Syarat Awal Blogger Pemula Agar SEO

Ada beberapa syarat awal bagi blogger pemula agar seo, di antaranya yaitu mempunyai pengetahuan di bidang website, kepenulisan, serta kemampuan mencari kata kunci potensial. Meskipun ada banyak faktor lain seperti sinyal dari media sosial dan lain sebagainya.

Namun secara garis besar, ketiga hal di atas menurut saya merupakan ilmu dasar SEO blog yang harus dimiliki oleh seorang blogger pemula. Untuk mencapainya tentu bukanlah hal yang sulit jika Anda memang bersungguh-sungguh.

Untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut, pada tulisan kali ini akan kita bahas apa saja langkah-langkahnya serta metode yang saya terapkan selama ini.

Loading...

Syarat awal blogger pemula agar seo

1. Template blog harus SEO

Theme/tema/template blog ibarat kendaraan yang yang kita pakai sehari-hari. Pemakaiannya tergantung pada fungsinya. Jika kita menggunakannya untuk lomba balap, tentu harus dilengkapi dengan komponen terbaik. Begitu juga dengan template pada website/blog kita. Sebaiknya lengkapi dengan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi SEO, antara lain :

  • Ringan

Yang dimaksud ringan yaitu template harus mampu di akses dengan cepat. Usahakan jangan sampai melebihi 6 detik. Karena idealnya, google menyarankan agar blog kita bisa di akses hanya dalam waktu 3 detik. Bukan perkara yang sulit jika Anda jago koding, karena sudah tersedia alat untuk memperbaiki kecepatan situs web kita. Silahkan dapat Anda cek melalui tautan berikut: google pagespeed insight.

Jika Anda pengguna wordpress tentu ada kaitannya juga dengan spesifikasi hosting. Namun bagi Anda pengguna blogger, maka pemilihan template harus menjadi prioritas. Biasanya sih blogger indonesia sudah sangat familiar dengan tempalate buatan mas sugeng, igniel atau mas Adi kompi ajaib. Silahkan pilih sesuai selera.

Loading...
  • Desain web harus responsif

Agar situs Anda SEO, maka template blog harus responsif sehingga mampu menyesuaikan ukuran layar pada semua perangkat smartphone maupun kumputer.

Alasan mengapa desain web kita harus resposif yaitu agar memudahkan pengguna serta membantu algoritma google dalam mengindex halaman dan lain sebagainya. Silahkan baca selengkapnya disini.

  • Fikirkan tentang penggunaan AMP

Berdasarkan pengalaman saya di dunia bloging selama ini, dari beberapa blog (moneysite) yang saya kelola, ternyata blog yang menggunakan AMP lebih mudah merengking. Jika Anda ingin membuktikannya, silahkan lakukan pencarian di mesin pencari dan lihatlah yang berada di page one.

Loading...

Rata-rata situs yang nangkring di page one merupakan pengguna AMP. Kenapa bisa terjadi demikian ? Tentu ini ada alasannya donk.. Kalo setau saya sih, saat ini google lebih mengedepankan situs atau halaman yang dapat di akses dengan cepat dan mudah. Hal itu bisa kita dapatkan dengan penggunaan AMP. Jadi, tentukan pilihanmu sekarang !

Baca juga : Inilah kesalahan seorang blogger pemula, apakah Anda juga melakukannya ?

2. Mampu menulis Artikel yang SEO

Kemampuan membuat artikel SEO dan user friendly merupakan syarat awal yang selanjutnya bagi blogger pemula agar seo. Skill tersebut hukumnya wajib ya sobat. Kabar baiknya, ada cara mudah yaitu dengan mengikuti kursus berbayar.

Loading...

Namun bagi yang ingin gratisan, saya sarankan untuk ngeblog menggunakan wordpress selfhost. Karena di sana sudah tersedia panduannya melalui plug in yoast SEO. Dari pengalaman saya belajar mandiri tanpa mentor, hanya butuh waktu kurang dari setahun untuk menguasainya.

Secara umum, skill membuat artikel yang SEO menurut saya yaitu :

  • Penggunaan keyword (kata kunci) pada judul, url, alt image, paragraf awal, isi dan penutup artikel.
  • Mampu membuat internal/eksternal link ke artikel lain yang memang hanya berkaitan topiknya (bukan asal-asalan)
  • Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, baik untuk manusia maupun mesin pencari sehingga mendapatkan pengalaman berharga bagi pembaca artikel.

3. Mampu mencari kata kunci artikel yang potensial

Mempunyai keahlian untuk riset keyword artikel merupakan syarat awal yang harus dikuasai oleh seorang blogger pemula agar seo. Lalu, bagaimana caranya ? Solusinya ya tinggal pilih, kalau mau belajar otodidak kemungkinan agak lama, tapi kalau pengen cepat ya Anda harus siap modal.

Loading...

Jika Anda ingin belajar sendiri seperti saya, ada beberapa channel belajar riset keyword di youtube yang terbukti berhasil saya terapkan. Nama channel tersebut yaitu blog tips punya mas indrak. Disana banyak tutorial bloging yang dapat Anda pelajari. Sudah lengkap, tinggal Anda mau memanfaatkannya atau tidak.

Satu hal yang harus Anda ingat bahwa lebih baik mempunyai situs dengan sedikit artikel tapi berkualitas dan mampu mendatangkan pengunjung. Daripada banyak artikel tapi tidak ada yang baca. Itulah salah satu kunci dan pentingnya menguasai teknik riset kata kunci bagi setiap blogger.

Artikel terkait : cara menjadi blogger yang menghasilkan uang untuk pemula

Loading...

Kesimpulan

Jika membahas tentang SEO blog, rasanya tidak akan cukup saya tuliskan semuanya di sini. Karena akan terlalu panjang kalimatnya. Mungkin bisa mencapai puluhan ribu kata. Mengingat ilmu SEO itu sangat luas dan masing-masing blogger pasti punya komposisinya.

Namun pada artikel ini, secara garis besar telah menggambarkan beberapa syarat awal bagi seorang blogger pemula agar mahir seo, serta dapat langsung Anda terapkan. Selebihnya, jika ada sesuatu hal yang ingin Anda tanyakan, maka saya akan menjawabnya sesuai dengan pengalaman dan kemampuan.

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!