4 Contoh Bisnis Digital Di Indonesia yang Telah Mencapai Kesuksesan

Bisnis digital merupakan salah satu jenis bisnis di bidang jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi pada saat menciptakan sebuah produk atau ketika memasarkannya. Saat ini teknologi digital memang semakin meluas. Bahkan manfaatnya pun sangat beragam, termasuk dalam bidang bisnis. Seperti halnya beberapa contoh bisnis digital di indonesia yang sudah populer hingga saat ini.

Bagi Anda yang mempunyai jiwa enterpreneur, sebenarnya banyak celah bisnis yang keuntungannya terbilang menjanjikan dalam dunia bisnis digital. Bahkan, saat ini banyak orang yang berhasil meraih kesuksesannya dalam kategori bisnis tersebut.

Semua jenis bisnis digital pada umumnya menjual produk secara online, baik menggunakan aplikasi atau website, salah satunya adalah E-commerce. Produk dari bisnis digital ini bisa berupa barang maupun jasa.

Loading...

Contoh bisnis digital di indonesia

Apabila Anda mempunyai kemampuan pada suatu bidang, Anda dapat dengan mudah mengembangkannya dengan memanfaatkan teknologi. Hal ini akan membuat Anda memperoleh omset yang menggiurkan. Seperti halnya beberapa contoh bisnis digital di Indonesia yang sudah populer berikut ini.

1. Gojek

Gojek termasuk aplikasi digital berbasis delivery service dan merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berasal dari Indonesia. Perusahaan yang memberikan pelayanan angkutan melalui jasa ojek ini didirikan di Jakarta oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010.

Saat ini Gojek sudah tersedia lebih dari 49 kota di Indonesia. Bahkan, per November 2021 aplikasi Gojek telah di-download lebih dari 100 juta kali di Google Play Store. Aplikasi Gojek juga menyediakan layanan pembayaran digital yang diberi nama Gopay.

Bahkan, selain di Indonesia, layanan Gojek juga sudah tersedia di beberapa negara lain, seperti Singapura, Vietnam, dan Thailand. Dengan kata lain, Gojek dapat menjadi contoh yang menunjukkan bahwa bisnis berbasis teknologi digital mempunyai potensi yang baik untuk mendapatkan banyak manfaat dan juga keuntungan, baik bagi pemilik maupun pengguna.

2. Tokopedia

Tokopedia juga dapat Anda jadikan sebagai salah satu motivasi untuk membangun bisnis digital. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2009 ini telah berhasil bertransformasi menjadi sebuah unicorn atau perusahaan besar yang mempunyai pengaruh sangat besar tak hanya di Indonesia, tapi juga di Asia Tenggara.

Tokopedia termasuk salah satu marketplace yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia dan merupakan perusahaan perdagangan elektronik yang disebut juga sebagai toko daring.

Resmi diluncurkan di hadapan publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT. Tokopedia. Perusahaan ini didirikan oleh William Tanuwijaya dan juga Leontinus Alpha Edison. Saat ini PT.Tokopedia sudah menjadi salah satu perusahaan di Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat yang berhasil menyabet lebih dari tiga penghargaan ternama.

3. Crownbox Store

Bagi Anda yang suka belanja fashion atau make-up, nama online shop Crown Box pasti sudah sangat familiar. Bermula dari lapak pre-order barang beauty dan fashion di forum Female Daily pada tahun 2013, Crownbox akhirnya mempunyai website store khusus pada tahun 2015 dengan nama Crownboxstore.

Loading...

Crownboxstore bahkan melayani barang ready stock maupun pre-order, baik produk fashion ataupun beauty, barang dari Inggris, Amerika, maupun Australia.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, saat ini produk-produk crownboxstore menjadi sangat terkenal. Mereka menjual berbagai produk perawatan wajah, kosmetik, atau skincare dengan jaminan barang asli dan berkualitas.

4. Ruangguru

Seperti yang telah Anda pahami sebelumnya, bisnis digital selalu berhubungan dengan kecanggihan, perkembangan, serta pemanfaatan teknologi. Seperti halnya PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) yang merupakan perusahaan bisnis digital dari Indonesia yang bergerak pada bidang pendidikan non-formal. Pada tahun 2021 ini Ruangguru telah dinobatkan sebagai perusahaan paling inovatif, meraih peringkat ke-2 dalam kategori pendidikan oleh Fast Company, dan peringkat ke-25 di dunia.

Ruangguru didirikan pada April 2014 oleh Iman Usman dan Belva Devara. Bisnisnya ini menjadi salah satu platform yang menawarkan pembelajaran berbasis kurikulum sekolah melalui video tutorial yang diajarkan oleh guru dan juga animasi di komputer maupun ponsel.

Ruangguru dipercaya sangat membantu para pelajar untuk mendapatkan bimbingan melalui dunia maya. Mayoritas pengguna aplikasi Ruangguru ini adalah siswa-siswi SMP dan SMA. Pengguna Ruangguru pun semakin bertambah dari tahun ke tahun, terlebih saat terdapat penerapan belajar di rumah akibat wabah Covid-19. Bahkan, Ruangguru juga telah melakukan ekspansi pertamanya di tahun 2019.

Tepatnya pada 28 Oktober 2019, Ruangguru sudah meluncurkan aplikasi untuk pasar Vietnam yang diberi nama Kiengguru. Tak hanya itu, bisnis digital dengan sistem pembelajaran yang dilakukan secara online ini juga meluncurkan program televisi Kiengguru di stasiun TV Vietnam.

Baca juga : Aplikasi dompet digital Ewallet terbaik

Penutup

Beberapa contoh bisnis digital di indonesia yang telah disebutkan di atas memang sangat terkenal. Bahkan, hingga saat ini jumlah penggunanya pun semakin bertambah. Jika Anda ingin menekuni bisnis berbasis digital, tak ada salahnya mencoba dari yang paling mudah dilakukan seperti menjadi Youtuber, Instagram Influencer, Mengajar Online, Konsultan SEO, Bisnis Afiliasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Artikel terkait : 4 Survey online terpercaya yang terbukti membayar

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *