Mengapa Iptek Harus Diimbangi Perkembangan SDM

Alasan mengapa iptek harus diimbangi perkembangan sdm karena pengembangan iptek tidak dapat dicapai tanpa adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan berkemampuan untuk mengelola dan mengembangkan teknologi tersebut.

Pemerintah harus menyediakan pendidikan dan pelatihan yang cukup untuk menyiapkan sumber daya manusia yang diperlukan guna mengelola dan mengembangkan teknologi.

Selain itu, perkembangan iptek juga harus didukung oleh peraturan yang memungkinkan untuk memanfaatkan teknologi tersebut demi kemajuan masyarakat, seperti pengembangan infrastruktur dan industri.

Contoh pendidikan dan pelatihan untuk menyiapkan SDM

Berikut ini merupakan beberapa contoh pendidikan dan pelatihan yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, diantaranya yaitu:

  • Pelatihan profesional di bidang teknologi, seperti pelatihan khusus di bidang teknologi informasi, teknologi industri, dan teknologi energi.
  • Pelatihan keterampilan komputer, contohnya adalah pelatihan mekanis, elektronik, pemrograman, desain grafis dan pengelolaan basis data.
  • Pelatihan bahasa asing, seperti pelatihan bahasa Inggris dan bahasa lainnya yang diperlukan untuk bekerja di industri global.
  • Pelatihan soft skills, seperti pelatihan komunikasi, manajemen, dan leadership untuk mengembangkan kemampuan di bidang kewirausahaan atau bisnis.
  • Pelatihan certification, seperti pelatihan yang ditujukan untuk mendapatkan sertifikasi profesional di bidang tertentu.

Contoh upaya pemanfaatan teknologi untuk perkembangan SDM

Dalam upaya dan bentuk dukungan demi tercapainya sumber daya manusia yang berkualitas dan berkemampuan iptek, maka beberapa langkah berikut ini patut untuk dipertimbangkan. Diantaranya adalah:

  • Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan akses pendidikan, seperti dengan menyediakan aplikasi belajar online, video tutorial, perangkat lunak pendidikan. Atau teknologi pembelajaran interaktif seperti pelatihan online, webinar dan simulasi pelatihan virtual.
  • Dengan menyediakan aplikasi atau platform yang memungkinkan individu untuk menemukan pekerjaan sesuai dengan kompetensi mereka.
  • Menyediakan program pelatihan berbasis teknologi dengan adanya sertifikat professional yang diakui secara nasional dan internasional
  • Penggunaan teknologi untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi golongan yang kurang beruntung, seperti dengan menyediakan pelatihan dan kesempatan kerja bagi para penyandang disabilitas.

Baca juga : Peran teknologi dalam Pembelajaran bahasa inggris.

Kesimpulan

Tanpa keseimbangan antara iptek dan SDM, kemajuan iptek tidak dapat dicapai secara optimal dan masyarakat tidak dapat menikmati manfaat yang sebenarnya dari teknologi tersebut.

Demikianlah pembahasan singkat alasan mengapa iptek harus diimbangi dengan perkembangan sdm yang berkualitas dan berkompeten.

Artikel terkait :

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.