7 Ide Jualan di Bulan Puasa yang Menguntungkan

Ramadhan menjadi bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia khususnya warga +62. Selain dianggap sebagai bulan penuh berkah dan menjadi ladang pahala, bulan puasa juga dikategorikan sebagai ladang rezeki. Pasalnya, banyak sekali ide jualan di bulan puasa yang keuntungannya cukup menjanjikan jika ditekuni.

Ide berjualan di bulan puasa akan tetap laku dari tahun ke tahun. Hanya saja Anda perlu menambahkan sedikit variasi untuk membedakan menu dagangan Anda dengan para penjual lainnya. Sehingga para konsumen akan lebih tertarik untuk membeli menu jualan yang Anda sediakan.

Ide Jualan di Bulan Puasa yang Menguntungkan

Bulan Ramadhan tidak hanya dapat meningkatkan pahala ibadah, tapi juga memberikan dampak positif untuk meningkatkan pendapatan ekonomi sebagian besar pelaku bisnis, khususnya yang bergerak dalam bidang penjualan busana muslim hingga makanan. Berikut beberapa ide jualan saat bulan puasa yang dapat Anda coba.

1. Jualan Kurma dan Takjil kekinian

Ide jualan takjil Ramadhan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memperoleh keuntungan dalam waktu cepat. Ide usaha yang satu ini memang sangat potensial untuk dilakukan.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa kurma dan takjil lokal menjadi menu identik yang selalu diserbu umat muslim ketika ngabuburit atau waktu menjelang berbuka puasa.

Anda dapat menjual aneka takjil yang lagi trend saat ini dan disukai oleh setiap kalangan. Dengan demikian setiap orang bisa membelinya, mulai dari anak-anak hingga orang dwasa. Sehingga bisnis kekinian yang Anda tekuni ini akan mendatangkan banyak keuntungan walaupun hanya dijalankan selama bulan Ramadhan.

2. Jualan Minuman Segar

Setelah melewati hari yang cukup melelahkan dan menguras tenaga, kebanyakan orang akan mencari menu berbuka puasa yang segar-segar. Oleh karenanya Anda perlu memikirkan ide kreatif di bulan Ramadhan dengan menjual minuman yang tak hanya segar saat dipandang, tetapi juga saat dikonsumsi. Dengan demikian, pada hari-hari berikutnya Anda akan kebanjiran pelanggan.

Meskipun makanan dapat mengenyangkan, tapi makanan yang dikonsumsi tidak bisa melepaskan dahaga seperti halnya minuman.

Bisnis minuman segar memang sangat potensial untuk ditekuni saat bulan puasa. Jika ingin melakukannya, Anda bisa menjual Es cendol, es cincau, sop buah, es kelapa muda, es jeruk, aneka jus, boba, dan lain sebagainya yang memang bermanfaat untuk mengobati rasa haus.

3. Bisnis Catering untuk Buka Puasa dan Sahur

Bisnis catering tidak hanya dapat dijalankan secara offline, tapi juga bisa menjadi ide jualan online bulan puasa yang banyak diminati. Pelanggan bisa datang langsung ke tempat Anda atau memesannya secara online.

Keuntungan dari usaha catering memang terbilang menjanjikan. Apalagi saat ini banyak orang yang malas repot untuk mengolah makanan karena padatnya kesibukan yang mereka miliki.

Oleh sebab itulah kebanyakan di antara mereka lebih memilih makanan siap saji untuk menu berbuka puasa maupun sahur. Ditambah, tinggal klik order via go food dan aplikasi sejenisnya, pesanan Anda sudah datang ke rumah dalam waktu singkat.

Jadi, cobalah Anda membuka jasa catering untuk acara khusus dalam jumlah banyak, seperti sahur dan buka bersama, kemudian menyediakan jasa antar katering ke tempat pemesan.

Jika menu makanan yang Anda padukan ternyata memang cocok di lidah konsumen, tak perlu kaget bila nantinya Anda akan kebanjiran orderan. Karena itulah Anda perlu memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin.

4. Bisnis Busana Muslim

Ide bisnis saat bulan Ramadhan yang tak kalah menguntungkannya yaitu dengan menjual busana muslim. Bulan puasa memang merupakan bulan suci, di mana baik perempuan maupun laki-laki berlomba-lomba untuk memaksimalkan ibadahnya mulai dari hal yang sangat sederhana, seperti dengan berbusana tertutup dalam kesehariannya. Terlebih saat Hari Raya Idulfitri.

Menjelang hari raya pastinya orang akan berbondong-bondong memilih pakaian yang terbaik untuk digunakan di hari kemenangan setelah menahan haus dan lapar serta hawa nafsu selama satu bulan penuh.

Anda harus bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual busana muslim. Sebab bisnis yang satu ini tidak akan ada matinya, yang mana Anda tetap bisa melanjutkan berjualan walupun bulan Ramadhan telah selesai.

Bahkan, Anda juga bisa menjualnya secara online untuk memperoleh target pasar yang lebih luas.

5. Berbisnis Toples Unik dan Aneka Kue Kering

Menjelang lebaran, toples unik dan kue kering menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Sebab setiap orang pasti ingin menyuguhkan makanan dengan cita rasa terbaik kepada tamu yang datang ke rumah.

Karena itulah Anda harus memanfaatkan ini sebagai ide kreatif di bulan ramadhan untuk mengumpulkan banyak keuntungan. Jika Anda memang tidak bisa membuat aneka kue kering sendiri, Anda bisa mencoba menjadi dropshipper atau reseller dari hasil olahan kue teman ataupun saudara Anda.

Untuk menambahkan nilai jualnya, Anda bisa mengemas aneka kue kering pada toples unik, atau bisa juga bila hanya ingin menjual toplesnya saja. Keduanya sama-sama berpotensi mendatangkan banyak keuntungan, terlebih bila Anda juga berani memasarkannya secara online.

6. Bisnis Oleh-oleh Lebaran

Ketika menjelang lebaran biasanya banyak orang yang ingin mudik ke kampung halaman. Karena hal tersebut pula banyak di antara mereka yang ingin membawa oleh-oleh. Bisnis yang satu ini bisa menjadi ide usaha makanan di bulan ramadhan yang sangat menguntungkan.

Anda bisa membuat oleh-oleh khas daerah sendiri dan mengemasnya dengan tampilan yang cantik sehingga dapat menarik perhatian pembeli.
Jika tak memiliki banyak waktu, Anda juga masih bisa membeli langsung dari supplier agar harganya lebih murah.

Kemudian Anda dapat menjualnya secara online maupun offline, serta bisa juga dengan menitipkannya di toko oleh-oleh yang sering dikunjungi banyak orang.

7. Parsel Lebaran

Usaha parsel lebaran termasuk ide jualan bulan puasa modal kecil yang juga cocok dijalankan saat Ramadhan. Karena ketika menjelang lebaran, banyak orang yang ingin mengirimkan bingkisan sebagai hadiah perayaan kepada teman, klien, atau sanak saudara mereka.

Apabila ingin menekuni bidang ini, Anda harus bisa memadukan isi parsel yang unik dan menarik. Selain itu juga perhatikan bagaimana pengemasannya agar terlihat rapi dan manis.

Sebab tampilan serta isi parsel akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen ketika mereka ingin memesan parsel lebaran. Karena itulah Anda harus lebih kreatif dalam mengelolanya.

Misalnya dengan mengkombinasikan isi parsel antara aneka kue kering dengan peralatan makan, atau mengisinya dengan aneka kue kering dan set peralatan ibadah.

Penutup

Demikian beberapa ide jualan di bulan puasa yang berpeluang untuk mendapatkan banyak keuntungan. Selain beribadah dengan tekun, Anda juga bisa memanfaatkan momen Ramadhan dengan pilihan ide bisnis yang telah kami paparkan di atas.

Baca juga :

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.