Health

Aman Tak Membahayakan Janin, Inilah 13 Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Ibu Hamil

Banyak orang menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi jamu-jamuan demi menjaga kesehatan janin, salah satunya jamu kunyit asam untuk ibu hamil. Minuman tradisional menyegarkan yang pastinya disukai oleh berbagai kalangan ibu hamil tersebut memang diyakini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Kunyit asam sendiri memiliki khasiat yang baik untuk mempertahankan kondisi tubuh. Pasalnya kunyit ini mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, kurkumin, protein, karbohidrat, zat besi, fosfor, hingga kalsium. Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan ibu hamil?

13 Manfaat Jamu Kunyit Asam untuk Ibu Hamil

Sebenarnya ibu hamil boleh-boleh saja minum jamu kunyit asam. Hanya saja, konsumsinya harus sesuai dosis kunyit untuk ibu hamil dan jangan dikonsumsi secara terus-menerus karena mampu memicu pendarahan dan kontraksi janin. Dengan mengonsumsinya sesuai aturan, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat seperti berikut ini.

1. Mengontrol Berat Badan Ibu Hamil

Untuk ibu hamil yang sering cemas karena berat badan semakin tidak terkontrol, cobalah rutin mengonsumsi jamu kunyit asam. Jamu ini memang dikenal sebagai ramuan pelangsing tubuh. Jangan biarkan badan Anda terlalu gemuk karena akan membahayakan janin dan jamu kunyit asam bisa membantu proses pembuangan lemak dalam tubuh Anda.

2. Detoksifikasi Racun

Manfaat jamu kunyit asam untuk ibu hamil selanjutnya yaitu menjadi andalan untuk mendetoksifikasi racun. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh berpotensi mengganggu kesehatan janin. Inilah kenapa Anda harus mengonsumsi jamu kunyit asam yang akan mengeluarkan racun dari tubuh sekaligus menangkal virus dan bakteri.

3. Antidepresan Alami

Tahukah Anda, jamu kunyit asam berkhasiat untuk mengurangi depresi, stress, dan cemas yang sering dialami oleh ibu hamil. Tidak hanya sampai disana saja, mood swing yang disebabkan karena PMS juga dapat diatasi dengan jamu kunyit asam yang memiliki sifat alami pada curcumin.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit asam untuk ibu hamil muda berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh karena adanya kandungan kurkumin sebagai zat antioksidan. Selain itu, kunyit asam juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Jika Anda mengonsumsinya, tubuh akan terasa lebih segar dan tidak mudah sakit atau lelah.

5. Mengatasi Pembengkakan

Pembengkakan memang bukan masalah baru bagi ibu hamil. Namun Anda tetap harus mengatasinya yaitu dengan meminum jamu kunyit asam untuk ibu hamil. Kurkumin yang ada didalamnya berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan pada kaki sekaligus meredakan rasa nyeri yang Anda rasakan.

6. Membersihkan Saluran Pencernaan

Ramuan kunyit asam dipercaya dapat membersihkan saluran pencernaan dengan membantu pelepasan empedu. Nantinya enzim pencernaan dapat bekerja secara lebih optimal. Dengan rutin minum jamu kunyit asam untuk ibu hamil, Anda tidak perlu khawatir lagi terkait masalah gangguan pencernaan.

7. Mencerahkan Kulit

Ingin punya kulit yang lebih cerah selama masa kehamilan? Inilah saatnya Anda mulai membiasakan diri minum jamu kunyit asam. Pasalnya asam mengandung
antioksidan dan vitamin C yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Jamu untuk ibu hamil yang satu ini juga efektif mengobati sejumlah masalah kulit.

8. Mencegah Kanker

Kandungan yang ada di dalam asam kunyit memang luar biasa, salah satunya dapat mencegah kanker pada ibu hamil dan wanita pada umumnya. Kunyit asam memang mengandung zat antikanker untuk mencegah sekaligus mengurangi penyebaran kanker ke seluruh tubuh. Jadi pastikan Anda meminumnya secara rutin.

9. Meminimalkan Kerusakan Sel

Jamu kunyit asam untuk ibu hamil mampu meminimalkan kerusakan sel tubuh. Hal ini karena jamu tersebut memiliki antioksidan di dalamnya yang berguna untuk
memerangi radikal bebas. Kandungan tersebut berperan sebagai booster bagi imun tubuh sehingga mampu menjadi senjata untuk mencegah kerusakan sel.

10. Obat Kembung

Selama masa kehamilan, Anda mungkin sering mengalami kembung. Namun jangan khawatir karena masalah tersebut dapat diobati dengan meminum jamu kunyit asam. Kurkuminoid yang ada di dalam kunyit asam efektif mengurangi inflamasi pada sistem pencernaan. Tidak heran kalau jamu ini baik untuk detoks.

11. Mencegah Diabetes

Diantara banyaknya khasiat jamu kunyit asam, ternyata ramuan tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Jamu kunyit asam untuk ibu hamil mampu mengontrol kadar hormon dalam tubuh serta mencegah lonjakan gula darah sehingga Anda pun bisa terhindar dari risiko diabetes selama hamil.

12. Mengobati Sakit Kepala

Ibu hamil yang sering mengalami sakit kepala harus rajin mengonsumsi jamu kunyit asam. Bagaimana tidak, metode alamiah yang satu ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya seperti obat pada umumnya. Namun pastinya Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya.

13. Mengatasi Keputihan

Walaupun keputihan selama masa kehamilan adalah hal yang normal, tetapi sebaiknya segera diatasi dengan meminum jamu kunyit asam. Apalagi jika keputihan tersebut dirasa cukup parah, Anda harus mengonsumsi jamu ini sebagai sumber antioksidan. Minumlah jamu kunyit asam secukupnya sampai keputihan membaik.

manfaat jamu kunyit asam
https://www.sidomuncul.co.id/id/product/kunyit_asam.html

Kini Anda tidak perlu repot meracik jamu kunyit asam untuk ibu hamil sendiri. Kunyit Asam Sidomuncul hadir dengan kandungan Curcuma Domestica Rhizoma Extract dan Tamarindi Indica Pulpa Extract yang menyegarkan tubuh dan membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan pada ibu hamil. Yuk dapatkan kesegaran dan kesehatan yang optimal dengan Kunyit Asam Sidomuncul sekarang juga!

Baca juga : Peran sidomuncul dengan produk herbal unggulannya.

Rio

Praktisi Bisnis Digital