6 Usaha Ternak yang Cocok untuk Anak Muda

Saat ini ada beberapa pilihan usaha ternak yang cocok untuk anak muda. Contoh yang paling umum yaitu dengan budi daya ternak ikan dan unggas. Beberapa diantaranya masih cukup menguntungkan jika dikelola dengan benar.

Mempunyai bisnis di bidang peternakan saat ini sudah banyak digeluti oleh para pebisnis muda. Baik yang memang tinggal di pedesaan atau yang tinggal di wilayah perkotaan dengan dipadu system modern. Bagi Anda yang tertarik ingin mencobanya, mari kita bahas lebih jauh.

Usaha ternak yang cocok untuk anak muda

1. Ternak ayam potong

Ayam broiler atau yang biasa kita kenal dengan ayam potong mulai populer di Indonesia sekitar tahun 1980 an. Hingga kini ayam broiler telah menjadi pilihan utama kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah untuk berbagai keperluan. Seperti acara hajatan dan acara lain yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Loading...

Salah satu kelebihan usaha ayam broiler yaitu waktu pemeliharaannya relatif singkat. Hanya butuh waktu sekitar 5 sampai 6 minggu untuk bisa di panen. Oleh karenanya sekarang ini banyak peternak baru maupun musiman yang mencoba peruntungan di bidang ternak ayam broiler.

Saya sendiri mempunyai teman di kampung yang saat ini sudah sukses dengan usaha ayam potongnya. Dia menggunakan kerjasama dengan perusahaan. Jadi sudah tidak pusing lagi untuk menjualnya. Dalam beberapa tahun saja, kini dia sudah mempunyai 2 tempat yang cukup besar untuk mengelola bisnisnya tersebut.

2. Ternak ayam petelur

Sentra peternakan ayam petelur sudah menjalar hampir ke seluruh pelosok Indonesia. Selain dari hasil telur yang dapat dipanen, ternyata hasil kotoran dan limbahnya dapat diolah menjadi pupuk untuk dijual.

Jika di wilayah tempat tinggal Anda saat ini belum ada yang membuka usaha tersebut, cobalah untuk melihat lebih jauh tentang potensinya. Apakah tepat jika di jalankan di daerah Anda.

Jika sudah yakin, pelajari dengan berguru langsung pada pengusaha yang telah sukses membuka bisnis ayam petelur ini. Jika ingin lebih mudah, tinggal belajar lewat youtube. Disana Anda akan mendapatkan ilmunya sesuai kebutuhan.

Baca juga : 6 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus di hindari

3. Ternak ikan lele

Usaha ternak ikan lele cukup diperhitungkan saat ini karena banyak peminatnya. Hal ini tak lepas dari banyaknya para penjual pecel lele yang ada di rumah makan atau warung pinggir jalan.

Apalagi, ternak jenis ikan ini relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya seperti ikan gurame, atau ikan mas. Pasalnya, ikan lele terbilang lebih tahan dari gangguan penyakit atau kondisi air yang kurang stabil.

Namun Anda harus lebih hati-hati saat mengatur tempatnya. Karena, bisanya ikan lele akan mudah hilang saat hujan lebat atau bila berada di dekat aliran air yang deras.

4. Ternak sapi

Sapi saat ini menjadi komoditas sumber daging olahan yang selalu dicari masyarakat, terutama kelas menengah ke atas. Namun ternyata, masyarakat biasa juga mulai sering mengkonsumsi daging sebagai penunjang kesehatan selama pandemi.

Loading...

Selain dari daging yang di hasilkan, susu sapi juga dapat menjadi produk olahan yang dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan bagi para peternaknya. Oleh sebab itu, usaha ternak sapi saat ini masih memiliki prospek bisnis yang bisa di andalkan.

Apalagi saat musim haji datang. Harga 1 ekor sapi dapat naik berkali lipat hingga di atas 10 Juta Rupiah. Jika Anda mampu memeliharanya dengan jumlah yang cukup banyak, maka Anda sudah bisa dipastikan telah menjadi seorang jutawan.

Baca juga : Cara Sukses usaha jualan bakso dalam waktu Singkat

5. Ternak kambing

Kambing relatif cukup mudah untuk dipelihara. Dengan perkembang biakan yang terbilang cepat, kambing juga menghasilkan produk olahan seperti daging dan susu.

Selain itu, kulit kambing juga di gunakan untuk industri dan limbahnya dapat digunakan sebagai pupuk pertanian. Apalagi, harga pupuk saat ini cukup mahal sehingga dapat dijual ke para petani yang membutuhkan.

Sistem peternakan modern sudah cukup banyak diterapkan dan terbukti berhasil. Anda dapat melihatnya di channel youtube CapCapung yang telah banyak me review kisah sukses para peternak kambing modern.

6. Ternak bebek

Kebetulan di keluarga kami ada yang mempunyai bebek hanya berjumlah 8 ekor. Meskipun sedikit, namun ternyata mereka dapat menghasilkan antara 4 sampai 5 butir telur setiap pagi hari.

Jika Anda mempunyai modal yang cukup dengan memelihara puluhan atau bahkan ratusan ekor bebek, sudah bisa Anda bayangkan berapa keuntungannya.

Pengelolaan tempat dan pangannya pun termasuk mudah. Hanya menyiapkan lahan untuk kandang dan jika ada sebaiknya ditambah kolam atau sawah, maka hasilnya akan lebih bagus.

Baca juga : Usaha yang menguntungkan di desa dengan modal kecil

Penutup

Itulah beberapa ide usaha ternak yang cocok untuk anak muda yang masih cukup potensial saat ini. Beberapa diantaranya memang masih banyak diminati di Indonesia. Selebihnya, tentukan pilihan Anda sendiri sesuai dengan kemampuan masing-masing.

vestoli

Pecinta kopi, teknologi, fotografi, setia dan suka olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *