Perbedaan Email Bisnis dan Surat Bisnis yang Perlu Dipahami

Banyak yang belum memahami apa perbedaan email bisnis dan surat bisnis yang saat ini digunakan untuk berbagai macam kebutuhan marketing maupun perkembangan usaha. Padahal, jika diketahui lebih dalam kedua bagian tersebut bisa sangat menguntungkan untuk kebutuhan usaha dalam jangka panjang.

Pada era digital saat ini, email bisnis menjadi salah satu cara promosi untuk terhubung lebih dekat kepada konsumen atau supplier.

Tetapi, tidak jarang juga yang masih menggunakan surat bisnis untuk menjalankan usahanya. Maka ketahui apa saja perbedaan antara keduanya yang penting untuk dipelajari dalam mengembangkan usaha.

7 Perbedaan Email Bisnis dan Surat Bisnis untuk Mengembangkan Usaha

1. Pengertian

Email bisnis merupakan surat yang dibuat secara elektronik sehingga membutuhkan koneksi internet untuk membuatnya.

Sedangkan surat bisnis merupakan surat kertas yang ditulis secara manual dengan tujuan bisnis. Sehingga, bentuknya berupa hasil output print.

2. Bentuk penulisan

Pada email bisnis yang menggunakan internet harus memiliki identitas perusahaan yang berbeda dengan lainnya. Format nama dibuat seperti (nama pemilik)@(nama perusahaan).

Sedangkan surat bisnis format menggunakan penulisan pada umumnya dan menggunakan korp atau cap resmi perusahaan.

3. Fungsi

Perbedaan email bisnis dan surat bisnis juga bisa terlihat dari fungsi atau kegunaannya. Pada email bisnis memiliki banyak kegunaan, misalnya invoice maupun promosi dengan jangkauan yang luas.

Sedangkan surat bisnis biasanya digunakan untuk kebutuhan pengiriman barang, surat jalan, invoice cetak, dan lainnya yang membutuhkan bukti dalam bentuk kertas.

4. Kemudahan penggunaan

Dalam hal penggunaannya memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Pada email bisnis dinilai memudahkan karena segalanya bisa dilakukan secara online dan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama agar sampai ke tujuan.

Sedangkan untuk surat bisnis bisa memudahkan jika seorang pengguna sulit menggunakan teknologi yang saat ini berkembang. Sehingga, cocok dilakukan oleh perusahaan konfensional yang sudah dikenal lama.

5. Keamanan

Dalam hal keamanan, keduanya memiliki kelebihan maupun kekurangan. Jika pada surat bisnis bisa terjadi kehilangan di jalan karena bentuknya yang output. Sedangkan pada email bisnis bisa rentan hack jika keamanan tidak selalu diperbaharui.

6. Kebutuhan yang berbeda

Setiap perusahaan ingin perkembangan selalu ada setiap harinya. Maka, adanya email bisnis membuat perusahaan menjadi lebih terpercaya. Tetapi, perlu diketahui apakah pengguna atau konsumen memang membutuhkan kepercayaan yang diberikan secara online.

Sedangkan kebutuhan pada surat bisnis meliputi projek yang besar, misalnya pengantaran barang yang membutuhkan surat bisnis agar perjalanan sampai tujuan tanpa kendala.

7. Bentuk perusahaan

Perbedaan yang selanjutnya yaitu terletak pada bentuk perusahaannya, walaupun keduanya bisa digunakan dalam bidang yang sama. Biasanya email bisnis digunakan untuk meningkatkan kepercayaan terutama pada perusahaan online yang baru mulai.

Sedangkan pada surat bisnis diperlukan untuk perusahaan besar yang sudah lama terbentuk. Terlebih jika perusahaan tersebut merupakan pengantaran barang antar negara maka keduanya sangat diperlukan.

Itulah penjelasan singkat tentang perbedaan email bisnis dan surat bisnis yang bisa diketahui sebelum membuat usaha. Pastikan untuk mempelajari keduanya agar memaksimalkan teknologi dan jangkauan pengguna atau konsumen dari segala sisi berbeda.

Baca juga:

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.