5 Contoh Makanan Fungsional yang Mudah Dibuat

Berikut ini merupakan contoh makanan fungsional yang mudah dibuat serta cocok juga untuk sarapan pagi sebelum aktivitas. Karena seperti yang kita ketahui bahwa makanan fungsional merupakan makanan yang mempunyai nilai untuk dikonsumsi. Sehingga berdampak kepada kesehatan tubuh.

Contoh makanan fungsional yang mudah dibuat

1. Kolak pisang

Pada kolak pisang, ada beberapa bahan yang termasuk dalam makanan fungsional yaitu pisang dan santan sebagai makanan fungsional yang termodifikasi. Untuk membuatnya pun sangat mudah karena sudah rutin kita jumpai saat bulan puasa.

Beragam manfaat yang terkandung pada kolak pisang antara lain:

Loading...
  • Pisang yang telah matang dapat memberikan kandungan karbohidrat pada tubuh, serta nutrisi lain seperti kalsium, vitamin B6, vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan kalium untuk menurunkan tensi darah.
  • Meskipun makanan yang bersantan biasanya dikenal berlemak, namun kuah kolak santan ternyata dapat memberikan asupan protein, lemak, kalori, mineral dan karbohidrat pada tubuh.
  • Gula merah mengandung zat gizi, zat besi, kalsium, zinc dan kalium. Sedangkan jenis gula merah aren yang produksinya dilakukan secara tradisional, biasanya lebih diminati karena dianggap lebih sehat dan aman bagi penderita diabetes.

2. Roti panggang

contoh olahan makanan fungsional
Image by Pixabay.com

Jika dibuat dengan cara yang modern, ternyata roti bakar atau panggang merupakan olahan makanan fungsional yang mudah dibuat. Selain itu roti memiliki dua macam bahan baku yang berbeda yaitu tepung dan gandum. Kandungan gizinya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Manfaat roti gandum bagi tubuh yaitu sebagai sumber karbohidrat serta mengandung protein, zat besi, antioksidan, fosfor, sodium, folat, vitamin B, E, dan vitamin K.

3. Bubur kacang hijau

jika disantap ketika masih hangat, bubur kacang hijau cocok untuk sarapan pagi. Selain rasanya yang enak, kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Antara lain :

Loading...
  • Melancarkan pencernaan
  • Detoksifikasi
  • Pencegahan kanker
  • Membantu diet
  • Menjaga sistem imun pada tubuh, kesehatan jantung dan tulang.

4. Sayur bayam

Bayam adalah salah satu bahan makanan fungsional dari alam yang mudah ditemukan. Jenis sayuran ini sering dijual dipasar dan tidak sedikit pula yang menanmnya di sekitar rumah.

Manfaat sayur bayam untuk kesehatan tubuh anatara lain: memelihara kesehatan mata, mencegah kanker, melawan radikal bebas, mencegah asma, mengendalikan tekanan darah dan diabetes.

5. Makaroni skotel

contoh olahan makanan fungsional
Image by Pixabay.com

Menu makaroni skotel ini terdiri dari bahan: makaroni, telur, mentega, susu, keju, dan daging merupakan contoh olahan makanan fungsional yang mudah dibuat.

Loading...

Manfaat makaroni skotel yaitu dapat menambah energi setelah olahraga serta dapat menjadikan suasana hati menjadi bahagia. Selain itu, makanan ini juga dapat menjadi pilihan saat program diet.

Artikel terkait : ide dan peluang usaha pengolahan makanan fungsional

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!