5 Kesalahan Blogger Pemula yang Harus Di Hindari

Ada banyak kesalahan yang masih sering dilakukan oleh blogger pemula. Hal ini masih sering saya jumpai di beberapa komunitas blog seperti grup blogger fb maupun grup wa.

Tapi menurut saya itu hal yang wajar. Karena sebagai blogger pemula, tentu perlu waktu yang cukup lama untuk mengetahui dunia blogging yang sesungguhnya.

Loading...

Lalu, apa saja kesalahan yang harus di hindari oleh blogger pemula ? Berikut penjelasannya.

Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula

1. Ingin mendapatkan uang dengan cepat

Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu tujuan utama seseorang menjadi blogger yaitu untuk menghasilkan uang dari blog. Tentu ini bukanlah sesuatu yang salah.

Tapi faktanya, kebanyakan blogger pemula sangat terobsesi ingin segera mendapatkan uang setelah membangun blog/website. Padahal, ada tahapan yang cukup panjang yang harus di lalui. Di antaranya yaitu :

  • Mampu membuat konten artikel yang berkualitas/user friendly
  • Mempunyai wawasan tentang dunia SEO
  • Mempunyai blog atau website yang punya kekuatan
  • Konsisten

Jadi, bagi seorang yang benar-benar masih pemula, biasanya membutuhkan waktu di atas satu tahun untuk mulai bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Untuk lebih jelasnya silahkan baca selengkapnya di sini : Syarat blog menghasilkan uang.

2. Terlalu sering mengganti template blog

Ketika awal-awal saya menjadi blogger, hampir 2 bulan saya menghabiskan waktu hanya untuk gonta-ganti tema blog. Mulai dari template gratisan hingga premium.

Jika kebetulan saat ini Anda juga melakukannya, saran saya, hentikan perbuatan tersebut. Percayalah itu merupakan sebuah kesalahan karena tidak baik untuk SEO blog dan hanya akan menghabiskan waktu Anda.

Kenapa demikian ?

Alasannya adalah, terlalu sering mengganti template blog akan berpengaruh pada peringkat blog. Ada banyak penjelasan mengenai hal ini. Tapi percayalah bahwa saya sudah membuktikannya di beberapa blog yang saya punya.

Jadi, sebelum membeli template blog, pastikan bahwa Anda sudah yakin dengan kualitasnya dan pilihlah sesuai keinginan atau kebutuhan.

3. Asal menulis tanpa riset kata kunci

Menulis artikel tanpa melakukan riset keyword terlebih dahulu merupakan kesalahan yang masih sering dilakukan oleh blogger pemula. Tapi hal ini berlaku apabila target pembaca blog Anda dari mesin pencari.

Namun, jika target pembaca Anda dari sosial media seperti fb, wa, twitter, Linkedin dan lainnya, maka tidak harus melakukan riset kata kunci.

Cukup membuat artikel dengan judul yang di cari banyak orang dan isi nya enak baca. Kemudian rutin melakukan share link artikel tersebut di tempat-tempat yang potensial.

Baca juga : Cara agar blog banyak pengunjung

4. Terburu-buru mendaftar Adsense

Terlalu terburu-buru mendaftarkan blog ke Google Adsense merupakan kesalahan blogger pemula yang masih sering saya jumpai hingga saat ini.

Sebagai contoh, saat ini saya telah mempunyai beberapa blog yang sudah berhasil diterima oleh Adsense. Tapi, karena travik blog yang masih sedikit, maka penghasilan yang saya dapatkan belum bisa di harapkan.

Hal itu terjadi karena pengalaman saya selama setahun pertama saat menjadi blogger, saya hanya fokus membuat banyak blog untuk di daftarkan ke Adsense.

Memang bukan hal yang mudah untuk menjadi publisher Adsense. Karena saat itu beberapa blog saya mengalami puluhan kali penolakan meski akhirnya berhasil di upprove. Itulah sepenggal pengalaman saya saat mendaftar ke google adsense.

Tips daftar Adsense blog bagi pemula : Jika Anda mampu membuat artikel secara rutin dan konsisten, maka silahkan daftarkan blog Anda ke google Adsense saat artikel sudah terindex dan jumlah artikel di atas 20.

Namun jika Anda belum mampu konsisten update artikel, maka sebaiknya fokus untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog Anda. Caranya sudah saya jelaskan di awal pembahasan artikel ini.

5. Salah dalam memilih mentor

Kesalahan blogger pemula yang harus di hindari yaitu tidak memilih mentor atau guru yang tepat. Hal ini tidak boleh di anggap sepele ya.

Karena sebagai blogger pemula, Anda harus mencari seorang mentor atau orang yang tepat untuk mengajari Anda tentang ilmu bloging, terutama belajar seo untuk pemula. Meskipun di google saat ini hampir semua apa yang Anda cari bisa di bilang “ada”.

Namun, jika Anda hanya belajar secara otodidak, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan bisa bertahun-tahun hanya untuk belajar cara menulis artikel yang SEO.

Belum lagi, belajar bagaimana optimasi SEO on page dan SEO off page. Jika Anda salah dalam optimasi karena tidak tahu ilmunya, maka blog Anda akan hancur.

Solusinya adalah : Jika Anda memang seorang blogger pemula, maka Anda wajib mencari seorang mentor yang tepat untuk belajar SEO blogger pemula dan untuk mendalami ilmu blogging. Dibutuhkan modal biaya dan waktu dalam mempelajarinya. Jika Anda tidak siap, sebaiknya hentikan dari sekarang. Karena untuk menjadi blogger yang sukses dan berpenghasilan butuh waktu yang tidak sebentar.

Kesimpulan :

Demikianlah pembahasan tentang beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan oleh blogger pemula. Saran saya sebagai sesama blogger Indonesia yang kebetulan lebih dulu terjun di dunia blogging, apabila Anda saat ini merasa masih melakukannya, masih ada waktu memperbaikinya.

Meskipun ada banyak tutorial blogger pemula yang di bagikan secara gratis di internet, namun akan lebih efektif apabila Anda langsung berguru pada orang yang tepat.

Karena menjadi blogger pemula tanpa guru itu berat. Cukup saya saja yang pernah mengalaminya.

Tapi itu dulu, setelah 2 tahun menjadi blogger, saya malah lebih semangat ikut kursus blog. Baik itu kelas SEO yang free maupun premium. Intinya, tetap belajar dan jangan mudah putus asa meskipun penghasilan blog saat ini masih belum seberapa.

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!