3 Cara Mengatur Uang Belanja Agar Tidak Boros

Mengatur uang belanja harus di lakukan dengan perhitungan yang matang, agar Anda tidak boros dan bisa mengatur pengeluaran dengan baik.

Oleh karena itu, cara ini mungkin dapat Anda coba untuk menghemat uang belanja dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Loading...

Tips Menghemat Uang Belanja

1. Tentukan Prioritas Belanja

Cobalah untuk membuat daftar belanjaan sehari-hari lalu pilih mana saja yang menjadi prioritas utama. Kemudian, coret dari daftar tersebut apa saja yang bisa di pangkas.

Karena, apabila penghasilan Anda terbatas maka Anda harus memikirkan apa yang paling penting untuk di beli. Walaupun ini terdengar sederhana, tapi masih banyak orang yang tidak mengikuti aturan ini.

Contohnya :

Ketika Anda kehabisan sampo dan sabun mandi kemudian pergi ke toko swalayan atau minimarket, lalu karena melihat begitu banyak barang lain yang menarik perhatian, maka saat itulah ketegasan Anda di uji.

Jika Anda telah menyiapkan daftar belanja dan fokus pada barang tersebut, cobalah untuk tidak melihat barang lainnya, agar daya tarik mereka tidak mengganggu tujuan belanja Anda.

Tetapi, apabila Anda masih terjebak dan menghabiskan banyak uang belanja di tempat itu, maka cobalah untuk memilih tempat lain seperti toko kelontong atau warung yang lebih kecil.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

2. Bijak dalam Menggunakan Kartu Debit/Kredit

Sejak adanya ATM, kita dimudahkan dengan efisiensi pembelian dan pembayaran. Namun disisi lain, terkadang ATM juga membuat khilaf ketika sedang belanja. Jadi, bagi Anda yang tidak bisa mengontrol penggunaannya, maka sebaiknya tinggalkan saja di Rumah.

Mengapa ini penting ?
Karena, dengan membawa kartu debit/kredit saat belanja, maka Anda akan sulit untuk mengontrol uang yang di belanjakan. Maka, cobalah hanya membawa uang tunai yang benar-benar dibutuhkan. Dengan begitu, maka Anda bisa menghemat uang belanja.

Apabila Anda terpaksa harus membawa ATM, maka sebisa mungkin untuk menahannya dengan menyimpan di sela – sela dompet yang tertutup agar tidak mengganggu perhatian Anda.

3. Mencari Diskon

Biasanya, di beberapa toko seperti alfamart dan indomart, hampir setiap akhir bulan atau periode khusus akan ada diskon pada produk tertentu.

Manfaatkanlah momen diskon untuk menghemat pengeluaran belanja Anda. Agar tidak ketinggalan, biasanya pihak toko akan mau memberikan informasi apabila waktu diskon telah datang.

Agar lebih efektif dan efisien, lakukanlah belanja di momen ini untuk pembelian barang-barang belanjaan yang cenderung besar.

Demikianlah tips cara mengatur uang belanja agar tidak boros yang dapat kami bagikan pada artikel ini, semoga dapat menjadi referensi dalam mengatur ekonomi rumah tangga Anda

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!