7 Hal Penting yang Tidak Boleh Diabaikan dalam Mengelola Bisnis

Sebagai seorang pengusaha, tentu kita harus mengerti bagaimana cara mengelola bisnis atau usaha agar dapat berjalan dengan efektif untuk jangka panjang. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan kita bahas beberapa hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam mengelola bisnis.

Hal tersebut bertujuan agar kita terhindar dari kerugian. Meskipun, tentu pada setiap bisnis pasti akan ada resiko yang menyertainya. Namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang perlu ditakutkan secara berlebihan.

Hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam mengelola bisnis adalah:

1. Sumber dan penggunaan modal usaha

Modal usaha menjadi permasalahan yang paling sering kita temukan. Bagi pengusaha pemula yang kesulitan mendapatkan modal, biasanya akan meminjam di Bank. Inilah titik awal yang menentukan sukses atau tidaknya bisnis yang akan dijalankan.

Loading...

Biasanya, bagi mereka yang tidak mempunyai perhitungan yang matang, akan terlilit oleh hutang Bank. Jadi, apabila Anda akan mengambil jalan tersebut, cobalah bijak dalam penggunaan modal usaha Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

2. Nama Merek/Brand

Merek dalam bisnis merupakan sebuah identitas yang akan membantu brand atau usaha Anda lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas. Beberapa contoh nama brand lokal Indonesia yang telah mendunia saat ini yaitu: Eiger, Polygon, Polytron, Silverqueen, Indomie, Tolak Angin, dan lainnya.

Dari produk yang telah disebutkan di atas, pasti Anda sudah mengenalnya bukan ? Jadi, pastikan nama merek pada bisnis Anda dibuat dengan hati-hati, unik dan pastikan itu mudah di ingat.

Loading...

( Baca Juga : Kesalahan dalam membangun bisnis )

3. Izin Usaha Resmi

Di sebagian daerah mungkin masih ada beberapa pengusaha yang belum mempunyai izin usaha resmi. Entah karena menyepelekan atau mungkin karena ketidak tahuan. Padahal itu sangat penting untuk meyakinkan bisnis Anda kepada konsumen.

Selain itu, hal tersebut juga berguna agar bisnis Anda mempunyai kekuatan di mata hukum. Sehingga, jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, maka akan lebih mudah dalam proses pengurusannya.

Loading...

4. Inovasi Produk

Inovasi produk sangat penting dalam manajemen bisnis. Melakukan inovasi atau membuat berbagai terobosan baru akan mendorong pengusaha untuk melakukan riset guna mengetahui apa yang di inginkan konsumen/pelanggan.

Hal tersebut harus dilakukan agar produk jualan Anda tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Karena setiap tahun atau waktu tertentu, minat konsumen akan mengalami perubahan.

5. Melakukan pemasaran yang tepat

Sebagai seorang pengusaha, kita harus mengetahui tahapan dalam mengembangkan bisnis. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan yaitu dengan memaksimalkan media promosi online dan offline.

Loading...

Hal tersebut bertujuan agar produk jualan atau bisnis Anda lebih cepat dikenal oleh banyak orang sehingga peluang peningkatan penjualan akan lebih besar. Untuk lebih jelasnya silahkan dapat Anda pelajari pada artikel di bawah ini.

Artikel terkait : contoh pemasaran offline

6. Memiliki program khusus pelanggan

Apabila Anda telah mempunyai konsumen yang dapat di andalkan, cobalah untuk membuat program loyalitas pelanggan. Berikan mereka reward atau penghargaan dalam bentuk poin misalnya.

Loading...

Jadi, poin yang dikumpulkan tergantung dari berapa banyak mereka belanja. Setelah terkumpul, poin tersebut nantinya dapat ditukarkan menjadi barang belanjaan sesuai nominal yang telah ditentukan.

7. Pemilihan mitra bisnis

Apabila skala bisnis Anda sudah mulai berkembang, maka Anda harus mencari atau memilih partner yang tepat. Karena seorang pengusaha pasti membutuhkan campur tangan orang lain atau mitra dalam bisnisnya.

Salah satu tujuannya yaitu untuk mengembangkan bisnis tersebut menjadi lebih besar. Hal ini sudah umum dilakukan oleh para pengusaha sukses di dunia saat ini. Jadi, jika Anda mempunyai relasi yang dapat di andalkan, maka manfaatkan peluang tersebut sebaik mungkin.

Loading...

Penutup

Demikianlah beberapa hal penting yang tidak boleh diabaikan dalam mengelola bisnis. Adapun hal penting lainnya yang harus menjadi perhatian utama bagi para pengusaha yaitu tentang manajeman resiko. Akan kita bahas dilain waktu jika Anda membutuhkannya.

Selain itu, hal utama yang dibutuhkan dalam bisnis agar berjalan lancar dan sukses adalah dengan fokus dan kesabaran untuk menjalani setiap prosesnya. Meskipun pada kenyataannya, tidak ada yang benar-benar lancar 100% dalam bisnis.

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!