Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Sukses

Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang efektif dan efisien. Padahal, kemampuan untuk mengelola uang merupakan kewajiban yang harus dimiliki oleh seorang bapak maupun ibu rumah tangga.

Apalagi, bagi pasangan yang baru menikah, biasanya akan kesulitan dalam memanajemen keuangannya. Tidak sedikit pula yang membutuhkan waktu untuk memahami hingga benar-benar dapat mengatur sesuai kebutuhannya.

Padahal, salah satu kunci utama yang dibutuhkan yaitu komitmen dan kesadaran tentang situasi keuangan Anda. Hal ini merupakan langkah pertama dalam pengelolaan keuangan yang efektif. Berikut ini telah kami rangkum beberapa tips yang akan membantu Anda untuk memanajemennya.

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang efektif dan efisien

1. Menghemat pengeluaran

Di saat kita mempunyai banyak uang, terkadang kita suka khilaf dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Contohnya, bagi Anda yang suka belanja pakaian, asesoris, sepatu atau barang lain yang sebenarnya di rumah sudah cukup untuk di pakai dalam kegiatan sehari-hari.

Karena Anda sebelumnya tidak mempunyai konsep yang benar dalam mengatur pengeluaran belanja, maka yang di beli justru apa-apa yang di inginkan. Padahal, salah satu prinsip orang-orang sukses adalah hanya membeli barang sesuai dengan kebutuhan.

2. Menghemat uang bulanan

Cara yang paling mudah agar uang bulanan tetap hemat adalah dengan memangkas biaya rutin bulanan yang besar. Misalnya, jika Anda suka bepergian atau liburan di akhir pekan, maka Anda dapat mengurangi dengan menggantinya di akhir bulan.

Kebiasaan berlibur di akhir pekan biasanya dilakukan oleh orang-orang yang punya hobi travelling. Namun, jikalau sudah berbicara pada hobi maka perlu upaya yang kuat untuk merubahnya. Karena tentu itu akan sulit jika Anda tidak punya komitmen yang kuat.

3. Menyisihkan uang belanja harian

Bagi Anda ibu rumah tangga, sebaiknya sisihkan uang belanja harian walaupun hanya beberapa persen.

Anda dapat mengakalinya dengan menanam sayuran. Karena saat ini aktifitas tersebut dapat dilakukan di sampaing/di dalam rumah sekalipun. Bisa juga dengan menabung uang kembalian saat Anda belanja di pasar/di warung.

Walaupun hanya sedikit yang bisa Anda sisihkan setiap harinya, tapi jika di kumpulkan dalam 1 bulan maka hasilnya sudah sangat lumayan untuk dipakai belanja di lain waktu.

4. Membuat anggaran rumah tangga

Anda harus mampu membuat anggaran dan mengelolanya dengan efektif. Karena jika tidak, maka ekonomi rumah tangga akan carut marut.

Dalam hal ini, sebaiknya pahami penghasilan total perbulan rumah tangga Anda. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Meskipun Anda seorang PNS, itu tidak menjamin bahwa keuangan rumah tangga akan baik-baik saja. Semuanya tergantung bagaimana keahlian Anda dalam mengaturnya. Karena faktanya, masih banyak para PNS yang terlilit utang akibat gaya hidup yang melebihi pendapatannya.

5. Investasi

Ada banyak pilihan investasi yang tepat, di antaranya yaitu dengan menabung emas. Jika Anda kebetulan mempunyai dana lebih, bisa juga dengan membeli tanah untuk tabungan masa depan.

Investasi emas dan tanah memang masih sangat menguntungkan. Apalagi dengan harganya yang terus mengalami kenaikan, maka akan sangat tepat jika digunakan sebagai tabungan yang bisa digunakan untuk kebutuhan mendadak atau pendidikan anak di masa yang akan datang.

Baca juga : Pekerjaan ibu rumah tangga yang terbukti menghasilkan

6. Fikirkan tentang hutang Bank

Sudah banyak sekali contoh orang-orang yang bangkrut hingga kehilangan harta bendanya. Jika Anda tidak mempunyai kemampuan dalam manajemen keuangan, sebaiknya fikirkan baik-baik jika ingin meminjam di Bank.

Karena, apabila Anda tidak mempunyai penghasilan tetap untuk membayar tagihan bulanannya, maka akan sangat sulit untuk membayar tepat waktu. Apabila ada opsi untuk meminjam kepada keluarga atau saudara, itu bisa jadi rekomendasi terbaik.

Penutup

Komitmen merupakan kunci terakhir untuk mengatur keuangan rumah tangga agar berjalan seperti yang Anda inginkan. Namun untuk dapat melakukannya tidaklah mudah. Karena membutuhkan waktu dan upaya untuk bekerja lebih cerdas.

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!