4 Cara Menjadi Seorang Penulis Novel dengan Langkah Sederhana

Banyak orang mempunyai cita-cita menjadi penulis buku, termasuk novel. Bahkan, siapa saja dapat mencoba profesi tersebut, terlebih karena saat ini banyak sekali cara menjadi seorang penulis novel.

Menulis novel memberikan kamu kebebasan untuk mengekspresikan diri dan segala sesuatu yang ada dalam pikiranmu. Segala rasa yang ada dalam benak dan pikiran bisa kamu tuangkan dalam bentuk tulisan. Bahkan keuntungan menulis novel pun sangat menjanjikan.

Loading...

Meski demikian, tidak sedikit orang yang merasa bingung apa yang harus dilakukannya agar menjadi seorang penulis. Tentu saja kamu perlu melakukan proses yang lumayan panjang agar bisa menjadi penulis profesional yang mampu menerbitkan karya-karya berkualitas.

Cara Menjadi Seorang Penulis Novel yang Baik

1. Menemukan Ide dan Mencatatnya

Langkah pertama untuk menjadi seorang penulis novel adalah dengan menemukan ide sekaligus mencatatnya. Ide menjadi hal pokok yang wajib dimiliki oleh setiap penulis. Apalagi dalam pembuatan novel dibutuhkan banyak sekali ide yang menarik agar tulisanmu tidak terhenti sebelum tamat.

Hal tersebutlah yang mengharuskanmu mencatat seluruh ide yang terlintas dalam pikiran. Karena kamu pasti mempunyai banyak hal untuk dipikirkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya agar tidak kehilangan ide, kamu pun tidak boleh menyepelekan tahap ini ketika ingin menulis novel. Dengan mencatat ide sama halnya kamu telah menyelamatkan hal penting yang akan berguna dalam proses menulis.

2. Menentukan Premis dan Membuat Outline

Selain mengetahui genre novel yang ingin digunakan, kamu juga perlu membuat outline atau poin-poin penting cerita yang akan kamu tulis. Hal semacam ini akan mempermudah langkahmu dalam mengembangkan ide cerita. Terlebih bila kamu belum terbiasa menulis novel dengan jumlah kata yang cukup banyak.

Outline akan membantumu mengingat detail-detail penting yang harus dituangkan dalam setiap bab dalam cerita. Sehingga cerita yang kamu tulis akan berkesinambungan satu sama lain walaupun pembahasan setiap babnya selalu berbeda. Namun, sebelum itu kamu juga harus menentukan premis terlebih dahulu.

Tentukan siapa tokoh utama, apa tujuan tokoh tersebut, rintangan terbesar yang akan dia hadapi, dan solusi seperti apa yang akan dia gunakan. Tentukan juga setting tempat dan waktu, sudut pandang yang ingin digunakan, dan beberapa unsur intrinsik lainnya.

Baca juga : Cara baca novel gratis tanpa beli koin

3. Menciptakan Karakter

Menciptakan karakter juga menjadi persiapan penting yang harus terpenuhi sebelum menulis novel. Kamu harus menentukan karakter-karakter yang akan digunakan dalam novel. Mereka inilah yang akan menentukan apakah novel yang kamu tulis menarik atau tidak.

Sebagai penulis novel, kamu harus menciptakan karakter yang kuat dan nyata. Namun, seperti halnya manusia yang tidak sempurna, sebaiknya kamu juga tetap memberikan kelebihan dan kelemahan pada masing-masing karakter. Sehingga pembaca akan lebih mudah memvisualkan karakter tersebut seakan-akan mereka berada di dunia nyata.

Tokoh yang sempurna tanpa mempunyai kekurangan apa pun akan membuat pembaca merasa aneh, karena pada kenyataannya di dunia ini tidak ada sesuatu hal yang sempurna. Sebab itulah, penting bagimu untuk menciptakan karakter senatural mungkin agar mereka dapat ‘hidup’ dalam novel seperti di dunia nyata.

Kamu dapat menentukan nama untuk setiap tokoh yang akan digunakan, mendeskripsikan penampilannya dengan baik, menentukan ciri fisik, kebiasaan yang melekat dalam diri tokoh, pekerjaan, gaya pakaian, dan lain sebagainya selayaknya manusia di dunia nyata.

4. Tunggu apa lagi ? Mulailah Menulis

Tentu saja untuk menjadi seorang penulis maka kamu harus menulis. Pada tahap inilah kamu akan berjuang untuk mengembangkan ide, bagaimana mengelola konflik dan alur yang jelas dan runtun. Kamu harus membuat pembaca terpikat dengan setiap kalimat yang kamu tulis. Sehingga mereka tidak akan meninggalkan karyamu sebelum membacanya sampai tamat.

Untuk mendapatkan hasil tulisan novel yang baik dan berkualitas, kamu harus lebih sering berlatih dan memperbanyak membaca. Dengan begitu secara tidak sadar tulisanmu akan berkembang dengan sendirinya dan kualitasnya pun akan meningkat.

Cobalah untuk menulis setiap hari walaupun jumlah kata yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Sehingga kamu bisa menciptakan satu novel utuh yang siap untuk diterbitkan menjadi buku. Sebaiknya, kenalkan juga novelmu kepada pembaca dengan mengunggahnya di platform menulis online sebagaimana yang dilakukan oleh para penulis lain.

Tidak perlu terlalu khawatir memikirkan bagaimana cara menjadi penulis novel online. Saat ini sudah banyak platform menulis yang dapat kamu gunakan untuk mempublikasikan karya, seperti Wattpad, GoodNovel, Strorial.co, Hotbuku, Novelme, dan masih banyak platfrom menulis online lain yang bisa membantumu bertemu dengan banyak pembaca dan dilirik oleh penerbit buku.

Baca juga : 10 Langkah dan Cara Menjadi Penulis di Wattpad

Cukup mendaftar atau membuat akun pada aplikasi yang ingin digunakan, lalu unggah karyamu dan share link karya ke media sosial. Buatlah konten promosi yang menarik, dengan begitu kamu akan lebih mudah mendapatkan pembaca dalam jumlah banyak. Nantinya hal tersebut dapat menunjang proses penjualan novelmu ketika telah diterbitkan.

Kesimpulan

Hampir semua orang tahu bila saat ini novel menjadi salah satu jenis buku yang mempunyai banyak peminat. Selain memberikan hiburan bagi pembaca, novel juga dapat ditulis alias diciptakan oleh semua kalangan. Baik pemula atau yang sudah profesional dalam bidang kepenulisan.

Menjadi penulis memang bukan perkara yang dapat digampangkan. Namun, bukan berarti hal tersebut sangatlah sulit dan mustahil untuk dilakukan. Apabila berhasil menerapkan beberapa cara menjadi seorang penulis novel dengan langkah sederhana ini, artinya kamu telah berkembang bahkan tidak hanya satu langkah saja. Dengan begitu kedepannya kamu pasti akan terbiasa membuat sebuah novel bahkan dengan waktu yang terbatas.

Artikel terkait : Cara Menulis Cerpen yang Baik dan Berkualitas

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!