Fakta Tentang Dunia Perkuliahan, Calon Mahasiswa Wajib Baca !

Ada banyak sekali fakta tentang dunia perkuliahan yang mungkin belum banyak diketahui. Terutama bagi kamu yang sekarang masih SMA, atau yang sedang bersiap buat daftar kuliah.

Loading...

Dunia kampus sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan kehidupan sekolah atau semasa SMA. Jika sebelumnya kamu bisa dengan mudah mendapatkan nilai, maka saat kuliah bisa dibilang sangat nggak mudah.

Karena di kehidupan kuliah, kamu nggak bisa lagi bergantung pada guru atau teman. Apalagi soal urusan tugas kuliah atau nilai, semuanya benar – benar tergantung dari usaha yang kamu lakukan.

Fakta Tentang Dunia Perkuliahan

Berikut ini merupakan artikel tentang kehidupan kampus dari sepenggal pengalaman yang saya dapatkan semasa kuliah.

Apa saja yang dilakukan saat kuliah ?

Berikut ini adalah hal-hal yang akan dilakukan saat menjadi mahasiswa :

  • Membuat KRS
  • Belajar di kelas atau belajar online
  • Mencari referensi (buku, internet, dll)
  • Mengikuti kegiatan kampus atau UKM
  • Aktif di organisasi (opsional)

Ada berapa semester dalam kuliah ?

Rasanya sangat jarang sekarang ini yang ngambil kuliah cuma sampe D 3. Jadi, jika kamu ngambil jenjang S 1, maka normalnya kamu harus menjalani 8 semester dan menyelesaikannya tepat waktu.

Tapi jika kamu nggak fokus dan asal-asalan saat kuliah, maka bisa jadi kamu akan menjalani lebih dari 8 semester. Emang kamu mau jadi mahasiswa abadi ?

Kegiatan awal masuk kuliah

Kegiatan mahasiswa baru yang sudah menjadi tradisi dan masih dilakukan yaitu Ospek atau Kulta. Kegiatannya agak mirip seperti saat pertama kali kamu masuk SMA. Cuma kalo di kampus levelnya sudah berbeda.

Jika di kampus Negeri biasanya disebut dengan ospek. Kalau di kampus berbasis agama biasanya disebut kulta atau kuliah taaruf. Intinya adalah mengenalkan mahasiswa baru pada kampus dan lain sebagainya.

Tiap kampus mempunyai kegiatan, cara dan mungkin nama kegiatan yang berbeda. Biasanya di perguruan tinggi negeri atau kampus yang bonavit, kegiatannya masih cukup ketat. Tapi juga nggak selalu demikian.

Pelajaran kuliah semester 1

Pelajaran yang ada di semester 1 merupakan mata kuliah dasar. Contohnya Bahasa Inggris, Pkn, Bahasa Indonesia, Agama dan lainnya. Khusus pelajaran Matematika biasanya untuk jurusan tertentu saja.

Selebihnya merupakan mata kuliah wajib dari masing-masing jurusan yang kamu ambil.

Kegiatan belajar di kampus

Kalo inget pas zaman kuliah dulu, rasanya kegiatan belajar di kampus itu paling menyenangkan. Karena banyak banget memori bareng temen sekelas yang membekas.

Loading...

Tingkah mereka yang gokil saat jam kosong. Candaan tak terduga saat ada dosen. Dimarahin dosen karena ribut di kelas. Ngerjain tugas bareng dan terkadang adu argumen saat presentasi hingga debat pun tak terelakan.

Dan masih banyak banget kenangan yang membekas saat aktifitas belajar di kampus. Tentu ini nggak akan kamu dapetin di tempat lain. Apalagi dengan model belajar online saat ini karena dampak pandemi.

Kegiatan kuliah

Selain kegiatan belajar, kamu bisa mengikuti kegiatan organiasi internal dan eksternal. Secara umum organisasi mahasiswa yang bersifat internal yaitu, koperasi mahasiswa, dewan mahasiswa (BEM), seni, bela diri, kegiatan keagamaan dan lain-lain.

Sedangkan kegiatan organisasi mahasiswa yang bersifat eksternal meliputi bidang sosial, politik, organisasi kepemimpinan dan masih banyak lagi. Intinya kamu bisa mengikuti kegiatan yang di inginkan sesuai passion atau keinginan.

Fakta anak kuliahan

Terlepas dari berbagai pandangan orang lain tentang anak kuliahan, berikut ini merupakan fakta mahasiswa yang mungkin belum kamu ketahui.

  1. Ada yang kutu buku dan rajin banget masuk kuliah
  2. Ada yg sukanya sendiri dan jarang kumpul bareng teman
  3. Yang males-malesan saat ngerjain tugas
  4. Ada juga yang sukanya bolos dan jarang masuk kelas
  5. Ada mahasiswa abadi yang nggak lulus-lulus karena terlalu sibuk dengan kegiatan luar atau urusan lain
  6. Beberapa teman saat kuliah sangat cocok dijadikan sahabat sejati
  7. Ada yang jarang bawa duit karena memang kuliah mandiri tanpa bantuan orang tua.

Baca juga : Pengalaman kuliah sambil kerja

Dan masih banyak banget fakta lain yang nanti bakal kamu temui sewaktu menjadi mahasiswa.

Bahasa anak kuliahan

Secara umum, bahasa yang dipakai oleh anak kuliahan ketika di kampus adalah bahasa Nasional. Tapi di beberapa wilayah ada yang menggunakan bahasa daerah masing-masing ketika bertemu dengan teman sekampung.

Namun, sebaiknya kamu harus pandai menyesuaikan bahasa dengan bijak. Karena jika kamu nggak mampu beradaptasi dengan bahasa yang digunakan di dalam/lingkungan kampus, maka hal itu bisa membuatmu nggak nyaman.

Kesimpulan

Artikel tentang fakta kuliah dan kehidupan kampus yang telah kamu baca ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai fakta tentang dunia perkuliahan.

Ini merupakan hal yang harus diketahui mahasiswa baru. Agar saat menghadapi hari pertama kuliah, kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Terutama mental yang kuat.

Karena, mulai dari nilai, IPK, cepat atau lambatnya meraih gelar sarjana, semuanya bergantung dari seberapa besar usahamu untuk mendapatkannya.

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!