5 Manfaat Blog Bagi Pelajar yang Sangat Menguntungkan

Kemodernan sudah membawa banyak perubahan dalam pemanfaatan internet dan jejaring sosial. Seperti halnya dengan menggunakan blog sebagai wadah untuk menulis atau mempromosikan suatu produk. Akan tetapi adakah manfaat blog bagi pelajar?

Sebagai pelajar tentu saja kamu perlu mencari jati diri dan juga penghasilan sampingan agar tidak terlalu merepotkan orang tua. Nah, salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pelajar ataupun mahasiswa untuk memenuhi keinginan tersebut adalah blogging. Karena kegiatan tersebut dapat memberikan keuntungan bagi penggunanya.

Apa itu blog dan apa fungsinya?

Loading...

Weblog atau blog merupakan singkatan dari website log yang dalam bahasa inggris, web diartikan sebagai jaringan, sedangkan log berarti catatan harian atau buku. Lebih gampangnya bisa diartikan sebagai situs web yang berisi informasi dan dipublikasikan secara online serta bisa ditemukan melalui internet.

Catatan tersebut bisa berupa artikel, puisi, cerpen, atau berisi pembahasan tentang topik tertentu atau disebut juga dengan niche blog, misalnya kesehatan, otomotif, game, drama Korea, dan lain sebagainya.

Bukan Sekadar Iseng Biasa, Ini Manfaat Blog Bagi Pelajar

Apabila dapat menggunakan blog dengan baik, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini :

1. Mendapatkan Pekerjaan

Sebagaimana artinya, blog dapat digunakan sebagai wadah atau sarana untuk mengasah kemampuan menulis, sebagai tempat sharing, berbagi pengetahuan, pengalaman, dan lain sebagainya. Bahkan banyak orang yang sudah sukses setelah menggeluti bisnis blogging.

Oleh sebab itulah blog bisa menjadi penunjang untuk membuatmu kebanjiran job. Blogging bisa menjadi kegiatan yang cukup berpengaruh untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan menulis di blog secara tidak langsung kamu sudah mulai berani menunjukkan kemampuan, keahlian menulis, dan minat yang disukai.

Jika kamu sedang menekuni hobi fotografi juga bisa mempublikasikan hasil foto tersebut di blog dan memberikan caption atau keterangan yang menarik di setiap foto yang diunggah. Bahkan jasa pembuat undangan juga bisa mempromosikan usahanya di blog. Dan setiap orang bisa menunjukkan kemampuan yang dimiliki di blog.

Dengan begitu orang yang melihat bisa saja tertarik dan akhirnya mereka berminat membeli barang ataupun menggunakan jasamu. Semakin aktif menggunakan blog maka semakin besar kesempatanmu untuk mendapatkan tawaran pekerjaan dari orang lain.

2. Menjadi Penulis di Platform Online dan Menghasilkan Uang

Bermula dari memanfaatkan blog kamu bisa menjadi penulis di platform online. Mungkin awalnya kamu hanya iseng menulis di blog untuk memanfaatkan waktu luang saat jam istirahat. Akan tetapi lambat-laun kemampuan menulismu pasti akan semakin berkembang. Sehingga kamu dapat menggunakan kesempatan itu untuk menulis di platfrom lain yang menyediakan fee kepada penulisnya.

Bahkan untuk perusahaan tertentu bisa menggunakan jasa menulismu. Mereka juga akan membayar setiap usaha yang kamu lakukan. Dengan begitu walaupun kamu masih seorang pelajar, tapi kemampuan blogging bisa menjadikanmu sebagai orang yang mandiri dan berpenghasilan.

Karenanya sebagai pelajar kamu perlu memperhatikan masa depan seperti dengan memikirkan apa yang akan terjadi esok, apa yang harus dilakukan saat ini untuk menyelamatkan kehidupan masa depan, dan bagaimana cara menghasilkan uang hanya dengan menggunakan internet.

Artikel terkait : Syarat blog dapat menghasilkan uang

3. Mendapatkan Pengetahuan dan Pengalaman dari Blog Lain

Pada masa pencarian jati diri tentunya kamu membutuhkan banyak pengalaman dari orang lain sebagai bahan bercermin sehingga kedepannya kamu dapat menjalani kehidupan dengan baik. Dengan rajin berkunjung ke blog penulis lain kamu akan mendapatkan informasi dalam berbagai bidang.

Tentu saja hal tersebut dapat bermanfaat untukmu karena menjadi pelajar bukan hanya dituntut untuk memperoleh ilmu dalam pendidikan formal, melainkan juga untuk mendapatkan pengetahuan serta wawasan lain dari pendidikan non formal.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan setiap pelajar yang menggunakan blog bisa lebih kreatif, terampil, dan berani berinovasi untuk menciptakan perubahan besar di masa depan.

4. Sebagai Tempat Menyimpan Data

Kegunaan blog bagi pelajar dan mahasiswa lainnya yakni sebagai media menyimpan data secara online. Kelebihan blog yang memang dapat diakses di mana saja dan kapan saja akan memudahkanmu untuk membuka kembali data tertentu yang dibutuhkan selama ponselmu masih memiliki data seluler atau terhubung dengan jaringan Wi-fi.

Apabila kamu tidak ingin mempublikasikan data-data penting, kamu dapat memanfaatkan fitur draft yang terdapat pada blog. Sehingga suatu ketika kamu bisa mengakses data tersebut dengan bebas saat dibutuhkan tanpa khawatir diketahui oleh orang lain.

Baca juga : Kesalahan blogger pemula

5. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Menjadi seorang penulis ternyata banyak sekali manfaatnya, di antaranya dapat menerbitkan buku, menjadi ghost writer, content writer, editor, dan masih banyak lagi pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan menulis. Karenanya tidak ada salahnya kamu mencoba mengoptimasi penggunaan blog walaupun saat ini masih menjadi pelajar.

Kenyataannya zaman sekarang sudah banyak pelajar yang memiliki kemampuan hebat dalam bidang kepenulisan, seperti menjadi editor, owner penerbitan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kamu perlu mencoba keberuntunganmu dengan terus mengasah kemampuan menulis dengan rajin memposting tulisan di blog.

Semakin banyak kamu menulis, maka gaya bahasa, susunan kalimat, dan alur tulisan yang kamu ciptakan akan semakin terarah. Pada akhirnya kualitas dan kemampuan menulismu akan cepat meningkat dan hal tersebut tentunya sangat menguntungkan.

Tidak harus dengan menulis artikel, blog bisa kamu manfaatkan untuk menulis puisi, cerpen, novel, dan lainnya. Blogger sudah memberikan beragam fasilitas untuk digunakan baik dengan domain berbayar atau justru domain yang gratis.

Baca juga artikel terkait : Cara menjadi blogger untuk pemula

Penutup

Loading...

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari blog bagi pelajar ini apakah kamu masih ragu untuk mencobanya. Hasil yang maksimal akan ditentukan oleh usaha yang maksimal. Karenanya kamu tidak perlu takut untuk mencoba terjun sebagai seorang blogger.

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!