6 Cara Mengatasi Bingung Memilih Jurusan Kuliah agar Tidak Menyesal

Setelah lulus dari jenjang SMA pasti kamu pengin jadi anak kuliahan. Akan tetapi apakah kamu sudah merasa yakin dengan jurusan yang nantinya akan dipilih? Atau justru merasa sulit menentukan keputusan untuk mengambil jurusan di tempat kuliah? Tak perlu cemas, sebab masih ada cara mengatasi bingung memilih jurusan kuliah yang dapat kamu lakukan.

Menentukan jurusan saat masuk ke perguruan tinggi memang susah-susah gampang. Bukan hanya menyesuaikan dengan minatmu, tetapi kamu juga harus mempertimbangkan beberapa faktor lainnya untuk menentukan pendidikan yang ingin ditempuh selanjutnya. Untuk itulah kamu harus menentukan langkah yang tepat daripada nantinya merasa menyesal.

Cara Mengatasi Bingung Memilih Jurusan Kuliah

Sebagian orang mungkin bingung mau kuliah dimana dan jurusan apa. Sebagiannya lagi sudah mempunyai beberapa pilihan jurusan, tapi merasa bingung untuk menentukan hasil akhirnya. Bahkan, terkadang ada yang sampai berdebat dengan orangtua karena perbedaan pendapat soal jurusan atau kampus yang harus dipilih. Karenanya kamu dapat melakukan cara agar tidak bingung memilih jurusan kuliah seperti berikut ini.

Loading...

1. Melakukan Riset Jurusan Kuliah

Salah satu cara menentukan jurusan kuliah agar tidak bingung yaitu dengan melakukan riset beberapa jurusan kuliah yang ingin dipilih. Kamu perlu mengetahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada di universitas impianmu.

Kemudian, pelajari tentang masing-masing bidang ilmunya, bagaimana prospek alumninya, seberapa besar kemungkinan untuk ‘berhasil’ setelah lulus, dan berbagai hal lain yang dirasa penting untuk diketahui.

Dengan begitu kamu bisa menjadikan hasil pencarian itu untuk melakukan perbandingan. Kamu dapat menyandingkan sederet daftar jurusan kuliah yang sudah dipilih dan lihat hasilnya dengan cermat.

Langkah ini akan membantumu dalam menentukan jurusan kuliah yang ingin dipilih. Setidaknya dengan melakukan cara ini, kamu dapat melihat jurusan mana yang ‘lebih baik’ bagi dirimu.

2. Memahami Minat ataupun Bakat yang Dimiliki

Pada saat kamu dihadapkan dengan situasi membingungkan, termasuk ketika ingin memilih jurusan kuliah, kamu tentu memerlukan alasan yang tepat untuk memilihnya. Sebab, kamu tidak bisa bersikap semaunya sendiri untuk berganti atau pindah jurusan jika di kemudian hari merasa bosan.

Karenanya penting bagi kamu untuk mengetahui minat maupun bakat yang dimiliki. Berbekal pengetahuan inilah kamu akan lebih terbantu untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Memahami diri sendiri dengan baik akan membuat kamu lebih mudah untuk bertahan dalam menghadapi berbagai tantangan ketika belajar tentang skills dan ilmu pendidikan di bangku kuliah.

3. Mengetahui Akreditasi Jurusan dan Kampus yang Ingin Dipilih

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengetahui akreditasi jurusan serta kampus yang ingin kamu pilih. Langkah ini tidak boleh sampai diabaikan.

Sebab, akreditasi yang baik pada umumnya menandakan jika jurusan dan kampus pilihanmu memang memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu kamu tidak akan merasa ragu lagi untuk benar-benar menempuh pendidikan di perguruan tinggi tersebut.

4. Menyesuaikan Biaya Kuliah dengan Kemampuan Finansial

Memilih jurusan kuliah sesuai kemampuan finansial juga sangat penting untuk diperhatikan. Seperti yang kamu ketahui bahwa biaya kuliah menjadi salah satu hal pokok yang harus kamu penuhi selama mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Loading...

Karenanya kamu harus memperhatikan besarnya biaya yang harus kamu keluarkan selama berada di kampus terpilih. Apakah biayanya sesuai dengan kemampuanmu atau justru tidak sama sekali.

Kamu dapat memilih jurusan kuliah yang biaya administrasinya cukup terjangkau. Hal ini sangat penting agar nantinya pendidikanmu tidak terhenti di pertengahan semester.

5. Melakukan Konsultasi dengan Orang Terdekat yang Berpengalaman

Apabila kamu masih saja ragu untuk menentukan pilihan, cobalah berdiskusi dengan orang lain yang dirasa sudah mumpuni dalam bidang pendidikan, misalnya dosen atau psikolog pendidikan.

Selain itu kamu juga bisa berdiskusi dengan orang-orang terdekat untuk melonggarkan keruwetan dalam pikiranmu. Biasanya mereka yang memiliki kapasitas dan sudah lebih berpengalaman dapat memberimu sudut pandang yang berbeda maupun pengetahuan baru yang lebih fresh.

Dengan begitu pikiranmu akan lebih ‘tercerahkan’ sehingga tidak bingung lagi untuk memilih jurusan kuliah.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan jurusan Sistem Informasi

6. Memahami Konsekuensi dan Keuntungan Pilihan

Setiap jurusan kuliah pasti ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Mungkin jurusan kuliah A mempunyai prospek kerja yang kurang menggiurkan, tetapi jurusan tersebut justru sesuai dengan keinginanmu.

Atau sebaliknya, ada suatu jurusan yang ilmunya kurang menarik dan dianggap tidak memiliki prospek kerja yang baik, tapi kamu yakin mampu menempuhnya dengan baik di situ.

Pastinya kamu merasa bingung jika dihadapkan dengan situasi semacam ini. Tetapi kamu harus tetap ingat, bahwa sebaik apapun jurusan kuliah yang akan kamu tempuh, tetap saja akan terdapat kekurangan di sana.

Karenanya agar kamu lebih siap untuk menghadapi berbagai hal yang mungkin akan terjadi di kemudian hari, penting bagimu saat ini untuk mengetahui konsekuensi dari pilihan tersebut. Karenanya kamu tidak bisa hanya melihat dari sisi menguntungkan ataupun positifnya saja.

Baca juga : Ternyata begini susahnya jurusan BK, apakah kamu sudah tau?

Kesimpulan

Nah, setelah mengetahui beberapa cara mengatasi bingung memilih jurusan kuliah tersebut, apakah sekarang kamu sudah mulai merasa lebih baik? Pikiran yang tenang akan memudahkanmu dalam menentukan pilihan lho. Karenanya jangan sampai kamu terlalu cemas dan bersikap sembrono dalam mengambil keputusan. Lebih baik bersikap hati-hati dan tetap berpikir dengan matang sebelum mengambil keputusan!

Artikel terkait: Fakta tentang dunia perkuliahan yang mungkin belum kamu ketahui !

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *