Cara Menjadi Blogger yang Menghasilkan Uang

Cara terbaik untuk menjadi blogger yang menghasilkan uang yaitu dengan melakukannya seperti menjalankan bisnis. Nggak bisa setengah-setengah apalagi dengan di sambi kerja sampingan.

Inilah fakta yang harus Anda ketahui wahai blogger pemula. Kecuali jika Anda mempunyai modal untuk membayar penulis dan optimasi blog. Maka aktifitas blogging bisa disambi di saat waktu luang.

Loading...

Namun, jika Anda tipe blogger receh seperti saya yang hanya modal seadanya, maka harus siap untuk usaha lebih keras di banding blogger lain. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog, maka berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan :

Cara menjadi blogger yang menghasilkan uang

1. Siapkan modal untuk membangun blog (moneysite) yang berkualitas

Langkah pertama agar Anda menjadi blogger yang mampu menghasilkan uang yaitu dengan menyiapkan modal. Besar kecilnya biaya yang akan Anda keluarkan tergantung dari seberapa baik blog Anda.

Maksudnya adalah, jika Anda ingin mempunyai blog ( moneysite ) yang berkualitas, maka modal yang harus di siapkan juga lumayan besar. Karena, modal tersebut biasanya digunakan untuk update artikel secara rutin.

Jika Anda seorang fulltime blogger mungkin bisa mampu membuat beberapa artikel dalam sehari. Tapi jika seperti saya, tentu akan sangat sulit. Jadi, modal tersebut bisa digunakan untuk membayar jasa penulis atau membeli langsung dari mereka.

Selain modal untuk membuat konten artikel, biasanya juga blog moneysite Anda akan butuh untuk biaya perawatan, backlink, dan kebutuhan lainnya.

Jadi, jika Anda sudah mempunyai blog yang berkualitas seperti :

  • alexa rank bagus
  • da dan pa yang lumayan gede
  • ratusan/ribuan artikel yang mampu mendatangkan pengunjung

Maka saya pastikan bahwa Anda sudah bisa menjadi blogger yang menghasilkan uang.

Baca juga : Cara agar blog kita banyak pengunjung

2. Memaksimalkan pendapatan blog / moneysite

Jika Anda sudah mempunyai blog yang mampu menghasilkan uang, maka langkah selanjutnya yaitu dengan memaksimalkan pendapatan moneysite Anda.

Berikut ini merupakan sumber pendapatan blog (moneysite) :

Untuk mendapatkan penghasilan dari selain menjadi publisher, biasanya bagi blog yang sudah mempunyai rating bagus, akan banyak mendapat tawaran kerjasama. Baik itu review produk, content placement, backlink dan masih banyak lagi.

Jadi, untuk menjadi blogger yang menghasilkan uang, maka setidaknya Anda harus mempunyai blog/moneysite yang layak. Seperti apa yang telah saya jelaskan di atas.

Baca juga : Kesalahan yang masih sering dilakukan blogger pemula

3. Ternak Blog

Ketika awal dahulu saya ngeblog, banyak pertanyaan dalam benak. Salah satunya adalah, idealnya setiap orang punya berapa blog sih ?

Jawaban terbaik menurut saya adalah : Apabila Anda mempunyai tim, maka sebaiknya Anda beternak blog. Karena, tidak semua blog yang Anda bangun akan menghasilkan meskipun di buat dengan cara dan modal yang sama.

Jadi, jika ada blog yang tidak menghasilkan, maka masih ada harapan dari blog yang lain.

Namun, jika Anda hanya seorang blogger yang bekerja sendirian, maka sebaiknya jangan terlalu banyak mengelola blog. Karena pasti akan sangat sulit dalam manajemen waktu, tenaga, fikiran maupun biayanya.

Tapi jika Anda punya banyak waktu dan dirasa mampu, tentu hal itu bukan menjadi masalah. Karena beberapa teman blogger saya juga ada yang fulltime blogger dan mengelola banyak blog sendirian.

Baca selengkapnya : Syarat agar blog bisa menghasilkan uang

4. Konsisten

Meskipun Anda sudah mempunyai blog yang bagus dan menghasilkan banyak uang, namun Anda harus tetap konsisten merawatnya. Karena, setiap saat algoritma google selalu mengalami pembaruan.

Jika Anda tidak mampu merawatnya dengan baik, maka bisa saja blog Anda mengalami penurunan. Baik itu performa penelusuran maupun jumlah pengunjung blog.

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan agar blog tetap eksis ?

  • Tetap rutin update artikel berkualitas
  • Perawatan SEO blog baik on page maupun off page
  • Mengikuti lomba blog
  • Jika perlu, lakukan strategi promosi di media sosial agar brand blog Anda lebih dikenal luas

Kesimpulan

Cara menghasilkan uang dari blog di tahun 2021 bukan hal yang mudah bagi seorang pemula. Namun cukup mudah bagi yang sudah lama terjun dan mendalami di dunia blogging.

Beberapa nama blogger indonesia yang telah sukses di dunia blogging antara lain : Timon Adiyoso atau yang lebih dikenal dengan Mastimon, Mas Sugeng dan masih banyak lagi suhu blogger yang bisa mendapatkan puluhan juta Rupiah dari blognya.

Jadi, jika Anda ingin menjadi blogger yang menghasilkan uang, maka teruslah berusaha dengan totalitas dan jangan setengah-setengah. Belajarlah pada yang sudah berhasil agar jalan yang di tempuh lebih mudah.

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!