Tips Memulai Bisnis Online yang Sukses untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Online yang Sukses untuk Pemula – Salah satu kelebihan jika Anda ingin memulai bisnis online saat ini yaitu dengan semakin berkembangnya teknologi informasi yang telah mengubah metode dalam berbisnis.

Dari yang semula hanya dapat dilakukan degan cara konvensional maka sekarang ada banyak pilihan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan jika ingin memulai bisnis secara online.

Loading...

Tips Memulai Bisnis Online untuk Pemula

1. Mempunyai tujuan yang jelas

Tujuan merupakan pondasi utama dalam segala hal termasuk pada bisnis. Namun, sebelumnya, Anda harus dapat melihat, apakah peluangnya masih bagus dalam beberepa tahun ke depan ? Mengukur kira-kira kapan bisnis Anda sukses ?

Jadi, tujuan tersebut harus dikombinasikan dengan beberapa aspek, mulai dari analisa persaingan, lokasi, target pasar, modal, kerjasama dengan pihak terkait dan lainnya.

2. Mengambil tindakan nyata

Perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan adalah pada tindakan yang akan Anda ambil. Kegagalan dalam hidup adalah ketika mereka tahu apa yang harus di lakukan, tetapi tidak pernah mau melakukannya. Padahal, sebuah ide cemerlang terkadang muncul dan tidak bisa terulang kembali.

Jika pada saat ide itu muncul lalu Anda mengabaikannya, maka kesempatan emas hanya akan menjadi penyesalan. Maka, segeralah bangun dan beranjak untuk memulai tindakan awal.

3. Mengadakan jajak pendapat dan umpan balik

Jika Anda ingin sukses dan menjadi juara, maka harus siap dengan kritik dan saran. Misalnya, pada saat awal mulai merintis sebuah bisnis, Anda harus selalu mencari umpan balik tentang semua aspek bisnis Anda.

Jika perlu, temuilah teman atau kenalan yang mempunyai pengetahuan di bidang tersebut. Atau Bicaralah pada pembeli, kira-kira apa yang menjadi keluhan mereka. Sehingga Anda dapat tahu, apa yang berhasil, apa yang tidak bekerja, serta apa saja yang perlu di rubah..

4. Fokus pada tujuan

Tips memulai bisnis online selanjutnya adalah Fokus pada tujuan. Jangan biarkan hal-hal lain menggangu dan mengalihkan perhatian pada pencapaian bisnis Anda.

Buatlah daftar tujuan di papan tulis atau pada kertas lalu tempelkan disana. Conteng pada tujuan yang telah Anda capai dan selalu lakukan cara tersebut seterusnya.

5. Berani mengambil risiko

Ada hal yang menarik dalam dunia bisnis, bahwa kita tidak akan pernah mencapai apa pun jika tidak siap dengan resiko yang mungkin akan terjadi. Ntah itu bangkrut, atau lainnya. Bahkan banyak yang mengalami gulung tikar seperti contoh sekarang ini yaitu mall.

Jika kita ingin belajar dari para pendahulu pebisnis sukses Indonesia seperti pemilik grup jarum yaitu Rudi Hartono dan keluarga. Banyak sekali yang dapat kita pelajari dari kisah sukses mereka.

Faktanya, penguasa bisnis Indonesia saat ini, mereka sudah mulai meninggalkan cara bisnis konvensional dan beralih ke bisnis secara online.

6. Tips memulai bisnis online dengan selalu berpikir positif

Memotifasi diri untuk menjadi sukses adalah hal yang sangat penting. Dalam ilmu psikologis, berfikir positif mempunyai manfaat jasmani dan rohani sehingga ada istilah the power of positif thingking.

Jika dalam menjalankan bisnis Anda ragu – ragu atau bahkan berfikir negatif maka jangan dilanjutkan. Semua ide cemerlang tidak akan pernah muncul. Jadi, pastikan untuk tidak memberi kesempatan pada fikiran Anda untuk negatif thingking.

Demikianlah, tips memulai bisnis online yang mungkin akan berguna bagi Anda yang akan memulainya. Selanjutnya, Anda perlu untuk mengiklankan bisnis tersebut melalui media promosi online agar bisnis atau brand tersebut cepat di kenal banyak orang.

Loading...

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

2 komentar pada “Tips Memulai Bisnis Online yang Sukses untuk Pemula

  • Agustus 5, 2020 pada 21:11
    Permalink

    Nah yang terakhir itu tak kalah penting ya buat dilakuin. Stay Positive thinking agar ide-ide cemerlang terus lahir heheh

    Balas
  • Agustus 6, 2020 pada 09:42
    Permalink

    setelah memulai nanti akan ketumu di tahapan selanjutnya, yaitu pengembangan bisnis agar dapat terus bertahan dan berjalan bisnisnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!