Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pendidikan

Ada beberapa dampak positif dan negatif media sosial bagi dunia pendidikan yang perlu diketahui oleh masyarakat. Terutama bagi pengajar dan orang tua yang akan mendidik anak ataupun murid dalam mencari ilmu.

Terkadang, pelajar hanya memikirkan dampak positif dari media sosial namun seolah mengesampingkan dari sisi lain seperti hal negatif yang bisa terjadi. Padahal, sosial media saat ini sudah banyak digunakan mulai dari anak-anak hingga orang tua yang membutuhkan informasi secara cepat ataupun hanya hobi semata.

Oleh sebab itu, pastikan untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial bagi pelajar serta bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari agar mengetahui batasan dalam penggunaannya.

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Pendidikan

Agar lebih mudah dalam memahaminya, pertama mari kita bahas dari sisi positifnya terlebih dahulu.

#Dampak positif media sosial bagi pendidikan

1. Komunikasi lebih mudah

Dalam media sosial, manfaat yang paling sering dirasakan adalah mudahnya komunikasi tanpa terhalang jarak. Sehingga, saat melakukan diskusi dalam topik tertentu, media sosial memiliki peranan penting dalam melakukan komunikasi maupun pengenalan.

Misalnya, terdapat diskusi terkait tamu untuk acara seminar pendidikan. Sosial media bisa digunakan sebagai salah satu komunikasi yang memudahkan perjanjian. Selain itu, komunikasi bisa dilakukan untuk diskusi kelompok pada saat belajar online di sekolah atau di kampus.

2. Mendapatkan informasi secara cepat dan terupdate

Menggunakan media sosial bisa membantu dalam mendapatkan berita lebih cepat dan terupdate dimana saja dan kapan saja. Termasuk dalam informasi pendidikan yang bisa didapatkan dengan lebih mudah dan cepat.

Dimana pihak kampus atau sekolah saat ini telah memanfaatkan berbagai akun sosial media seperti facebook, instagram, channel youtube, twitter dan lain sebagainya guna menyebarkan informasi atau promosi.

3. Meningkatkan kreativitas

Manfaat sosial media bagi pendidikan adalah meningkatkan kreativitas. Hal itu bisa terjadi karena adanya referensi yang banyak untuk meningkatkan imajinasi bagi murid. Kreativitas melalui media sosial bisa dilihat dalam bentuk video yang mudah dipahami.

Imajinasi pun semakin meningkat dengan banyaknya pengguna sosmed yang membagikan cerita atau pengetahuan yang mereka miliki. Sehingga kreativitas yang diciptakan tidak akan terbatas.

#Dampak Negatif Sosial Media Bagi Pendidikan

Setelah di atas kita membahas dari sisi positifnya, berikut ini merupakan beberapa dampak negatif media sosial bagi pendidikan, antara lain:

1. Mengurangi interaksi dengan teman terdekat

Media sosial memang menjadi alternatif untuk komunikasi jarak jauh. Tetapi, dampak negatif dari penggunaannya yang bisa terjadi yaitu dapat menyebabkan kurangnya interaksi pada orang sekitar karena pengaruh gadget.

Misalnya, di saat jam istirahat yang seharusnya bisa di manfaatkan untuk ngobrol atau bercengkrama dengan teman, kebanyakan waktu tersebut malah digunakan untuk bermain sosmed atau berselancar dengan gadget mereka. Sehingga, kepedulian terhadap sesama menjadi berkurang.

Pendidikan bisa didapat bukan hanya dari buku saja, tetapi melalui interaksi secara langsung kepada guru maupun orang lain. Sayangnya, dengan adanya media sosial, kemampuan untuk melakukan interaksi tersebut sudah tidak se intens dulu.

2. Kurangnya menggali informasi lebih lanjut

Kurangnya menggali informasi bisa menjadi salah satu dampak negatif dari media sosial. Hal itu disebabkan, karena mudahnya mendapatkan informasi hanya dengan sekali ketik saja.

Sayangnya, informasi yang diterima belum tentu benar karena hanya melihat status dari media sosial yang dirasa sudah lengkap. Padahal bisa saja informasi itu belum valid dan hanya diperbincangkan saja.

3. Dapat berbahaya pada kesehatan mental

Kesehatan mental bisa saja terjadi karena penggunaan media sosial yang tidak benar. Contohnya, ketika terjadi perdebatan di kolom komentar sosial media, seringkali seseorang mendapat ucapan kasar atau bully sehingga bisa berdampak pada masalah kesehatan mental yang serius bagi yang menerimanya.

Baca juga : Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja dan Gaji Besar

Penutup

Adanya dampak positif dan negatif media sosial bagi pendidikan memang tidak dirasakan dalam waktu yang cepat. Tetapi, orang tua harus memantau bagaimana kebiasaan anak dalam menggunakan gadget agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Tujuannya, agar manfaat media sosial bisa didapatkan dalam sisi yang positif.

Baca juga :

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.