Persyaratan Bayar Pajak Motor Tahunan

Berikut ini adalah persyaratan bayar pajak motor tahunan yang perlu Anda ketahui agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Meskipun mungkin terdapat sedikit perbedaan di masing-masing wilayah di Indonesia, namun secara keseluruhan persyaratannya sama.

Apa Sajakah Persyaratan Memperpanjang Pajak Motor ?

Dari pengalaman pribadi beberapa waktu lalu telah memperpanjang pajak kendaraan motor saya di samsat, berikut adalah syarat atau dokumen yang harus ada.

  1. KTP Asli berserta foto copy dan yang sesuai tertera di STNK
  2. STNK Asli dan di foto copy
  3. BKPB Asli dan di foto copy

Apabila Anda ingin melihat biaya perpanjangan STNK, silahkan di lihat pada STNK Anda masing – masing. Di situ sudah jelas berapa nominal yang harus di bayar beserta rincian nya. Dari pengalaman saya selama ini, selama belum ganti/perpanjangan plat nomor kendaraan maka biayanya masih sama setiap tahunnya.

Cara Bayar Pajak Motor di Samsat

Cara bayar pajak motor di samsat

Saat saya menulis artikel ini, seminggu yang lalu saya telah melakukan perpanjangan pajak motor di beda kota atau lebih tepatnya beda kabupaten. Karena memang saya memilih lokasi samsat terdekat. Berikut ini adalah cara bayar pajak motor di samsat meskipun beda kota.

  • Siapkan semua dokumen dan persyaratan yang telah saya sebutkan di atas
  • Susun dengan rapih dan masukan dalam 1 map
  • Setorkan berkas/dokumen tersebut di loket atau petugas pendaftaran
  • Silahkan tunggu untuk dipanggil (biasanya disuruh mengisi formulir)
  • Tunggu lagi di panggil untuk melakukan pembayaran di loket administrasi/petugas pembayaran
  • Silahkan tunggu lagi untuk pengambilan STNK yang sudah jadi.

Sangat mudah bukan ?

Baca juga : Cara menggunakan aplikasi dana untuk berbagai macam pembayaran

Tips Agar Bayar Pajak Motor di Samsat Lebih Cepat

Datang lebih awal

Apabila Anda tidak ingin ngantri panjang, maka usahakan agar datang lebih pagi. Karena jika kebetulan di hari tersebut ramai, maka prosesnya akan lebih lama.

Pilih hari yang tepat

Jika di tempat kami, hari senin adalah hari yang paling ramai orang pada bayar pajak di samsat. Jadi jika di tempat Anda keadaannya sama, maka usahakan pilih hari lain yang menurut Anda agak sepi.

Cek pajak motor secara berkala

Usahakan mencatat di sebilah kertas atau pengingat di smartphone apabila Anda orang yang pelupa. Meskipun sudah ada tanggal yang jelas tertera kapan waktu bayar pajak di stnk Anda, tapi tidak ada salahnya untuk mengeceknya secara berkala agar terhindar dari denda.

Itulah beberapa persyaratan bayar pajak motor tahunan di samsat beserta tips nya. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa membagikannya ke media sosial yang Anda punya. Terimakasih, indahnya berbagi.

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!