Kuliahmotivasi

Kata Kata Motivasi Masuk Perguruan Tinggi yang Akan Membuatmu Semangat

Masuk ke perguruan tinggi menjadi impian banyak orang, terlebih bagi murid yang baru saja menyelesaikan pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. Biasanya setiap siswa yang lulus akan langsung mencari perguruan tinggi favorit yang cukup bergengsi. Tentu saja kamu juga membutuhkan kata kata motivasi masuk perguruan tinggi agar lebih bersemangat.

Karena rasa semangat dapat mempengaruhi perkembangan diri untuk memperolah prestasi setinggi-tingginya. Mungkin tidak hanya satu atau dua kali saja kamu merasa minder ketika ingin masuk perguruan tinggi.

Sebenarnya motivasi terbaik adalah yang berasal dari dirimu sendiri. Kamu pasti mempunyai alasan untuk setiap keputusan yang dipilih. Akan tetapi saat kamu ingin menyerah, cobalah ingat kembali bahwa suatu saat pendidikan dan pengalaman akan membantu saat kamu sedang kesulitan.

Berikut kata kata motivasi masuk perguruan tinggi untukmu

1. Jangan khawatir tidak mampu beradaptasi dan bertemu dengan orang baru

kata kata motivasi masuk perguruan tinggi
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Jangan berpikir kamu akan sulit bergaul ketika di kampus nanti ya. Sebenarnya apa yang kamu fikirkan saat ini juga sempat ada difikiran mereka yang akan masuk perguruan tinggi kok.

Meskipun nanti teman-temanmu berasal dari daerah yang berbeda dan latar belakang yang berbeda pula, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Asalkan kamu tetap rendah hati dan tidak sombong serta mampu menjaga bicaramu, mereka pasti akan welcome denganmu.

Karena seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan punya banyak teman meskipun sebelumnya kalian belum saling mengenal.

2. Jangan takut bertemu dosen galak

Ketika kamu dulu masih di SMA, pasti ada kan guru yang galak? Begitu juga nanti ketika di kampus, pasti juga ada salah satu dosen yang galak.
Namun bedanya, kalo di SMA itu nilaiamu terkadang masih diberi kemudahan oleh guru. Sedangkan ketika kuliah nanti, kamu benar-benar harus memperjuangkan nilaimu sendiri.

Karena, baik buruknya nilai yang akan kamu peroleh nanti tergantung dari usaha serta kesungguhan yang kamu lakukan. Yang penting, jangan takut nilaimu jelek selama kamu telah berjuang. Buatlah aktifitas belajarmu menyenangkan setelah masuk perguruan tinggi nanti.

3. Raihlah mimpi untuk menjadi seorang sarjana di bidangmu

motivasi masuk kuliah
Gambar oleh rkprasad_k dari Pixabay

Saat ini kamu bukan lagi anak SMA dengan banyaknya waktu bermain dan hura-hura. Tapi sekarang, waktunya menentukan jalan masa depan untuk mencapai keberhasilan. Ingin langsung menikah, dirumah saja rebahan, bekerja atau mungkin menjadi seorang sarjana di bidang yang kamu suka?

Apakah kamu rela mimpimu jatuh seperti daun-daun kering yang diinjak seperti sampah? Ayolah, kamu pasti bisa seperti saya yang sukses meraih mimpi menjadi sarjana komputer meskipun harus rela kuliah sambil kerja karena biaya.

4. Jangan salah memilih kampus dan jurusan ya

Masa depanmu nanti, bergantung pada apa yang kamu pilih sekarang, termasuk dalam memilih perguruan tinggi serta jurusan kuliah.

Meskipun cita-cita mu kelak tidak ada yang menjamin akan seratus persen terjadi, Tapi paling tidak, gelar sarjana dan pengalaman ilmu yang di dapat selama di bangku perkuliahan nanti akan sangat membantu dalam mewujudkan mimpimu.

5. Dapatkan sesuatu yang berharga dengan kuliah

Ada banyak hal berharga yang akan kamu dapatkan nanti saat menjadi mahasiswa, yaitu ilmu pengetahuan, ijazah s1, teman/sahabat, wawasan yang luas, mental yang kuat serta relasi di lingkungan kampus yang akan sangat berguna di masa depanmu kelak.

Jangan pernah pedulikan omongan orang yang mengatakan bahwa saat ini ijazah sarjana itu buat apa? Tapi yakinlah bahwa ijazah sarjanamu nanti merupakan jembatan yang akan menghantarkanmu meraih impian.

Sedangkan teman, sahabat dan semua orang yang kenal baik denganmu nanti di kampus, akan menjadi aset “relasi” yang sangat berharga. Misalnya, untuk kepentingan pekerjaan, bisnis, atau keperluan lain kelak di masa yang akan datang.

6. Jika kamu tidak kaya, maka strata pendidikan dapat mengangkatmu di masa depan

Perubahan besar dapat di capai salah satunya yaitu dengan pendidikan tinggi. Karena, meskipun strata ekonomi keluargamu tidak seperti mereka yang kaya, namun paling tidak, dengan gelar sarjana maka strata pendidikanmu dapat setara atau bahkan lebih jika kamu berhasil meraih predikat cumloud.

Dengan statusmu yang telah menjadi sarjana kelak, maka kamu punya kesempatan bisa bekerja di perusahaan besar baik dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga, kamu bisa merubah ekonomi keluargamu menjadi lebih baik.

Karena, selama kamu duduk di perguruan tinggi, kamu bukan hanya di ajari tentang teori pendidikan, namun juga akan berproses agar mampu menyelesaikan problem di kehidupan sosial maupun skill yang dapat dipakai nanti di dunia kerja.

7. Buatlah orang tuamu bangga

Meskipun kadang tak terucap, tapi hampir semua orang tua pasti akan sangat bangga jika melihat anaknya menjadi seorang sarjana. Apalagi, jika kamu mampu mandiri tanpa di biayai mereka.

Ada banyak jalan untuk meraihnya, tergantung seberapa kuat motivasi dan kerja kerasmu. Jika orang tuamu masih hidup, kapan lagi kamu bisa menjadi kebanggaan mereka? Sekaranglah saatnya untuk membuktikan pada mereka bahwa kamu mampu.

8. Tidak ada ilmu yang sia-sia selama kamu bersungguh-sungguh menempuhnya

Meskipun kamu bukan orang yang cerdas, tapi setidaknya dengan ilmu yang didapat maka kamu akan menjadi pribadi yang mempunyai wawasan luas sehingga tidak akan mudah ditipu atau dibodohi oleh orang lain.

Selebihnya, kamu hanya harus tetap semangat dan bersungguh-sungguh. Jangan pernah takut untuk bermimpi tinggi. Karena banyak orang yang saat ini telah sukses juga mengawali pencapaian mereka dari mimpi yang selalu mereka perjuangkan untuk diwujudkan.

Penutup

Permasalahan akan selalu ada dalam hidup, yang artinya kamu bisa saja mendapatkan problem hidup walaupun tidak masuk perguruan tinggi. Jadi tidak masalah jika ada kendala-kendala kecil yang terjadi padamu saat mulai kuliah. Kamu bisa mencari jalan keluar untuk menyelesaikannya.

Oleh sebab itulah kamu tidak perlu khawatir untuk masuk perguruan tinggi. Karena di sana kamu akan menemukan banyak teman, ilmu, dan juga pengalaman. Sehingga hidupmu tidak akan terasa kesepian dan impianmu akan lebih mudah untuk diwujudkan.

Semoga kata kata motivasi masuk perguruan tinggi ini bisa memantik rasa semangat dalam dirimu. Jangan ragu untuk keluar dari zona nyaman karena terkadang sesuatu yang terasa ‘asing’ justru akan memberikanmu keberuntungan di kemudian hari.

Baca juga artikel terkait :

Rio

Praktisi Bisnis Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *