buat. Bukan hanya mencari, tapi kamu juga harus memastikan apakah penerbitan tersebut bersedia menerbitkan novel secara gratis atau tidak. Saat ini bukan hanya penerbitan Mayor saja yang memberikan fasilitas terbit gratis. Akan tetapi sudah banyak didapati penerbitan Indie yang juga memberikan fasilitas yang sama.

Memastikan hal ini sangatlah penting agar kamu tidak salah langkah dalam menerbitkan buku. Sebab tidak semua penerbitan memberikan fasilitas dengan gratis kepada para penulis yang ingin menerbitkan karyanya. Dan sudah tentu setiap penerbitan juga memiliki peraturan yang berbeda-beda.

Dengan kata lain, kamu tidak dapat menyamakan antara satu penerbit dengan penerbitan lainnya. Bahkan, biasanya penerbitan yang menyediakan fasilitas terbit gratis juga memiliki beberapa pilihan, seperti terbit gratis bersyarat, terbit gratis jalur undangan, atau jalur seleksi.

Untuk terbit gratis bersyarat biasanya penerbitan akan mencantumkan beberapa persyaratan yang harus penulis penuhi sebelum proses penerbitan novel berjalan. Misalnya, wajib terjual 20 eksemplar saat PO atau Pre-Order, atau penulis wajib membeli novel karyanya sebanyak dua eksemplar.

Sedangkan terbit gratis jalur undangan biasanya para penulis yang mereka pilih akan langsung dihubungi oleh pihak penerbitan, bahwasannya mereka bermaksud untuk menerbitkan salah satu karya milik penulis. Dan untuk terbit jalur seleksi, penerbitan buku akan membuka kesempatan bagi para penulis untuk mengirimkan karya-karyanya untuk diseleksi.

Apabila lolos, maka pihak penerbitan akan langsung memberikan informasi melalui instagram atau dengan membalas e-mail penulis sebelum batas waktu yang ditentukan berakhir. Oleh karenanya saat mencari penerbitan inilah kamu harus memastikan jenis terbit gratis seperti apa yang disediakan oleh penerbit tersebut dan proses seperti apa yang ingin kamu pilih.

3. Ikuti Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Apabila kamu sudah menemukan penerbitan yang sesuai dengan keinginanmu, maka yang harus kamu lakukan selanjutnya yaitu memperhatikan syarat dan ketentuan yang mereka miliki. Tentunya setiap penerbitan memberikan syarat yang berbeda-beda.

Oleh sebab itulah kamu harus memahami dan mengikuti syarat dan ketentuan tersebut sehingga naskah atau cerita yang akan kamu kirimkan sudah sesuai seperti yang mereka inginkan.

Contoh syarat dan ketentuan penerbitan novel gratis:

  • Naskah diketik rapi menggunakan Ms.Word
  • Menggunakan Font Times New Roman
  • Ditulis menggunakan spasi 1,5
  • Maksimal 150 halaman
  • Menyertakan sinopsis sebanyak dua halaman, kata pengantar, dan biodata penulis.
  • Menunggu proses seleksi selama 1 bulan

Biasanya admin penerbitan buku akan mengunggah banner yang berisi syarat dan ketentuan terbit di media sosialnya. Hal tersebut akan mempermudah para penulis yang ingin menerbitkan karyanya di sana.

4. Mengirimkan Naskah

Langkah selanjutnya yakni dengan mengirimkan naskah kepada penerbit yang dituju. Langkahnya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mengirimkan naskah utuh yang sudah dilengkapi dengan beberapa persyaratan lainnya melalui email. Pastikan kamu mengirim email dengan kalimat yang rapi, sopan dan jelas.

Selain itu kamu juga harus mencantumkan subjek sesuai dengan pilihan paket yang kamu ambil, atau bisa menyesuaikan dengan contoh dari penerbitan yang kamu tuju. Setelah mengirimkan karya, kamu harus menunggu dalam beberapa waktu untuk menerima balasan email. Sebab pihak penerbitan akan membaca karyamu terlebih dahulu sebelum membuat keputusan apakah karyamu diterima atau tidak.

Perlu diingat bahwa kamu harus sabar menunggu kapan emailmu akan dibalas. Biasanya penerbitan akan memberitahukan kepada followers instagramnya terkait waktu yang mereka butuhkan untuk menyeleksi naskah. Jadi, selama menunggu pengumuman atau balasan, ada baiknya kamu rajin mempromosikan karya tersebut di media sosial.

Penutup

Beberapa cara menerbitkan novel gratis ini sudah sangat umum dan memang mudah dipenuhi. Jadi, apabila kamu ingin menerbitkan karyamu menjadi sebuah buku, sebaiknya cobalah beberapa langkah tersebut.

Jangan merasa ragu untuk mengajukan naskahmu, karena setiap naskah yang sudah ditulis memiliki takdirnya masing-masing untuk mendapatkan ‘rumah’ yang diimpikan.

Artikel ini ditulis oleh Keza Felice, penulis Novel Asrama Hagers dan Milna And Me.

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!