Media Promosi Online Terbaik dan Paling Efektif

media promosi online
gambar-media-promosi-online

Apa yang Dimaksud Dengan Media Promosi Online?

Media promosi online adalah metode yang digunakan untuk melakukan pemasaran produk atau jasa melalui Internet atau media elektronik. Sudah dapat dipahami bukan ? Apa tujuannya ? Tentu tujuan utamanya agar nama brand baik barang maupun jasa mereka dapat dikenal oleh banyak orang sehingga terjadi konversi yang menguntungkan.

Jika anda seorang pengusaha di bidang internet marketing, tentu sudah tidak asing dengan media promosi online. Karena cara tersebut merupakan praktik terbaik yang harus dilakukan saat ini. Mengingat pada era digital ini, hampir semua beralih fungsi. Dari yang semula promosi bisnis hanya dilakukan secara offline, maka kini telah berganti dengan cara yang lebih mudah yaitu secara online.

Menerapkan media promosi untuk pemasaran online dilakukan sebagai upaya untuk mengoptimalkan hasil sesuai dengan target yang di inginkan. Hal ini telah terbukti berhasil jika cara tersebut benar serta tepat sasaran. Namun, jika kita melakukannya asal – asalan maka sudah pasti akan mengalami kerugian.

Saat Anda pertama kali memasuki dunia pemasaran digital, ada banyak pilihan platform yang dapat di gunakan untuk mengiklankan bisnis Anda, dan bagi kebanyakan orang, bagian tersulit adalah memulainya.

Kemudian, setelah Anda berencana untuk memulainya, ada masalah baru yaitu pilihan terhadap efektivitas biaya dan hasil. Oleh karena itulah, dalam artikel blog vestoli.com ini, akan kita bahas media pemasaran online apa saja yang terbukti efektif untuk mengembangkan usaha atau kemajuan bisnis Anda.

Media Promosi Online Terbaik dan Paling Efektif

1. Media Sosial

Media sosial merupakan tempat yang tepat untuk mempromosikan produk Anda. Karena faktanya, Indonesia merupakan salah satu negara pengguna internet terbesar di dunia saat ini. Dan pengguna platform media sosial merupakan yang paling besar.

Dengan fakta tersebut, maka platform media sosial memungkinkan Anda untuk menjangkau pengguna yang dapat anda manfaatkan sesuai target. Salah satu keuntungan menggunakan media sosial sebagai iklan adalah biaya yang relatif rendah.

Contoh media promosi online yang dapat membantu meningkatkan penjualan produk berupa media sosial adalah :

  • Facebook
  • Instagram
  • Whatsapp
  • Tik Tok
  • Telegram

Misalnya, jika Anda mempunyai halaman facebook/fans page atau instagram dengan pengikut ribuan, atau sebuah grup fb komunitas dengan anggota ratusan ribu, maka itu dapat di manfaatkan sebagai media promosi online gratis.

2. Website

Situs web merupakan salah satu bagian penting dari bisnis Anda. Karena website merupakan alamat rumah daring, agar calon pembeli dapat mencari dan menemukan informasi secara datail tentang produk atau layanan Anda.

Sebuah situs yang dirancang dengan cantik dapat membuat pengunjung betah dan memungkinkan mereka untuk membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Jadi, menyiapkan website yang profesional sangat diperlukan agar fungsi media promosi online berupa situs web dapat berhasil.

Namun, itu saja belum cukup !

Cara terbaik untuk mewujudkannya adalah dengan optimasi mesin pencari (SEO). Tujuan menerapkan SEO adalah agar situs web Anda mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari Google atau lainnya. Jadi, Jika ada seseorang yang melakukan pencarian terkait dengan produk atau layanan Anda maka akan mudah ditemukan.

3. Iklan berbayar (PPC)

Media Promosi Online selanjutnya adalah dengan jasa iklan berbayar atau Pay per click. PPC adalah model iklan online yang dapat anda gunakan pada kata kunci tertentu produk atau jasa Anda untuk meraih posisi terbaik/page one di hasil mesin pencari.

Jika pada SEO, Anda dapat melakukannya secara gratis dengan teknik tertentu. Maka pada PPC Anda diharuskan membayar pada penempatan iklan untuk setiap kata kunci yang telah di targetkan.

Contoh PPC terbaik saat ini adalah Google Ads. Pasti Anda sudah mengenalnya bukan ?
Jika belum, silahkan daftar akun Google Ads terlebih dahulu untuk mendapatkan penawaran kampanye iklan.

Dengan kampanye iklan, maka produk atau layanan jasa Anda akan mendapatkan penempatan di atas hasil pencarian Google. Kemudian jika ada orang yang mengklik dari hasil pencarian organik, maka Anda akan membayarnya sesuai dengan jumlah tawaran dari kampanye iklan yang Anda buat.

Salah satu keunggulan dari PPC adalah kewajiban membayar hanya ketika pengguna mengklik iklan Anda. Jadi, jika produk anda menarik dan sesuai dengan yang mereka cari, kemudian terjadi konversi maka hasilnya lebih dari cukup untuk membayar biaya kampanye iklan tersebut.

Dari semua yang telah saya jelaskan di atas adalah media promosi online paling efektif yang dapat membantu meningkatkan konversi bisnis online anda. Selamat mencoba semoga sukses.

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

9 thoughts on “Media Promosi Online Terbaik dan Paling Efektif

  • Juli 6, 2020 pada 11:16
    Permalink

    keren nih artikelnya, sangat bermanfaat

    Balas
  • Juli 9, 2020 pada 22:55
    Permalink

    Media promosi online paling aku andalkan saat ini ya pake media sosial.
    Karena blm punya cukup modal mau pake media promosi berbayar kayak google ads..

    Balas
    • Juli 10, 2020 pada 16:25
      Permalink

      Memang sih, media promosi online paling efektif saat ini ya google ads dan fb ads. tapi kalo km blm punya dana, bisa nabung dulu mulai dari sekarang.

      Balas
      • Agustus 4, 2020 pada 19:38
        Permalink

        Berdasarkan pengalaman, Menurut saya media promosi online yang bagus ya lewat sosial media. Mungkin Instagram lah yang paling dapat menarik pembeli.

        Balas
  • Juli 11, 2020 pada 09:00
    Permalink

    Info menarik gan.
    Sekarang media promosi pada beralih ke media online yang tadinya hanya di radio tv dan baliho saja.
    Menurut saya sih media promosi via website lebih ter arah dan fokus ke konsumen yg di targetin.

    Balas
    • Juli 12, 2020 pada 23:06
      Permalink

      Betul gan, apalagi jika media promosi via website ditunjang dengan SEO yang matang.

      Balas
  • Juli 17, 2020 pada 15:13
    Permalink

    media sosial sama website jadi pilihan nih buat yang baru merintis dan mulai promosi lewat media online

    Balas
    • Juli 17, 2020 pada 18:41
      Permalink

      setuju, cuma menurut saya Lebih efektif promosi dengan media sosial jika untuk yang baru merintis usaha online.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!