Jual Makanan Online yang Laris di Kampung

jual makanan online yang laris
Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Jual Makanan Online yang Laris di Kampung – Apakah Anda mencari ide untuk jual makanan online yang laris ? Atau Anda sudah punya usaha di rumah tapi ingin mencoba menjualnya secara online ? Jika pertanyaan ini tepat untuk Anda, maka disini saya akan berbagi sesuai dengan pengalaman dan apa yang saya ketahui selama ini tantang bisnis usaha makanan online.

Sebenarnya ada banyak jenis jualan makanan online yang laris di kampung dan dapat dijalankan dengan mudah. Hanya saja, terkadang kita tidak mau mengambil peluang yang ada tersebut. Jadi, mari kita bahas lebih lanjut.

Jual makanan online yang laris di kampung

1. Jualan salad buah

Inspirasi jualan makanan online yang pertama adalah dengan berjualan salad buah. Beberapa bulan sebelum hadirnya si covid, usaha istri saya telah cukup sukses menjalankan bisnis jualan salad buah. Hanya dengan modal kurang dari 200.000 Rupiah, modal langsung kembali dan untung seterusnya.

Dengan modal tersebut, kami belikan untuk kebutuhan bahan – bahan pokok salad buah seperti :

  • Susu kental manis
  • Keju
  • Mayonise
  • Yogurt
  • Buah

Singkat cerita, langkah pertama yang kami lakukan untuk memulai penjualan adalah dengan menggunakan media promosi online yang terbukti ampuh agar jualan laris. Hanya dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook dan whatsapp hasilnya benar- benar efektif.

Di hari pertama kami jualan salad buah, pembeli rata-rata adalah teman kami di lingkungan kerja. Karena memang target nya adalah semua teman yang ada di kontak hp maupun teman dekat fb saya dan istri.

Setelah beberapa waktu berjalan sekitar dua bulan, dari modal awal seperti yang telah saya sebutkan diatas, omset kami saat itu telah mencapai sekitar 1 juta Rupiah. Hasilnya luar biasa diluar perkiraan kami.

Saat itu, kami bisa saja mendapatkan hasil berlipat ganda. Namun karena kesibukan kami bekerja di sekolah maka tidak ada waktu untuk memperluas jangkauan. Dan jualan online yang kami lakukan memang hanya sebatas pada lingkungan tempat kerja dan tetangga.

2. Jual makanan online katering

Usaha makanan rumahan online selanjutnya yaitu dengan membuka usaha katering. Tepat di sebelah rumah kami adalah warung makan lamongan. Ya begitulah namanya. Warung tersebut sangat terkenal dengan menu ayam goreng, bebek goreng dan lainnya.

Namun yang paling laris adalah menu nasi dengan ayam. Apalagi jika ada sekolah disekitar warung lamongan yang sedang mengadakan acara seperti rapat atau acara apapun yang membutuhkan konsumsi makan siang misalnya. Pasti warung tersebut kebanjiran orderan, mulai dari 30 sampai 50 bungkus.

Alasan kenapa warung tersebut laris selain makanannya enak adalah karena mereka melayani pesanan via online. Hanya cukup order melalui wa atau fb, mereka siap melayani katering diantar sampai tujuan dengan bayaran belakangan.

Jadi, jika Anda mempunyai keahlian memasak dan di lingkungan Anda saat ini ada peluang untuk jual makanan online yang laris seperti contoh diatas, kenapa tidak ?

3. Jualan Gorengan

Tips jualan makanan online yang ketiga yaitu dengan membuka jualan gorengan secara online. Kalau dihitung, ada labih dari 10 penjual gorengan di sepanjang jalan di 1 kampung kami saja. Dan anehnya setiap tahun selalu bertambah jumlahnya. Apalagi di dekat pasar desa kami. Rasanya penjual gorengan berjejeran seperti jualan pas ada orang hajatan.

Jika dilihat, beberapa pembeli rata-rata menyayangkan kenapa mereka tidak ada yang menjualnya secara online. Setelah saya amati, ternyata rata-rata para penjual tersebut adalah dari kalangan orang dulu seperti ibu-ibu yang belum terbiasa dengan smartphone.

Dirumah ada sih hp android, Cuma yang pegang kan anaknya. Karena taunya mereka hanya jualan dan tidak sempat memikirkan untuk memasarkan nya secara online. Padahal jikalau dilihat dari peluang yang ada, Gorengan merupakan salah satu jenis jualan makanan online yang laris di kampung.

Sepertinya itu saja ide jualan online makanan paling laris yang dapat saya bagikan dalam postingan kali ini, jika Anda mempunyai ide lain untuk ditambahkan jangan sungkan untuk membagikannya di sini. Semoga bermanfaat.

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

2 thoughts on “Jual Makanan Online yang Laris di Kampung

  • Agustus 3, 2020 pada 19:30
    Permalink

    Bisnis makanan secara online memang cukup menggiurkan. Asalkan benar-benar konsisten dlm bisnis itu. Karena persaingannya juga ketat.

    Balas
    • Agustus 4, 2020 pada 20:27
      Permalink

      Kalo di desa, bisnis makanan online peluangnya masih bagus mr. cho..

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!