10 Langkah dan Cara Menjadi Penulis di Wattpad Terlengkap

Wattpad menjadi platform menulis yang banyak sekali digunakan, mulai dari pemula sampai yang sudah pernah merilis buku melalui penerbitan. Tetapi bagaimana cara menjadi penulis di Wattpad bila kamu ingin bergabung di dalamnya? Mempunyai julukan sebagai platform oranye, Wattpad telah memberikan banyak kemudahan bagi para penulis untuk menuangkan ide cerita sekaligus akses untuk membaca secara gratis.

Bergabung dan menulis di Wattpad memang tidak semudah seperti yang dibayangkan. Tak jarang berbagai fitur di dalamnya justru membuat bingung penulis yang ingin bergabung. Bahkan, tidak sedikit yang merasa minder karena khawatir tidak bisa menjadi sebagaimana para penulis populer lainnya.

Langkah-langkah Cara Menjadi Penulis di Wattpad

Jika ingin menjadi penulis di Wattpad, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa langsung menulis di platrform tersebut, baik berupa puisi, cerpen, novel, artikel, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa langkah untuk mendaftar di Wattpad

  1. Instal aplikasi Wattpad dari Google PlayStore
  2. Buka aplikasi Wattpad yang sudah berhasil terinstal di ponselmu
  3. Mendaftar menggunakan e-mail aktif seperti halnya media sosial lainnya
  4. Isi data-data penting yang diperlukan, seperti username, e-mail, kata sandi, genre pilihan, dan lain sebagainya
  5. Pilih menu “Daftar” dan kamu akan diarahkan pada halaman utama Wattpad
  6. Klik profil dengan memilih icon lingkaran di pojok kanan atas dan lengkapi identitasmu dengan memilih menu “Pengaturan” pada profil tersebut.
  7. Isi data diri dan lengkapi dengan memasang foto profil serta foto latar belakang
  8. Terakhir isilah bio pada profil Wattpadmu.

Dengan delapan langkah tersebut bisa dipastikan bahwa kamu sudah terdaftar pada aplikasi Wattpad.

Berikut beberapa cara mudah untuk menulis di Wattpad

  1. Buka halaman utama Wattpad
  2. Pilih menu dengan icon pena dan pilih pada bagian “Buat Cerita Baru”
  3. Pasang cover novel pada bagian “Tambahkan Sampul”
  4. Isi judul pada kolom “Judul Cerita”
  5. Isi bagian “Deskripsi Cerita” menggunakan Blurb dari novelmu
  6. Setelah itu pilih menu “Berikutnya” yang terdapat di sebelah kanan atas dan kamu akan diarahkan pada bagian pertama karyamu: Bisa diisi dengan bab pertama atau prolog.
  7. Kamu dapat menambahkan gambar bab pada halaman tersebut dengan memilih bagian “Mengetuk untuk menambahkan media”
  8. Berikan judul untuk bab yang akan kamu publish pada “Beri Judul Bagian Ceritamu”, contoh: Bab 1 – Menunggu atau Menunggu atau juga BAB 1 MENUNGGU (Sesuaikan dengan keinginanmu).
  9. Lanjutkan pada bagian “Ketuk di sini untuk mulai menulis” dan di kolom tersebutlah kamu dapat menuliskan karya yang ingin dipublikasikan.
  10. Isi kolom tersebut dengan jumlah kata yang tidak terlalu banyak sehingga pembaca tidak merasa bosan. Upayakan dalam kisaran 1000-1500 untuk bab novel.
  11. Kemudian langkah terakhir adalah dengan mempublikasikannya dengan memilih menu “Publikasikan” yang terdapat pada pojok kanan atas.

Setelah melalui beberapa langkah di atas maka kamu sudah berhasil menjadi penulis di Wattpad. Sehingga kamu dapat langsung mempromosikan karya tersebut dengan memanfaatkan fitur share.

Baca juga artikel terkait : Cara membaca wattpad gratis.

