5 Keuntungan Menjadi Siswa Boarding School

Ada banyak keuntungan menjadi siswa boarding school yang mungkin belum sepenuhnya diketahui oleh banyak orang. Padahal, ada beragam manfaat yang bisa di dapatkan. Mulai dari melatih kedisiplinan siswa, kemandirian, fokus belajar, pencegahan dari pergaulan bebas dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini, akan kita bahas tentang boarding school khususnya kelebihan yang akan di dapat jika memilihnya. Memang tidak mudah untuk memilih dan menjalaninya, namun bukan berarti ini pilihan yang sulit jika kamu memang ingin menjadi lebih baik.

Keuntungan menjadi siswa boarding school

Hidup di zaman seperti sekarang ini kita dihadapkan pada kenyataan dimana pergaulan bebas sulit dibendung dan akses informasi internet tanpa batas. Sehingga, jika kita tidak pandai menempatkan diri, maka besar kemungkinan akan terbawa arus yang ada. Untungnya, sekarang sudah banyak pilihan sekolah boarding dengan banyak kelebihan, di antaranya sebagai berikut:

Loading...

1. Belajar Disiplin Waktu

kelebihan menjadi siswa boarding school
Image by SMP Muhammadiyah boarding school Sendangagung

Keuntungan menjadi siswa boarding school yang pertama yaitu kamu akan diajarkan tentang kedisiplinan waktu. Mulai dari disiplin sholat wajib berjamaah tepat waktu, sholat sunnah, tidur hingga bangun tepat waktu dan lain sebagainya.

Jadi, waktu yang digunakan itu benar-benar di manfaatkan se efektif mungkin sehingga diharapkan tidak ada yang terbuang sia-sia. Dengan begitu, kamu sudah mempunyai salah 1 bekal kunci orang-orang sukses, yaitu disiplin.

2. Melakukan Kegiatan yang Positif

Image by SMP Muhammadiyah 1 Sendangagung boarding school

Selain belajar materi pelajaran umum di sekolah, kamu juga akan mendapatkan kegiatan belajar khusus. Seperti hafalan Al Qur’an, kitab-kitab hadits, sirah nabi dan lain-lain.

Kelebihan menjadi siswa boarding school yang paling di rasakan yaitu kamu akan lebih fokus untuk menghafal Al Quran, Tilawah dan kegiatan lain yang bernuansa keagamaan. Selain itu, kamu juga akan diajarkan bagaimana membentuk habbits yang akan berdampak baik untuk masa depan.

3. Dilatih untuk Mandiri

Image by SMP Muhammadiyah 1 boarding school Sendangagung

Keuntungan yang selanjutnya yaitu kamu akan dilatih untuk hidup mandiri. Mulai dari hal-hal sederhana seperti merapihkan tempat tidur, mencuci baju sendiri dan banyak aktifitas lainnya.

Hal ini akan sangat berguna jika suatu saat kamu hidup jauh dari orang tua. Misalkan, kamu memilih menempuh pendidikan tinggi (kuliah) di kampus luar kota.

Loading...

Atau contoh lain, misalnya kamu berhasil diterima sebagai PNS di luar daerah atau berhasil diterima kerja di perusahaan luar negeri. Maka, kamu tidak akan lagi kaget ketika harus melakukan semuanya sendirian.

4. Belajar Lebih Efektif

Image by SMP Muhammadiyah 1 boarding school Sendangagung

Apabila kamu ingin belajar lebih efektif tanpa gangguan, maka menjadi siswa boarding school merupakan pilihan yang tepat. Karena, ketika di asrama itu biasanya akan dibatasi untuk menggunakan gadget sesuka hati.

Sedangkan ketika di rumah, jika orang tuamu membebaskanmu untuk bermain gadget, maka kamu akan cukup kesulitan untuk fokus belajar. Godaan untuk bermain game, internetan, membuka media sosial seperti fb, ig, wa, faktanya dapat menyita banyak waktumu. Sehingga, aktifitas belajarmu terkadang menjadi kacau dan sulit untuk konsentrasi.

5. Dapat Mencegah dari Terkontaminasi Pergaulan di Luar

Saat ini rasanya sangat sulit untuk memilih-milih teman. Apalagi jika kebetulan kamu tinggal di lingkungan yang sudah bebas dalam hal pergaulan. Kemungkinan kamu juga akan sulit untuk mencegah dari terkontaminasi pergaulan di luar.

Oleh sebab itu, menjadi siswa boarding school dapat menjadi solusi terbaik yang dapat kamu pilih. Karena, minimal kamu akan bergaul bersama teman-teman yang mempunyai tujuan yang sama denganmu. Sehingga, kamu akan terjaga dari resiko efek negative saat bergaul di luar.

Kesimpulan

Beberapa keuntungan menjadi siswa boarding school yang telah kita bahas bersama di atas, tentu akan sangat bermanfaat untuk masa depanmu kelak. Paling tidak, ini bisa menjadi bekal yang akan menghantarkanmu meraih kesuksesan.

Baca juga artikel terkait : Motivasi diri sendiri untuk masa depan

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *