Syarat Blog Bisa Menghasilkan Uang, Ini Faktanya !

Syarat agar blog bisa menghasilkan uang bisa dikatakan susah-susah gampang. Iya, mudah bagi yang sudah pro dan cukup sulit bagi seorang pemula. Inilah fakta dunia bloging yang harus Anda ketahui.

Artikel ini merupakan tulisan dari pengalaman saya pribadi selama 3 tahun ini telah menjadi blogger. Dari ke tiga blog yang saya punya, sampai saat ini belum ada satu pun yang menghasilkan uang seperti apa yang diharapkan. Padahal semuanya telah melalui proses yang pahit untuk bisa menjadi publisher adsense. Karena harus di lalui dengan puluhan kali penolakan sebelum akhirnya berhasil di upprove.

Loading...

Dari pengalaman pribadi serta pengalaman teman -teman sesama blogger yang juga mengalami nasib yang tak jauh berbeda. Ada beberapa hal yang dapat saya simpulkan apabila Anda ingin mendapatkan uang dari blog. Berikut penjelasan singkatnya.

Syarat blog bisa menghasilkan uang

Berikut ini merupakan beberapa syarat agar blog atau moneysite Anda mampu menghasilkan uang.

1. Konten: artikel berkualitas

Di dunia bloging ada istilah “konten is king“. Atau biasa di artikan bahwa konten adalah raja. Dan ternyata itu memanglah benar. Karena sebagus apapun blog Anda, tapi jika artikel yang Anda buat tidak mampu menempati posisi terbaik (page one), maka itu akan sia-sia.

Lalu, seperti apakah kriteria konten artikel yang berkualitas ?

Secara umum, artikel berkualitas menurut saya yaitu artikel yang mudah di baca dan dimengerti serta mampu menjawab apa yang di cari oleh pembaca. Selain itu, artikel tersebut juga ditulis dengan kaidah SEO yang baik agar mendapatkan rank dari google atau mesin pencari.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca panduan langsung dari google tentangsitus dan artikel berkualitas tinggi” .

Meskipun, setiap orang memiliki penilaian tersendiri, apakah artikel tersebut berkualitas atau tidak. Yang jelas, jika blog Anda ingin menghasilkan uang maka setidaknya Anda harus mempunyai artikel yang mampu mendatangkan banyak pengunjung.

2. Pengunjung blog

Syarat yang kedua agar blog bisa menghasilkan uang yaitu harus mempunyai banyak pengunjung (visitors) blog. Inilah fakta yang harus Anda ketahui sobat.

Jika tujuan Anda membuat blog untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense maka setidaknya blog Anda harus mempunyai visitors minimal 1000 perhari. Dengan jumlah CPC di atas 2000 Rupiah per klik.

Jika nasib Anda baik maka dengan travik tersebut blog Anda sudah bisa gajian tiap bulan dari adsense. Tapi, meskipun jumlah visitor blog Anda 5000 perhari, jika CTR blog Anda sangat rendah, maka belum tentu juga bisa gajian tiap bulan dari google adsense.

Jika Anda kembali membaca dari atas tentang panduan artikel berkualitas, maka salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog Anda. Untuk lebih jelasnya telah saya bahas pada artikel di bawah ini.

Baca juga : Tips agar blog banyak pengunjung

3. Kualitas blog

Syarat selanjutnya agar blog bisa menghasilkan uang yaitu kualitas blog. Secara umum ada 3 yang menjadi patokannya. Berikut penjelasan singkatnya :

  • Domain authority (DA) dan Page authority (PA)

Domain authority (DA) merupakan skor peringkat mesin pencari dari Moz untuk mengukur peringkat situs web di SERPs. Sedangkan Page authority (PA) untuk mengetahui seberapa baik peringkat halaman blog Anda di SERP. Cara cek da pa blog di sini.

Da dan Pa ini harus menjadi perhatian utama apabila blog Anda ingin berpenghasilan dari kerjasama. Seperti content placement, Guest Post, review produk dan lain-lain.

Apabila blog Anda mempunyai da pa tinggi di atas 30, biasanya bisa mendapatkan banyak tawaran kerjasama seperti yang telah saya sebutkan di atas.

  • Domain Rating (DR)

Domain Rating merupakan metrik dari Ahrefs yang menunjukan kekuatan situs web seperti profil backlink maupun kualitasnya. Intinya hampir mirip seperti DA yang telah saya jelaskan di atas. Karena fungsinya untuk mengukur sebuah peringkat atau kekuatan sebuah domain.

Biasanya, domain rating di gunakan sebagai syarat untuk mengikuti lomba blog tertentu. Kadang kala, situs web atau blog yang mempunyai DR tinggi juga sering diburu oleh orang-orang yang memang membutuhkannya untuk berbagai keperluan kerjasama.

Kesimpulan

Faktanya, bagi seorang pemula untuk mendapatkan penghasilan dari blog bukanlah perkara yang mudah. Membutuhkan waktu, biaya, kerja keras, kerja cerdas dan konsisten.

Namun biasanya, jika blog Anda berkualitas baik dan banyak artikel yang mampu menempati halaman 1 google dan mesin pencari lainnya, maka mendapatkan visitors blog tidaklah sulit.

Lalu, jika blog Anda sudah mempunyai banyak visitor, maka untuk mendapatkan penghasilan akan lebih mudah. Karena syarat utama agar blog bisa menghasilkan uang yaitu mempunyai banyak pengunjung

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!