Keuntungan Menulis di Wattpad

Bukan hanya menjadi wadah menuangkan ide tulisan, dengan menulis di Wattpad kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan seperti berikut ini :

  • Mendapat Kesempatan Dilirik Penerbit Buku

Keuntungan pertama yang dapat kamu miliki dengan menulis di Wattpad yakni mendapatkan kesempatan dilirik penerbitan buku. Mungkin kamu tidak kaget lagi bila saat ini sudah banyak buku ataupun novel terbit yang asalnya dari aplikasi Wattpad.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa selama ini banyak penerbitan buku yang juga mengunjungi aplikasi tersebut untuk menilik karya-karya potensial di dalamnya. Artinya pengguna Wattpad bukan hanya penulis saja, tetapi juga penerbit-penerbit buku yang mempunyai tujuan tertentu.

Beberapa kriteria umum yang biasa digunakan penerbitan adalah rating yang baik, ramai pembaca, dan karya yang berkualitas. Nah, kamu dapat belajar dengan bertahap untuk bisa mendapatkan ketiganya walaupun tidak semua penerbitan mementingkan rating dan juga jumlah pembaca. Pada dasarnya kamu harus memperhatikan kualitas karya yang ditulis bila ingin mendapatkan keuntungan yang pertama ini.

Baca juga : Cara menerbitkan novel gratis.

Loading...
  • Karya Akan Dikenali Banyak Pembaca

Saat menerbitkan tulisan menjadi sebuah buku pasti kamu ingin mendapatkan banyak pembeli. Tetapi hal tersebut akan sulit dicapai bila kamu bukanlah seseorang yang cukup terkenal. Oleh sebab itulah kamu dapat memanfaatkan Wattpad untuk mempromosikan karya.

Dengan menulis di Wattpad sama halnya kamu tengah menunjukkan hasil pemikiranmu kepada banyak orang. Ini dapat dianggap sebagai tahap pengenalan cerita kepada calon pembeli, di mana kamu membiarkan pembaca mengetahui cerita seperti apa yang akan kamu terbitkan.

Sehingga kelak ketika karya tersebut telah masuk ke meja penerbitan, kamu bisa mulai melakukan promosi order atau mencari calon pembeli. Dan karena sebelumnya karyamu sudah dibaca dan diketahui oleh banyak orang, maka tidak menutup kemungkinan mereka yang penasaran akan langsung melakukan pemesanan pada saat Pre-Order. Hal ini merupakan salah satu manfaat menulis di Wattpad yakni karya akan dikenali oleh banyak orang.

  • Diangkat Menjadi Web Series

Saat ini sudah ramai karya dari Wattpad yang diangkat menjadi web series. Mungkin kamu juga sudah membaca beritanya saat berselancar di Instagram. Ini artinya jika kamu dapat menghasilkan karya yang berkualitas dengan rating tinggi dan memiliki jumlah pembaca yang membludak, tak menutup kemungkinan karya ciptaanmu itu diangkat menjadi web series.

Sebagaimana karya-karya lain yang sudah lebih dulu dijadikan serial web. Tentu saja hal tersebut akan menjadikanmu lebih banyak mendapatkan keuntungan, seperti menjadi lebih terkenal, mendapat banyak pembeli novel tersebut, dan keuangan juga akan meningkat.

Baca juga artikel terkait : Cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca.

Penutup

Wattpad menjadi salah satu platform menulis online yang kerap dikunjungi oleh penerbitan. Tak jarang mereka pun mengundang para penulis yang memiliki karya berkualitas untuk menerbitkannya secara gratis. Bahkan, saat ini sudah banyak karya-karya di Wattpad yang menjadi terbitan “best seller” hingga diangkat sebagai serial web atau yang dikenal dengan Web Series.

Akhir kata, semoga tutorial cara menjadi penulis di Wattpad yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat untukmu. Sehingga saya merasa senang telah menerbitkan artikel sepanjang ini.

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!