5 Langkah Memulai Usaha Toko Kelontong

toko kelontong
Foto oleh Mehrad Vosoughi dari Pexels

Pada artikel kali ini akan saya bagikan tahap-tahap cara memulai usaha toko sembako/toko kelontong mulai dari nol atau dari awal sampai bisa jualan. Oke Langsung saja langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut ;

Panduan Memulai Usaha Toko Kelontong

1. Siapkan Modal Usaha

Modal usaha ini bisa berasal dari tabungan pribadi atau menjual aset pribadi yang kita miliki. Jika dirasa masih kurang maka kita bisa pinjam kepada saudara atau mengajukan pinjaman modal kepada Koperasi dan lainnya.

Tapi perlu diingat bagi yang baru memulai usaha toko kelontong tidak dianjurkan untuk meminjam uang ke bank. Alasannya adalah karena kita belum mengetahui berapa besar omset yang akan kita dapatkan nantinya.

Untuk tahap awal usaha sediakan modal secukupnya saja misal 5 juta atau 10 juta. Dari uang modal tersebut akan kita bagi-bagi sesuai kebutuhan pokok awal membuka toko kelontong.

2. Tempat Untuk Usaha Toko Kelontong

Untuk tempat, kita bisa membangun sendiri atau sewa kios dan ruko yang sudah banyak dibangun di pinggir-pinggir jalan. Anda harus mencari atau sewa kios yang letaknya sangat strategis.

Alasannya karena tempat strategis merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis terutama bisnis offline yang mengandalkan tempat sebagai sumbernya.

Namun biasanya, tempat usaha yang strategis harganya mahal. Maka harus pandai dalam mencari yang harganya terjangkau.

3. Membeli Perlengkapan Toko

Beberapa perlengkapan toko yang harus ada misalnya seperti meja kasir, etalase kaca besar/kecil untuk tempat barang yang akan di jual. Kulkas/freezer untuk tempat minuman dingin/eskrim dan lain sebagainya.

Setelah dirasa cukup maka hal yang paling penting selanjutnya adalah menata toko kelontong Anda agar terlihat cantik atau bersih dan rapi agar pembeli merasa nyaman serta mempermudah pembeli dalam berbelanja.

4. Belanja atau Kulakan Barang Dagangan

Sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan toko grosir barang dagangan yang tepat untuk menentukan harga jual tiap-tiap barang agar dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Karena hal ini akan sangat erat kaitannya dengan cara penjualan toko kelontong Anda nantinya. Untuk lebih jelasnya ada pada langkah selanjutnya.

5. Menjual Barang dengan Harga yang Murah

Apabila Anda pernah belanja ke toko sembako di tempat koko atau nci pasti paham dengan hal ini. Kenapa harga barang di tempat mereka bisa lebih murah ?

Ya, jawabannya adalah agar jualan mereka tetap laris sepanjang waktu. Mengapa ini penting ? Ok, kita lanjut pembahasannya.

Jika Anda ingin mencobanya, terapkan saja harga promo dengan mengambil keuntungan yang sedikit serta lakukan cara tersebut secara konsisten.

Agar usaha toko kelontong Anda laris, Jangan lupa untuk selalu berdoa agar usaha kita cepat maju dan berkembang.

Tips terakhir, dalam berjualan dan berdagang kita harus melayani pelanggan dan pembeli dengan baik, harus sopan, ramah dan murah senyum.

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!