Ternyata Begini Susahnya Jurusan BK, Tapi Tetap Seru Lho!

Memilih jurusan ketika ingin mendaftar di perguruan tinggi memang menjadi pertimbangan yang penting. Dari berbagai jurusan yang ditawarkan di setiap universitas, jurusan kuliah bimbingan konseling atau BK cukup menonjol dan menarik perhatian para siswa-siswi lulusan SMA sederajat. Meskipun begitu mereka juga tetap membayangkan seperti apa susahnya jurusan bk.

Jika membahas tentang kesulitan, tentu saja setiap jurusan mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tetapi bila kamu lebih senang bersosialisasi, jurusan BK ini sangat direkomendasikan dan cocok untuk dipilih. Apalagi jika kamu tipe orang yang sering kali memberikan solusi terhadap permasalahan orang lain dan merupakan seorang pendengar yang baik.

Ternyata Seperti Ini Susahnya Jurusan BK!

1. Sulitnya Memahami Materi

Setiap orang mempunyai kemampuan pemahaman yang berbeda-beda. Begitu pun ketika kamu memilih jurusan BK. Tentu saja kamu dan teman-teman juga memiliki kecepatan yang berbeda dalam menelaah materi yang diberikan.

Loading...

Mungkin bagi teman-temanmu, setiap mata kuliah yang berkaitan dengan jurusan BK itu menyenangkan dan asyik. Namun demikian, bisa jadi kamu mengalami hal yang sebaliknya dan merasa bahwa memahami materi Bimbingan Konseling itu cukup rumit.

Merupakan hal yang wajar bila kamu merasa sulit untuk memahami materi yang sebelumnya memang tidak pernah didapatkan. Salah satu materi yang pasti akan kamu pelajari sebagai mahasiswa Bimbingan Konseling yaitu ilmu Psikologi.

Hal ini dikarenakan Bimbingan Konseling merupakan salah satu cabang dari Ilmu Psikologi. Di mana kamu akan mempelajari tentang pemahaman kepribadian, teori psikologi, ilmu perilaku manusia, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, membayangkan keseruan mempelajari berbagai materi tentang psikologi jauh lebih seru daripada hanya memikirkan kesulitan yang belum tentu kamu alami. Bahkan, kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengampu mata kuliah lain, seperti Belajar dan Pembelajaran, Praktik Konseling Individual, Manajemen Sekolah, dan lain-lain.

2. Susahnya Jurusan BK Saat Praktik Cara Menghipnotis Orang

Praktik cara menghipnotis orang ini dianggap cukup sulit, sebab kamu harus bisa fokus terhadap apa yang ada dalam pikiranmu dan partisipan. Semua proses menghipnotis itu membutuhkan sebuah komunikasi yang baik, karenanya kamu perlu melatih kemampuan berbicara dengan tenang. Sehingga dalam praktik tersebut kamu tidak akan berbicara dengan terbata-bata, intonasi suara tetap stabil, dan bisa lebih fokus pada tujuan awal.

Menghipnotis dianggap sulit sebab kamu perlu membimbing partisipan dari kondisi sadar normal beralih ke kondisi pikiran yang rileks tapi tetap fokus. Dan permasalahan yang dialami oleh beberapa mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling yakni untuk membuat partisipan tersebut fokus pada setiap perintah yang diberikan.

Agar berhasil melakukannya, kamu harus berupaya untuk memahami terhadap proses yang sedang dijalani. Harus saling pengertian antara operator dengan partisipan. Perasaan ‘mampu’ baik bagi operator maupun partisipan, kepercayaan yang sama-sama dibangun. Pengharapan yang tinggi untuk bisa masuk dalam kondisi hipnotis, otoritas, motivasi, tidak adanya rasa takut, dan relasi.

Jelas ini tidak mudah, bukan? Tetapi tidak ada ruginya bila kamu mau berusaha lebih maksimal untuk bisa melakukannya.

3. Memahami Karakter Setiap Orang

Kesulitan kuliah jurusan bk bisa dibilang cukup personal, di mana keluhan tentang kesulitan ini selalu berbeda setiap orangnya. Salah satunya yakni susahnya memahami karakter setiap orang. Kondisi semacam ini mengharuskanmu lebih teliti dan berusaha memahami detail seseorang dengan baik.

