Fakta Dunia Kerja yang Perlu Anda Ketahui

Dunia kerja itu nyatanya nggak seperti apa yang kita kira sebelumnya. Ada banyak sekali hal – hal yang dapat membuat semangat dan sebaliknya. Oleh sebab itu, ketahuilah fakta dunia kerja mulai dari sekarang.

Agar Anda mempunyai persiapan yang matang. Terutama mental dan sikap kesabaran yang tinggi.

Loading...

Untuk itu, pada artikel ini akan saya bagikan kumpulan tips dan pandangan tentang dunia kerja yang akan membantu Anda mengenal serta memahami tentang kenyataan dunia kerja saat ini.

Fakta Dunia Kerja

Sebelum lebih jauh, terlebih dahulu akan kita bahas beberapa pertanyaan seputar dunia kerja

Dunia kerja itu seperti apa?

Mulai tahun 2009 hingga sekarang jika dihitung sudah lebih dari 11 tahun saya bekerja di beberapa tempat kerja. Jadi, saya akan mencoba menjawabnya sesuai dengan pengalaman saya pribadi.

Secara garis besar, dunia kerja itu kejam. Ya, Anda nggak salah baca. Karena memang itulah faktanya.

Kenapa saya bicara demikian ?

Karena semua sifat asli manusia akan terlihat jika sudah berurusan dengan yang namanya uang. Dan salah satunya bisa kita dapati di tempat kerja. Jadi, dimanapun tempat kerja Anda nanti, Anda harus bersiap untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi.

Apa kiat sukses masuk dunia kerja?

Pada awal pembukaan artikel ini, sudah saya singgung mengenai mental dan kesabaran. Ya, kedua hal tersebut merupakan kunci utama selain skill atau keahlian Anda.

Kerena, meskipun Anda seorang ahli atau seberapapun hebatnya kemampuan Anda, tapi jika nggak punya mental yang kuat maka itu akan menjadi masalah.

Selain itu, Anda juga harus punya kesabaran tingkat tinggi untuk menghadapi segala tekanan yang pasti akan terjadi dalam pekerjaan apapun.

Apa saja hal yang penting dalam bekerja?

Berikut ini merupakan hal-hal penting dalam bekerja.

  • Skill
  • Disiplin
  • Tanggung jawab
  • Etika
  • Kejujuran
  • Giat/etos kerja
  • Komunikasi
  • Jiwa Sosial
  • Empati

Baca juga : Tips mendapatkan pekerjaan impian

Masalah dalam dunia kerja

Setelah lebih dari 11 tahun saya bekerja, rasanya banyak sekali masalah yang telah terjadi selama ini. Mulai dari masalah dengan rekan kerja yang kadang terjadi hanya karena salah paham.

Ataupun kerana memang ada orang yang nggak suka dengan kita. Menurutku Itu merupakan hal wajar yang juga di alami oleh banyak orang diluar sana.

Jadi, Anda harus siap dengan semua kemungkinan yang bakal terjadi. Dan seandainya terjadi masalah kelak, maka jangan sampai terbawa suasana sampai esmosi hingga dapat berakibat buruk pada karir Anda.

Tantangan dan kerasnya dunia kerja

Nggak dapat dipungkiri bahwa semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, telah berdampak pada sumber daya manusia yang ada.

Meskipun pada dasarnya, teknologi yang ada bertujuan untuk menjawab tentangan di dunia kerja saat ini. Namun di sisi lain, kita sebagai pekerja harus mengupgrade skill secara berkala.

Jika kita nggak mampu, maka harus siap di ganti dengan orang lain yang mampu melakukannya. Jadi, jangan heran, meskipun selama ini Anda sudah melakukan semuanya tapi itu nggak menjamin bahwa suatu saat Anda akan bertahan di masa depan.

Selama Anda menjadi anak buah di posisi apapun, maka Anda harus siap dengan tekanan yang diberikan oleh atasan. Mulai dari tugas yang diberikan oleh atasan dan harus mencapai target. Maupun risiko-risiko yang kerap terjadi saat bekerja.

Misalnya, jika kerjaan kita mengurus tentang keuangan, maka kita harus sadar risiko apa saja yang menyertainya. Atau, jika kita kerja di listrik, maka kita harus siap kesetrum listrik. Dan masih banyak lagi contoh lainnya yang pasti Anda sudah maksud kan ?

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang fakta dunia kerja yang telah kita bahas di atas, intinya dunia kerja itu keras.

Jika Anda nggak mampu menghadapi segala permasalahan yang kerap terjadi saat bekerja, maka Anda juga nggak akan mampu menghadapi tantangan lainnya.

Jadi, pastikan bahwa Anda mempunyai skill yang selalu di upgrade sesuai perkembangan zaman untuk menjawab segala tantangan yang ada.

Loading...

Artikel terkait : Cara melamar kerja via whatsapp

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!