Skill yang Dibutuhkan 5 Tahun Kedepan, Apakah Anda Siap?

Setiap tahun, pengetahuan menjadi bagian penting dalam menunjang kehidupan. Termasuk kepada skill yang dibutuhkan 5 tahun kedepan untuk upaya memaksimalkan pekerjaan atau mendapatkan penghasilan yang lebih.

Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui apa saja Softskill dan hardskill yang dibutuhkan dunia kerja saat ini untuk menunjang pencarian kerja maupun mempertahankan penghasilan dalam jangka panjang.

Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui perkembangan skill yang diikuti dengan kecanggihan teknologi yang semakin canggih dengan harapan untuk selalu mengupgradenya sesuai perkembangan zaman.

6 Skill yang dibutuhkan 5 tahun kedepan

1. Communication Skill

Kemampuan berbicara dengan orang lain dengan baik menjadi salah satu skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan banyak dicari perusahaan. Pasalnya, membuat relasi atau hubungan yang baik dengan seseorang atau sebuah organisasi bukanlah perkara yang mudah karena terkadang perlu dimulai dengan berbicara yang nyaman dan searah.

Sehingga, adanya Communication Skill ini bukan hanya dibutuhkan pada bagian promosi saja, tetapi semestinya bisa menjadi nilai tambah apabila Anda menguasai kemampuan tersebut dengan baik. Atau bisa juga untuk membantu dalam perkembangan relasi dan membuat suasana nyaman saat memutuskan sesuatu dalam setiap kondisi pekerjaan.

2. Mampu mengikuti perkembangan teknologi

Teknologi kian hari semakin dibutuhkan manusia untuk membantu kehidupan sehari-hari. Tetapi, kelemahan teknologi yang semakin maju, membuat manusia harus mengikuti perkembangan tersebut agar tidak kalah saing dengan mesin.

Pasalnya beberapa aktivitas yang dilakukan manusia, saat ini bisa dilakukan oleh mesin. Misalnya robot atau mesin otomatis yang menggantikan pekerjaan manusia.

Maka, untuk skill kedepannya diharapkan untuk bisa memahami teknologi agar bisa menyeimbangkan kebutuhan pekerjaan.

3. Social Media Specialist

Skill dalam memahami sosial media juga dibutuhkan untuk perkembangan bisnis maupun organisasi. Tidak jarang, sosial media saat ini bukan hanya digunakan untuk senang-senang, tetapi juga digunakan untuk mencari penghasilan melalui gadget dan internet.

Pemahaman sosial media bisa membantu untuk mempertimbangkan kemajuan organisasi dengan interaksi yang semakin mudah. Sehingga, bisa membuat konten dalam strategi bisnis yang saat ini banyak dibutuhkan perusahaan dalam jangka panjang. Tujuannya, agar perusahaan bisa ikut serta dalam kemajuan bisnis di bagian online.

Read more : Mengenal Lebih Dalam Profesi Social Media Specialist

4. Marketing

Marketing adalah salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan bagi perusahaan. Sehingga, skill ini sangat diperlukan untuk membantu perkembangan bisnis dan usaha.

Pastinya dalam memiliki kemampuan marketing perlu adanya kebiasaan berbicara dengan orang lain yang harus dilatih.

Marketing merupakan skill yang membantu dalam promosi jasa maupun produk dari suatu perusahaan. Walaupun teknologi saat ini sudah memudahkan kegiatan promosi, tetapi perusahaan tetap membutuhkan marketing agar interaksi lebih dekat.

5. Memahami desain

Desain menjadi bagian yang penting saat ini dan banyak dicari oleh perusahaan. Hal itu terjadi karena beralihnya kegiatan transaksi perusahaan secara tradisional menjadi digital. Semakin meningkatnya pengaruh digital maka interaksi melalui sosial media dan internet semakin meningkat.

Skill desain sangat penting dimiliki dan dikuasai kedepannya. Sebab, desain tidak bisa digantikan oleh mesin dan harus dilakukan oleh manusia. Sehingga, kebutuhan desain akan terus dicari dan meningkat seiring berjalannya waktu.

6. Pemikiran yang luas dalam pemecahan masalah

Pemikiran yang luas bisa membantu dalam menemukan solusi yang tepat jika terdapat masalah tertentu. Sebab, di dunia kerja keahlian yang dibutuhkan bukan hanya kemampuan saja, tetapi juga memerlukan pemikiran yang luas dalam memecahkan masalah.

Semakin baik orang dapat melakukan pemecahan masalah secara detail, bisa meningkatkan ketelitian dan pemikiran berbeda dari orang lain.

Penutup

Itulah beberapa skill yang dibutuhkan 5 tahun kedepan untuk menunjang pekerjaan dan menciptakan keuangan yang stabil. Pastinya, semua keahlian tersebut membutuhkan latihan hingga terbiasa dalam melakukannya. Tujuannya, agar inspirasi dan pola pikir semakin luas sebelum menentukan tindakan kedepannya.

Baca juga :

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.