Agar bisa memahami karakter orang lain kamu harus bisa berpikiran terbuka. Dengan demikian, pengalaman di masa lalu, perasaan pribadi, serta emosi yang dimiliki tidak akan mudah mempengaruhi penialaianmu terhadap orang lain.

Loading...

Tidak hanya itu saja, kamu pun perlu memperhatikan penampilan, gerak-gerik, cara berjalan, bagaimana ucapannya, mendengarkan hati nurani tentang orang tersebut, serta tidak boleh sampai mengabaikan obrolan ringan yang terjalin dengan orang lain.

Kegiatan-kegiatan ini memang tidak semudah membayangkannya karena dalam satu waktu kamu harus bisa merangkum setiap hal yang berhasil diamati untuk menyimpulkan seperti apa karakter orang tersebut.

Sebenarnya banyak sekali keuntungan serta keseruan yang dapat kamu temukan saat memilih jurusan ini. Ingatlah bahwa setiap jurusan kuliah mempunyai keunggulan yang berbeda-beda. Itu artinya, walaupun ada kesulitan yang akan kamu temui pada jurusan BK, kamu akan tetap mendapatkan lebih banyak kemudahan dan keuntungan setelah berhasil menempuhnya hingga akhir.

Baca juga : Fakta tentang dunia perkuliahan

#Yang sering ditanyakan tentang kuliah jurusan bk : (Q&A)

Jurusan BK itu apa sih ?

Bimbingan Konseling dapat diartikan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang ilmu pendidikan yang berhubungan dengan pemahaman pendidikan, cara pembelajaran, serta pemahaman terhadap peserta didik. Nantinya, ilmu yang telah dipelajari akan berguna sebagai dasar dalam melaksanakan bimbingan dalam dunia pendidikan.

Berapa tahun kuliah jurusan BK?

Tidak jauh berbeda dengan jurusan lain, normalnya kamu akan lulus dalam waktu 4 tahun. Namun itu tergantung dari usahamu sendiri. Karena, jika kamu kuliahnya males-malesan dan skripsinya tak kunjung beres, maka bisa-bisa kamu butuh waktu, lebih dari empat tahun.

Apakah jurusan BK banyak peminatnya?

Dari pengalaman saya sendiri sih, yang ngambil jurusan bk di Kampus saya dulu cukup banyak. Satu letingan saya saja ada sekitar 200 orang. Jika digabung, bk fakultas pendidikan dengan bk umum maka ada sekitar 500 mahasiswa.

Jurusan Bimbingan Konseling bisa kerja dimana?

Prospek kerja jurusan bk menurut saya sangat luas, karena bisa ke Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial. Contohnya, jika BK umum maka kamu bisa bekerja di beberapa instansi, Seperti: Rumah Sakit, Kantor Urusan Agama, Panti Asuhan, Sekolah Luar Biasa (SLB), dan yang paling populer yaitu menjadi konsultan (konselor).

Sedangkan untuk jurusan BK Pendidikan, kamu bisa bekerja di Instansi Pendidikan, Seperti menjadi Guru BK di Sekolah SMP hingga SMA atau sederajat.

Baca juga : Cara menentukan jurusan kuliah yang cocok dengan kita

Penutup

Kamu tidak perlu merasa takut untuk memilih jurusan Bimbingan Konseling, sebab beberapa kesulitan ini sepertinya tidak dirasakan oleh setiap mahasiswa. Ini artinya, hanya beberapa orang saja yang terkendala.

Tetapi, kamu juga perlu mengetahuinya sehingga suatu saat nanti kamu dapat melakukan pencegahan agar terhindar dari kesulitan ini, atau justru menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Artikel terkait : Apakah jurusan sistem informasi sulit ?

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

2 komentar pada “Ternyata Begini Susahnya Jurusan BK, Tapi Tetap Seru Lho!

  • Oktober 29, 2021 pada 07:34
    Permalink

    Wah ternyata prospek kerja jurusan bk bisa ke banyak instansi ya. Awalnya sempet ragu, tapi setelah baca artikel ini, saya lebih bersemangat lagi. Terimakasih ya

    Balas
    • Oktober 29, 2021 pada 09:48
      Permalink

      Sebelum kuliah pastikan dulu mau ambil yg bk umum apa bk pendidikan ya. Karena prospek kerjanya nanti berbeda.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *